Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang akan terjadi jika Indonesia berperang melawan Tiongkok?

Karogaul.com - Kali ini saya akan coba memberikan analisa saya mengenai apa yang akan terjadi apabila terjadi perang antara Indonesia dan China.
Perselisihan antara Indonesia dan China disebabkan oleh sengketa wilayah di Natuna. Indonesia sudah menegaskan kedaulatan dan hak ekonominya di Natuna yang dilindungi oleh prinsip hukum internasional termasuk UNCLOS 1982. Namun pemerintah China masih mengklaim jika kepulauan tersebut masih masuk kedalam wilayah Laut China Selatan (LCS).
Mari kita analisa peta kekuatan militer wilayah laut antara kedua negara ini.
Armada Laut. Jika membahas mengenai armada laut kedua negara, China bisa dikatakan lebih unggul. Secara keseluruhan China memiliki 4 kapal induk yang dapat memuat puluhan jet tempur sedangkan Indonesia tidak memiliki kapal induk. China memiliki 76 kapal selam dan 33 kapal penghancur, sedangkan Indonesia hanya memiliki 5 kapal selam dan tidak memiliki kapal penghancur. Untuk pangkalan laut, China memiliki 33 pangkalan laut dan Indonesia memiliki 11 pangkalan laut.
Ini adalah bentuk kapal induk yang dimiliki China, luar biasa sekali. Dan mereka punya 4 kapal seperti ini :)
Armada Darat. Mengenai kekuatan darat, China memiliki 13 ribu tank, 4000 kendaraan lapis baja, 2 ribu roket proyektor, 4 ribu artileri otomatis, dan 6.246 artileri manual. Sedangkan Indonesia memiliki 315 tank perang, 141 artileri otomatis, 356 artileri manual, 36 proyektor misil dan 1.300 kendaraan lapis baja.
Armada Udara. Kekuatan udara China terdiri dari 1.222 pesawat tempur, 281 helikopter perang, seribu helikopter, dan 1.564 pesawat pembom serta meriam antiudara, ditambah pesawat transportasi 193 buah. Sedangkan Indonesia memiliki 41 pesawat tempur, 192 helikopter, 8 helikopter perang, serta 65 pesawat pembom dan meriam antiudara. Jika ditotal, Indonesia bakal ditunjang oleh 451 armada untuk perang udara.
Lalu menurut kalian apa yang akan terjadi pada Indonesia jika berperang melawan China?
Nilai sendiri saja ya teman - teman :)
Memangnya apasih yang direbutin di Natuna?
Baiklah mari saya beritahu ke teman - teman semua
Sebenarnya yang diincar oleh China bukan hanya Natuna, tetapi Kepulauan Spratly. Kepulauan ini letaknya berdekatan dengan Philipina dan berada dibawah pengawasan UNCLOS karena terus mengalami sengketa wilayah.
Ada apa memangnya di Kepulauan Spratly itu?
Yapsss di LCS tersimpan 11 Miliar Barel Minyak. Karenanya China sangat serius dalam mengakuisisi wilayah berharta karun tersebut. Selain minyak bumi, di perkirakan juga tersimpan 190 triliun kaki kubik gas alam disana, serta 10% populasi ikan di dunia.
Artinya, wilayah tersebut adalah kolam harta yang memang wajib diperjuangkan.
Kita lanjut yaa…
China sudah sejak lama mempersiapkan misi ini, bahkan mereka sudah membangun instalasi militer sejak tahun 2017.
Berikut adalah foto yang diambil oleh pesawat pengintai milik Amerika Serikat di salah satu pulau di Kepulauan Spratly
Pada instalasi militer tersebut juga dibangun instalasi radar canggih dan instalasi peluncuran misil yang menjadi salah satu kekuatan dalam Naval Warfare (Perang Laut).
Perselisihan China di wilayah Laut China Selatan bukan hanya dengan Natunanya Indonesia dan Philipina dengan Kepulauan Spratlynya, ada pula Vietnam dengan Kepulauan Paracelnya yang juga disengketakan oleh China.
Dengan kata lain, bukan hanya Indonesia yang terancam, namun ASEAN TERANCAM.
Namun…
China punya 3 sekutu besar, yakni Russia, Iran, dan Korea Utara.
Amerika Serikat punya hubungan yang sangat erat dengan Philipina, apakah mungkin drama Perang Dunia III akan masuk ke wilayah ASEAN?
Saya pribadi berharap semoga sengketa wilayah ini dapat terselesaikan dengan damai yang sama - sama menguntungkan negara - negara yang terlibat. Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk semua pembaca.
Terima kasih :)