Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nama-Nama Orang Karo Yang Nyentrik Dan Filosofinya (Budaya Karo)


@alnaveronika24t

Karogaul.com - Tahukan anda orang KARO itu memiliki nama yang aneh dan lucu. Mereka-mereka yang memilki nama-nama ini bisa saja menjadi apa saja, namun dengan nama itu mereka adalah mereka yang unik dari suatu suku bangsa di Indonesia yaitu SUKU KARO yang tinggal di dataran tinggi Karo Sumut. Nama-nama itu misalnya:

1. Semangat Sembiring (pengusaha)
2. Hemat Brahmana (Profesor)
3. Bangun Tarigan (Seorang Guru Kesenian)
4. Derom Bangun  (Salah seorang wakil Indonesia di Bank Dunia)
5. Merek Sembiring (dosen PTN)
6.Tjokong (Cokong) Tarigan (Jendral)
7. Jamin Ginting (Jendral/Pejuang Nasional)
8. Djaga (Jaga) Depari (Seniman Nasional)

Yang lainnya silakan check di Google. Jangan heran jika anda menemukan tulisan di blog ini dan blog lainnya jika ada kisah Tuhan terjepit saat sebuah bus masuk jurang, itu pasti bukan Tuhan YME, namun salah seorang karo yang bernama TUhan Tarigan (alm) yang ditulis dalam kisah nyata itu. Pada dasarnya nama-nama orang karo adalah nama yang diperoleh dari lingkungan dan apa yang terjadi disekitarnya disaat seorang bayi itu dilahirkan.

Terkadang berdasarkan keadaan yang sedang dialami misalnya. Anak lelaki yang diharapkan maka namanya Pengarapan Tarigan (seorang Profesor check di google). Atau keluarga sedang sangat bahagia, maka nama anaknya disebut Bahagia Tarigan ( Dosen di PTN di Medan check google).  Ini adalah salah satu keunikan SUKU KARO yang mungkin sangat langka, diantara suku-suku di nusantara.

Walaupun nampaknya sederhana, namun ini memiliki makna yang sangat dalam (memilki nilai filosofi) karena seorang akan dapat mengenal sejarah keluarga itu dari mengingat nama anaknya. Ini merupakan sebuah cara yang tradisional namun cukup efektif yang dilakukan selama ini.  Misalnya saat terjadi perayaan kemerdekaan RI, dan lahirnya seorang anak, maka kemungkinan besar namanya adalah Merdeka Sembiring (Sembiring adalah marganya). 

Walaupun belakangan ini nama-nama suku Karo telah berubah sesuai perkembangan jaman, dengan menggunakan nama-nama artis ternama dunia, atau nama nabi dalam dari kisah religi atau mengadopsi nama dari negara lain namun jika diselidiki lebih dalam bahwa nama itu memilki filosofi tersendiri. 

Nama Anak penulis misalnya Avenia Inkreasinta br Tarigan. Nama Avenia berasal dari Avenue yang artinya jalan/road. Inkreasinta berasal dari kata increasing yang diartikan bertahap menaik ditambah ta yaitu akhiran suku karo yang berarti milik kami. Avenia = Avenue = Jalan; Inkreasinta =increasing = menaik; ta = akhiran menyatakan milik dalam bahasa karo.

Setiap memangil nama ini akan mengingatkan penulis, bahwa saat Avenia dilahirkan, pada saat Avenia berumur 40 hari, ia ditingalkan ibunya di Medan, karena harus melanjutkan sekolah ke Malaysia. Nama itu juga mengingatkan bahwa Tuhan memberikan Avenia, disaat ada kesempatan/jalan yang menanjak dimana ibunya mendapatkan beasiswa sekolah S3 ke Malaysia.

Walaupun karo telah memakai nama nasional, biasanya masih mengunakan nama dari suku kata etnik Karo sebagai contoh: Feri Liasta Sitepu, nama Feri adalah Nasional, namun Liasta adalah nama Karo, yang artinya sopan, lembut, baik dan Sitepu adalah anak marga dari Karo-karo. Demikianlah sebagian dari sebuah keunikkan  suku Karo dan filosofi dari sudut pembentukan nama.

Oleh : Bode Haryanto Tarigan


KESING KARO
KESING KARO

Order Via :