Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Pertama dari Tanah Karo, PDP Covid-19 Meninggal Dunia

Karogaul.com - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) corona dari Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, meninggal di Rumah Sakit Martha Friska Kota Medan, Sabtu (19/4). 

Pasien tersebut merupakan PDP COVID-19 pertama dari Tanah Karo yang meninggal.

Dari informasi yang dihimpun, pasien merupakan perempuan berinisial M (61) yang dirujuk dari RS Evarina Etaham Brastagi pada 16 April. Selain didiagnosis gejala COVID-19, M juga memiliki penyakit komorbid, jantung tiroid.


"Oh, iya, kemarin, iya. [pasien] rujukan baru itu," ujar jubir Gugus Tugas Sumut, Aris Yudhariansyah, kepada kumparan, Minggu (19/4).

Saat ini, hasil swab PCR pasien tersebut masih diuji di laboratorium. Namun, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, Aris telah mengintruksikan Dinas Kesehatan Tanah Karo untuk menyelidiki riwayat penyakit pasien dan dengan siapa saja pasien kontak erat.

"Jadi yang menyelidiki Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota-nya, karena (pasien) meninggal dari rujukan rumah sakitnya," ujar Aris.

Meninggalnya PDP di Rumah Sakit Martha Friska ini, kata Aris, merupakan kali pertama terjadi di Kabupaten Tanah Karo. Pihaknya akan menyelidiki epidemiologi pasien untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Tanah Karo.


" Kalau yang dirujuk (PDP meninggal), iya, seperti itu (PDP pertama yang meninggal)," ujar Aris.

Hingga saat ini, kasus COVID-19 di Sumut cukup tinggi. Data terakhir, Sabtu (18/4), jumlah pasien positif sebanyak 103 orang, 10 meninggal, sedangkan 12 lainnya sembuh. Adapun jumlah PDP sebanyak 146 dan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 2.259 orang. (kumparan)

-------------------------------------
Kami Menjual Kesing & Kaos 
Bermotif Karo & Batak 

  


kaos karo

keisng batak

Info Pemesanan : 
casing karo