Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia



Berikut ini adalah 8 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia versi karo gaul, silakan disimak baik - baik ya teman-teman.



Pernikahan adat Karo di Sumatera Utara

Pernikahan adat Karo dikenal dengan istilah "merariq" dan biasanya melibatkan prosesi yang cukup rumit dan banyak tahapan. Biaya pernikahan adat Karo dapat mencapai hingga ratusan juta rupiah.



Pernikahan adat NTB
Pernikahan adat di daerah NTB juga termasuk yang cukup mahal, terutama karena tradisi-tradisi yang melibatkan banyak orang dan juga biaya untuk membeli pakaian adat dan perhiasan. Biaya pernikahan adat NTB dapat mencapai ratusan juta rupiah.



Pernikahan Adat Bugis-Makassar
Pernikahan adat Bugis-Makassar biasanya menggunakan adat Pakarena, dan menjadi salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia. Biaya pernikahan adat Bugis-Makassar bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.



Pernikahan Adat Jawa
Pernikahan adat Jawa biasanya diadakan dengan adat Jawa Ngunduh Mantu, yang memakan biaya cukup besar, terutama jika dilaksanakan di tempat yang megah seperti di Keraton Yogyakarta. Biaya pernikahan adat Jawa bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.



Pernikahan adat Aceh
Pernikahan adat Aceh juga termasuk pernikahan yang cukup mahal, terutama karena banyaknya tradisi yang harus diikuti dan biaya untuk membayar para pengiring pengantin. Biaya pernikahan adat Aceh juga dapat mencapai ratusan juta rupiah.



Pernikahan Adat Bali
Pernikahan adat Bali seringkali dilaksanakan dengan adat Ngerorod, dan menjadi salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia. Biaya pernikahan adat Bali bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.



Pernikahan Adat Batak
Pernikahan adat Batak seringkali dilaksanakan dengan adat Marhata atau Hata Mangala, dan menjadi salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia. Biaya pernikahan adat Batak bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Namun, perlu diingat bahwa biaya pernikahan adat dapat sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti tempat, jumlah tamu, jenis tradisi adat yang diikuti, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, biaya yang disebutkan di atas hanya sebagai gambaran kasar dan mungkin bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung pada situasi dan kondisi yang ada.

Itu dia 8 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, kalau artikel ini bermanfaat tolong dibantu Share ya teman-teman. Bujur !!!