Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jonggy Simanjuntak : Putra Batak Yang Telah Berhasil dan Bergabung Menjadi Tentara Amerika



Putra Batak Yang Menjadi TENTARA AMERIKA SERIKAT - Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States Armed Forces) adalah sebuah angkatan bersenjata yang dibentuk oleh pemerintah federal Amerika Serikat. Mereka terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Korps Marinir, Angkatan Udara, dan Penjaga Pantai karogaul's. 

Amerika Serikat memiliki tradisi kuat dalam hal kontrol sipil terhadap militer. Presiden Amerika Serikat adalah kepala militer secara keseluruhan, dan membentuk kebijakan militer dengan dibantu oleh Departemen Pertahanan (bahasa Inggris: Department of Defense) atau biasa disingkat (DoD).

DoD adalah departemen pemerintahan federal yang bertindak sebagai organ utama dalam hal mengeluarkan kebijakan militer karogaul's. Departemen Pertahanan dipimpin oleh Menteri Pertahanan, yang merupakan anggota sipil dan Kabinet. Menteri Pertahanan menempati urutan kedua dalam rantai komando militer, tepat di bawah Presiden, dan berfungsi sebagai pembantu utama Presiden dalam segala hal yang terkait dengan DoD.

Militer Amerika Serikat ditempatkan di lebih dari 150 negara di dunia. 172.966 personel dari total 1.372.522 menjadi personel aktif yang bekerja di luar Amerika Serikat dan teritori-teritorinya. Kebanyakan personel luar negeri ini diterjunkan ke zona konflik di Timur Tengah sebagai bagian Perang Melawan Teror. Sebagian sisanya ditempatkan di instalasi-instalasi yang diaktifkan semasa Perang Dingin karogaul's.

Banyak yang mengatakan Amerika adalah tanah yang menjanjikan. Siapa saja dapat menjadi warga negara Amerika dengan beberapa persyaratannya. Menjadi siapa saja bahkan menjadi seorang tentara sekalipun. Tak terkecuali bagi Jonggy Manguhum Simanjuntak Putra Batak yang berasal dari Indonesia ini karogaul's.

Jonggy Manguhum Simanjuntak adalah pemuda kelahiran Kaiser Permanente Oakland, California yang ber-orangtuakan Warga Negara Indonesia. Jonggy Manguhum Simanjuntak merupakan warga negara AS karena memang lahir di sana yang kemudian memilih militer sebagai jalur profesinya karogaul's. Jonggy masuk U.S. Army dengan masa kontrak selama 4 tahun. Selesai kontrak, kapan saja bisa di panggil untuk serve. Di U.S. Army, dia bekerja sebagai legal assistant.

Jonggy Manguhum Simanjuntak mengatakan beberapa tahun yang lalu, dirinya memang mempunyai angan-angan masuk militer sedari masih duduk di bangku sekolah, terlebih Militer AS. “Saya menyukai militer adalah karena saya suka kenyataan dimana bekerja untuk organisasi yang hebat di dunia. 

Tidak ada orang yang tidak mengetahui tentang militer AS dan saya bangga menjadi salah satu bagian dari mereka” kata Jonggy seperti dikutip dari kabarinews.com “Ketika di SMA, saya berencana untuk bergabung ke ROTC (Reserve Offi cer Training Corps), semacam pelatihan di kampus dan menjadi polisi, tetapi teman saya mulai membicarakan bergabung di militer AS dan saya kemudian mengikutinya. Mengikuti training selama 6 bulan sebelum dikirim ke Korea, bertugas selama 14 bulan”

Selama berada di sekolah akademi militer atau AIT (Advance Individual Training), militer AS mengajarkan dia akan keterampilan hukum untuk pekerjaannya sebagai paralegal. Jonggy diajarkan oleh senior paralegal dan pengacara mengenai luar dalamnya Uniform Code of Military Justice. “Saya merasa lebih orang (warga negara) Amerika dan saya sangat berjiwa patriotik. Saya bangga menjadi orang Amerika dan saya siap membela Amerika kapan pun negara membutuhkan saya. “ tuturnya

Jonggy yang saat itu menjadi Private First Class saat masuk, juga menambahkan tidak ada diskriminasi di U.S. Army. Dan mempelajari, bahwa kerjasama tim adalah yang terpenting. “Tidak hanya di militer, tetapi juga di kehidupan sehari-hari. Sekumpulan orang bekerja bersama dalam waktu yang sama dan tahu pekerjaan masing-masing. Bahkan anggota terkecil pun dihitung karena tanpa usaha mereka bagaimana kita bisa meraih seratus persen” kata Jonggy. 

***KESING SABLON SUKA-SUKA***
-Kesing Toba & Karo-







Info Pemesanan :