Suku Batak di Filipina
Karogaul.com - Batak
di Filipina,
yang berarti "orang gunung", di Cuyonon Filipina adalah
sekelompok masyarakat adat yang berada di bagian timur laut Palawan. Mereka
tinggal di interior kasar timur laut Palawan. Hidup dekat dengan alam, mereka
adalah orang-orang damai dan pemalu. Mereka percaya pada roh-roh alam, dengan
siapa mereka berkomunikasi melalui babaylan atau perantara.
Batak adalah salah satu dari sekitar 70 masyarakat adat di Filipina. Mereka berada di bagian timur laut Palawan, sebuah pulau yang relatif besar di barat daya kepulauan. Hanya ada sekitar 500 orang Batak yang tersisa. Mereka juga disebut Tinitianes. Batak dianggap oleh antropolog erat terkait dengan suku Ayta Luzon Tengah, suku lain Negrito. Mereka cenderung bertubuh kecil, dengan kulit gelap dan pendek keriting atau "keriting" rambut, ciri-ciri yang awalnya mengumpulkan mereka ke dalam para "Negrito".
Batak adalah salah satu dari sekitar 70 masyarakat adat di Filipina. Mereka berada di bagian timur laut Palawan, sebuah pulau yang relatif besar di barat daya kepulauan. Hanya ada sekitar 500 orang Batak yang tersisa. Mereka juga disebut Tinitianes. Batak dianggap oleh antropolog erat terkait dengan suku Ayta Luzon Tengah, suku lain Negrito. Mereka cenderung bertubuh kecil, dengan kulit gelap dan pendek keriting atau "keriting" rambut, ciri-ciri yang awalnya mengumpulkan mereka ke dalam para "Negrito".
Namun,
ada beberapa perdebatan mengenai apakah orang Batak yang berkaitan dengan
kelompok Negrito lain dari Filipina atau sebenarnya tidak, kelompok fisik
serupa dari Indonesia atau lebih jauh seperti dari kepulauan Andaman. Tidak
diketahui apakah suku Batak di Filipina ini ada hubungannya dengan suku Batak
di Sumatera, atau hanya kesamaan nama "Batak" saja. Memang kalau
dilihat dari segi bahasa terdapat beberapa kemiripan kata dengan bahasa Batak
di Sumatera, tetapi juga mirip dengan Dayak Ngaju serta Sunda dan Melayu.
Apabila dilihat dari gaya hidup yang nomaden dan ciri-ciri fisik serta kulit,
terdapat kemiripan dengan suku Kubu di Sumatera.
Orang-orang
Batak selama berabad-abad memiliki gabungan gaya hidup berburu-mengumpulkan
dengan pembenihan tanaman pangan yang berguna, kaingin, tebang dan bakar pada
metode pertanian, dan perdagangan. Hal ini diyakini bahwa mereka mungkin
memiliki hubungan perdagangan dengan pedagang Cina sejak tahun 500 Sesudah
Masehi.
Akibatnya, selama pertengahan hingga akhir abad ke-20, orang-orang Batak dengan mudah didorong keluar dari tempat mereka dari tepi laut ke gunung oleh emigran petani, sebagian besar dari Luzon. Tinggal di daerah kurang subur, mereka telah berusaha untuk menambah penghasilan mereka dengan panen dan menjual hasil hutan non-kayu, seperti rotan, resin pohon, dan madu.
Depopulasi yang cepat, akses dibatasi hutan, hidup menetap, dan tekanan dari para imigran telah menghancurkan kelompok budaya orang-orang ini. Sekarang orang-orang Batak sedikit yang menikah dengan sesama orang-orang Batak, tetapi cenderung untuk menikahi dari kelompok tetangga lainnya.
Di Palawan terdapat tiga bahasa yang berbeda, yaitu bahasa Palawan Batak, Kalamian Tagbanwa, dan bahasa Molbog Banggi.
Orang-orang
Batak dahulunya adalah nomaden, tetapi sejak pemerintah menempatkan mereka di
desa-desa kecil. Namun, mereka sering pergi melakukan perjalanan ke hutan
selama beberapa hari, suatu kegiatan yang memiliki kedua nilai ekonomi dan
spiritual bagi mereka. Sistem kepercayaan mereka adalah kebanyakan animisme,
kepercayaan kepada roh-roh yang berada di alam. Beberapa, yang disebut "Panyeon",
umumnya curiga terhadap manusia tetapi toleran terhadap mereka, selama orang
tidak menyalahgunakan atau menyia-nyiakan sumber daya hutan. Roh-roh lain, yang
disebut "Diwata" umumnya baik hati. Orang Batak melakukan
persembahan reguler ke roh-roh, dan dukun menjalani
kepemilikan rohani untuk berkomunikasi dengan roh dan menyembuhkan orang sakit.
Selain
itu pola perkawinan ini cenderung tidak mengikuti cara-cara budaya Batak, dan
saat ini orang-orang Batak semakin langka dan menyusut populasinya.
Sepertinyaa orang-orang Batak sedang diserap ke dalam kelompok masyarakat
yang lebih difus masyarakat adat dataran tinggi yang memperlambat kehilangan
identitas kesukuan mereka, dan dengan itu spiritualitas mereka yang unik dan
budaya; bahkan ada beberapa perdebatan mengenai apakah mereka masih eksis
sebagai etnis yang berbeda entitas.