Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

Apakah benar Einstein pernah berkata "Saya tidak tahu senjata apa yang digunakan di Perang Dunia 3, tapi Perang Dunia 4 akan menggunakan tongkat dan batu"?

Kraogaul.com - Albert Einstein pernah mengatakan quotes tersebut. Lebih tepatnya, "I know not with what weapons World War III will be fought, but World War IV will be fought with sticks and stones." Hal itu ia utarakan sewaktu mengomentari dahsyatnya kemungkinan senjata Nuklir. Senjata Nuklir itu sendiri secara tidak langsung adalah buah karya dari Einstein. Jadi ia mungkin merasa bersalah karena telah membantu menciptakan senjata pemusnah masal yang benar-benar menakutkan.
Albert Einstein, terkejut mengetahui teori relativitas khusus yang ia gagas menjadi prinsip kerja bom atom, menulis surat pada Roosevelt. Sang presiden lantas membentuk Komite Penasihat Uranium, yang menjadi cikal bakal Manhattan Project, kelompok ilmuwan yang menciptakan bom atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki.
Meski Einstein tak pernah terlibat langsung dalam pembuatan senjata nuklir, sang pencinta damai dihantui penyesalan seumur hidup kala mengingat bahwa senjata mematikan itu didasari atas teori ilmiahnya.


Surat dikirimkan pada 9 Agustus 1939. Roosevelt membalas dengan berterima kasih dan menyatakan bahwa dirinya akan menginvestigasi kemungkinan penyalahgunaan uranium. Einstein kemudian mengirimkan dua surat lagi pada 7 Maret 1940 dan 25 April 1940. Rangkaian surat itu kemudian mendasari awal penelitian Amerika Serikat soal bom atom. Awalnya, penelitian tak fokus pada pengembangan skala besar bom atom itu sendiri.
Barulah pada tahun 1942, pengembangan dilakukan oleh United States Army Corps of Engineers atas perintah Roosevelt lewat program "Manhattan Project". Einstein sendiri tak pernah terlibat langsung proyek itu. Jerman yang awalnya diwaspadai ternyata gagal mengembangkan bom atom. Justru Amerika Serikat-lah yang akhirnya berhasil. Punya pengalaman buruk dengan Jepang atas serangan di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941, Amerika Serikat merancang serangan balik.
Amerika Serikat kemudian menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945. Serangan yang meluluhlantakkan Jepang itu mengubah peta kekuatan dunia.
Menyadari kenyataan tersebut, Einstein sangat menyesal. Dalam wawancaranya dengan Newsweek pada tahun 1947, Einstein mengatakan, "Kalau saya tahu Jerman akan gagal mengembangkan bom atom, saya tak akan melakukan apa-apa." Surat Einstein memberi gambaran akan dua sisi teknologi, memicu perkembangan sekaligus menghancurkan. Kini, manusia mengembangkan sejumlah teknologi mulai internet, penyuntingan gen, kecerdasan artifisial, dan lainnya.