Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wanita Karo Pertama Menikah Dengan Pria Barat



Karogaul.com - Menurut catatan sejarah, wanita Karo yang pertama kali menikah dengan orang Eropa adalah Negel br Sinulingga. Dia berasal dari urung kesain Rumah Bangun kuta Lingga. Suaminya adalah seorang Belanda bernama Carel Westenberg yang diangkat pada tahun 1888 sebagai controleur voor de Bataksche aangelegenheden (kontrolir khusus untuk kawasan Batak). Negel br Sinulingga bertemu dengan suaminya pertama kali di suatu acara pengadilan. Mereka mempunyai sebuah perusahan tembakau bernama Senembah Company.

Carel Westenberg turut berperan mendamaikan Sibayak Pa Mbelgah Purba dan Sibayak Pa Pelita Purba, Raja Kabanjahe yang bertikai di awal abad 20. (Belanda memutarbalikkan fakta ini agar bisa menduduki Kabanjahe dan Tanah Karo. Padahal menurut beberapa informasi, yang mendamaikan kedua Sibayak itu adalah anak berunya)

Sosok Negel br Sinulingga dihadirkan dalam buku Kisah Karo Tempo Dulu (Joey Bangun) dalam dua cerita yaitu Zending dan Sibayak Pa Mbelgah, karakter penokohan Negel br Sinulingga dibuat secara mendalam oleh penulisnya. © Mejuahjuah.net

***Kesing Orang Sumut***
-Kesing Toba & Karo-

keisng batak

case karo


Info Pemesanan : 
casing karo