Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 10 Pasukan Khusus Terbaik & Mematikan di Dunia

Karogaul.com - Detasemen Jalamangkara (Denjaka) mendapat pujian dari Menko Polhukam Mahfud MD. Denjaka adalah satuan di bawah TNI Angkatan Laut yang ditugaskan untuk misi khusus seperti penanggulangan terorisme.

 

"Saya sangat bangga kepada prajurit Denjaka baik yang bertugas di dalam maupun di luar negeri. Karena selain menjadi prajurit yang perkasa dan disegani dunia, Denjaka telah menorehkan prestasi gemilang baik penumpasan pemberontakan di dalam negeri, operasi pembebasan sandera di mancanegara, dan penumpasan aksi ekstrimis. Sederet prestasi ini membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," papar Mahfud.

Setiap negara (kecuali yang tidak punya angkatan bersenjata seperti Liechtenstein atau Andorra) tentu punya yang namanya pasukan khusus. Bahkan di antaranya sudah menjalankan operasi di negara lain dan mendapatkan pengakuan dunia.

 

Mengutip Business Insider, berikut adalah sejumlah pasukan khusus terbaik dunia:

 

1. MARCOS (India)

Pasukan khusus asal Negeri Bollywood ini dilatih terjun payung dari ketinggian ekstrem (Halo/Haho) dan dibekali dengan persenjataan terbaik. MARCOS juga kerap berlatih dengan pasukan khusus dari negara-negara lain seperti US Navy SEALs (Amerika Serikat/AS) dan Special Air Service/SAS (Inggris). Para anggota MARCOS dilatih untuk bertempur di dalam air sembari membawa peralatan lengkap. 


2. Special Services Group/SSG (Pakistan)

Anggota SGS dilatih untuk mampu berlari sejauh 5 mil dalam 15 menit sambil membawa peralatan lengkap. SGS terlibat dalam sejumlah misi penting seperti dalam pertempuran India-Pakistan dan Uni Soviet Afganistan.

 

SGS juga berhasil membebaskan sandera di pesawat Pan AM Flight 73 yang dibajak tanpa kerusakan berarti. Namun yang paling impresif adalah SGS berhasil membebaskan bus sekolah yang dibajak hanya dalam waktu 20 detik.

 

3. National Gerndarmerie Intervention Group/GIGN (Prancis)

Misi GIGN sudah berskala internasional, dari pembebasan sekolah di Djibouti hingga menangkap penjahat perang Bosnia. Anggotanya hanya 200, tetapi sudah cukup untuk membuat perompak Somalia kencing di celana.

 

Pada 1979, GIGN dan militer Arab Saudi berhasil menumpas ekstremis yang menguasai Masjidil Haram di Mekah. Demi menyelamatkan sandera, tiga komandan GIGN bersedia menjadi mualaf karena Kota Suci hanya boleh dimasuki oleh muslim.

 

4. Green Berets (Amerika Serikat/AS) 

Moto satuan ini adalah De Oppreso Liber (membebaskan mereka yang tertindas). Penembak jitu dari kesatuan ini adalah salah satu yang paling disegani di seluruh dunia. Operasi Green Berets bervariasi, mulai dari menjaga perdamaian hingga menumpas kartel narkotika.

 

5. Sayeret Matkal (Israel)

Kesatuan ini dilatih khusus untuk kontra-terorisme. Anggotanya dikenal memiliki keunggulan fisik dan intelejensi di atas rata-rata.

 

6. Joint Force Task 2/JTF2 (Kanada)

'Portofolio' JTF2 bervariasi mulai dari pembebasan sandera di Irak sampai memburu penjahat perang Bosnia. JTF2 juga ikut serta dalam Perang Afganistan. Wajah dan identitas anggota JTF2 dirahasiakan, tidak ada yang tahu operasi yang mereka lakukan.

 

7. Special Air Service/SAS (Inggris)

SAS adalah salah satu tolok ukur pasukan khusus di seluruh dunia. Bahkan ketangguhannya sudah diakui oleh AS.

Jenderal Stanley McChrystal dari militer AS mengatakan SAS memegang perang vital bagi kubu Aliansi untuk memenangkan Perang Irak. "Sangat esensial. Kami tidak akan berhasil tanpa mereka," tegas McChrystal.

 

8. Navy SEALs (AS)

Sebagai pemanasan jelang latihan rutin, anggota Navy SEALs harus melakukan 42 push-up dalam dua menit dan berlari 1,5 mil dalam 11 menit. Setelah itu baru latihan. SEALs adalah singkatan Sea, Air, dan Land. Jadi Navy SEALs bisa menjalakan misi di segala medan. 


9. Gruppo di Intervento Speciale/GIS (Italia)

Anggota GIS dikenal punya bidikan yang luar biasa presisi. Jumlah personel pasukan ini tidak lebih dari 100, tetapi bisa berlaga mulai dari pemberantasan terorisme hingga menjaga keamaman.

 

10. Alpha Group (Rusia)

Kebengisan pasukan ini sudah melegenda. Musuh akan dibabat habis tanpa belas kasihan.

Misalnya dalam pembebasan sandera di gedung teater Moskow pada 2002, Alpha Group menggunakan gas beracun yang akhirnya ikut membuat 129 sandera kehilangan nyawa. Langkah yang tentunya mengundang kontroversi. (CNN)


Kesing - Kaos Batak & Karo 

case sumut



kesing batak

CASE MANDAILING





case karo

Info Pembelian
casing karo