Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Potret Telaga Biru Bah Silembat Lihat Lokasi Dan Aktivitas Wisata



Karogaul.com - Baik telaga biru maupun hijau memang jadi jujukan wisata ideal untuk menikmati alam. Selain istimewa dan punya pemandangan unik dan cantik, airnya pastilah segar untuk direnangi sobat gaul. Terbaru, telaga yang beberapa waktu lalu diBaik telaga biru maupun hijau memang jadi jujukan wisata ideal untuk menikmati alam.

Selain istimewa dan punya pemandangan cantik, airnya pastilah segar untuk direnangi. Terbaru, telaga yang beberapa waktu lalu ditemukan adalah Bah Silembat Sidamanik.temukan adalah Bah Silembat Sidamanik.

Bah Silembat merupakan destinasi wisata di Desa Nagori Manik Maraja yang secara fisik tak kalah indah dari telaga kecil lainnya yang ada di Indonesia dan Sumatera Utara. Barangkali, pesona yang ditawarkan oleh telaga hijau ini bisa menggerakkan kamu untuk berpetualang.



Biaya Masuk Bah Silembat

Untuk menyisir seluruh atraksi wisata di Bah Silembat. Pengelola menerapkan tiket masuk berjenjang. Pertama untuk akses masuk ke dalam, sedangkan biaya kedua khusus bagi pengunjung yang berminat untuk menaiki rakit.

Tiket masuk: Rp5.000,- / orang.
Biaya rakit: Rp10.000,- / trip.
Parkir: gratis.
Berkemah: Hubungi pihak pengelola.


Panorama lanskap Desa Nagori Manik Maraja hampir sama dengan wisata Namu Sira-sira sobat gaul. Lebih ke atraksi pemandian alam. Hanya saja fasilitas yang dihadirkan di sini lumayan komplit. Apalagi ke depannya pengelola berencana menambahkan wahana air sebagai tambahan daya tarik.



Aktivitas di Bah Silembat

Nagori Manik Maraja sendiri merupakan desa yang bersebelahan dengan .antaran terletak di jalur perkebunan sawit dan berada di ketinggian 1422 mdpl, maka lokasi Bah Silembat senantiasa dingin dan menyejukkan.

Selain melihat hijaunya telaga ini, kamu juga bisa menyelami keindahan alamnya dengan melakukan sekumpulan aktivitas liburan yang sedari awal sudah disiapkan pengelola. Pastikan kamu mengepak pakaian ganti dalam tasmu ya.

Sambil merayakan liburan, kamu bisa nih melakukan sederet ide kegiatan menarik, yuk kita ulas satu persatu.



1. Bermain Air di Telaga Biru
Cerukan perut bumi ini bukanlah terbentuk oleh alam begitu saja. Dahulunya, Bah Silembat adalah sungai yang sengaja dibendung untuk keperluan irigasi. Dengan kondisi air yang mirip telaga biru, jadilah tempat bermain sekaligus berlibur seperti sekarang.

Tempat ini juga layak dipopulerkan, karena telaganya mempunyai aliran air yang dingin dan jernih. Warnya memang tak sebiru langit di angkasa, tetapi pesonanya cukup mengesankan. Dalam hitungan detik setelah tiba di area, pasti sulit untuk tidak menceburkan diri dan bermain air di dalamnya telaganya.

Bah Silembat Simalungn

Curan airnya itu berasal dari beberapa sumber, sebagian dari sungai dan sisanya dari mata air di seputaran telaga. Karena pemandiannya begitu luas, kamu tak akan menjumpai momen berdesak-desakan dengan pengunjung lain, asyik banget kan?
 
2. Camping dan Bermalam
Aktivitas mengasyikkan lain di Bah Silembat Sidamanik adalah camping. Berkemah ceria dan bergabung dengan pengunjung lainnya saat malam menyapa. Ditemani oleh sejuknya udara pedesaan, kalian bisa menyesap kopi sebelum tidur di hotel bintang 5 khas alam.

Sebagai bocoran, paras telaga ini memukau cantiknya saat pagi. Dimana udara tropik yang menguar masih dingin-dinginnya. Karena itu pula, bangunlah lebih awal untuk bisa menyelami airnya dari permukaan telaga sampai ke dasar.

Usai mengemasi tenda dan perlengkapan outdoor lainnya, masih ada ritual lain sebelum meninggalkan jejak di objek wisata Desa Nagori Manik Maraja ini, yaitu kembali berfoto!

Bah Silembat Simalungn

3. Bekeliling dengan Rakit
Demi apapun yang melatarinya, tujuan utama berlibur ke wisata alam selalu identik dengan bersenang-senang, bukan? Nah kamu harus melupakan tumpukan pekerjaan kantor atau padatnya tugas daring tatkala sedang berada di Bah Silembat.

Salah satu cara yang tak perlu disangsikan untuk menyenangkan diri di sini ialah menyisir bendungan. Dengan rakit dari tumpukan bambu, nahkoda akan membawa penumpang berkeliling ke berbagai spot. Termasuk, menyinggahi timbunan tanah mirip pulau kecil yang mencuat seenaknya di tengah telaga biru.



Aktivitas wisata seperti ini mungkin jarang di tempat lain. Karenanya, perlu dipotret dengan kamera kesayanganmu. Jika memori hp atau gawaimu masih cukup, kamu bisa sekalian merekam video untuk diunggah ke Youtube. Mana tau bisa jadi travel vlogger, kan?

Lokasi Bah Silembat

Bah Silembat sendiri hanya berjarak 25,6 km dari Pematangsiantar melalui Desa Sarimatondang. Tepatnya berada di perbatasan Desa Ambarisan dan Nagori Manik Raja. Kec. Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.



Waktu terbaik untuk mengunjunginya mulai pagi. Lantaran sedang naik daun, wisata bendungan ini sedang ramai-ramainya didatangi wisatawan sehingga airnya tak terlalu jernih jika dalam kondisi itu. Upayakan datang saat weekday saja.

Sekian ulasan singkat mengenai "7 Potret Telaga Biru Bah Silembat Lihat Lokasi Dan Aktivitas Wisata" libur lebaran nanti bisa kayaknya neh soabt gaul eksplorasi tempat yang keren ini ?