Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Taman Alam Lumbini Yang Berada di Desa Tongkoh Berastagi

Taman Alam Lumbini

Karogaul.com - Pagoda Taman Lumbini berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Sumatera Utara. Berada di kawasan pedesaan, tempat ibadah satu ini memiliki pemandangan yang asri dan udara yang sejuk. Jika berangkat dari kota Medan akan membutuhkan waktu selama 2 hingga 3 jam untuk sampai ke Berastagi. Bagi yang menggunakan transportasi umum, Teman Traveler bisa menggunakan angkutan umum dengan arah ke Tugu Buah Jeruk. Setelahnya berjalan kaki selama 30 menit untuk sampai ke Taman Alam Lumbini.


Taman Alam Lumbini

Pagoda Taman Lumbini ini merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang berada di Bhurma, Myanmar. Bangunannya pun sangat indah dan megah karena dilapisi oleh cat berwarna emas. Memasuki kawasan Pagoda, pengunjung akan disambut dengan pintu dengan desain etnik hasil pahatan seniman di Myanmar. Tempat ibadah ini juga menyimpan banyak relik yang merupakan sisa abu pembakaran orang sui dan diletakkan di atas bangunan pagoda. Para wisatawan selain agama Buddha boleh berkunjung dan berkeliling ke sini jika sedang tidak ada kegiatan ibadah.


Tak hanya keindahan pagoda saja yang bisa dinikmati wisatawan, mereka juga dapat mengagumi suasana di sekitar bangunan. Untuk menuju Taman Alam Lumbini, Teman Traveler harus terlebih dahulu melewati jembatan gantung untuk penyeberangan. Jembatan gantung ini lebih dikenal dengan nama Titi Lumbini dan memiliki panjang sekitar 20 meter. Wisatawan dapat dengan bebas melihat taman dengan bunga-bunga cantik yang berada di bawah jembatan. Pengunjung juga diberi pengetahuan mengenai beberapa tanaman tersebut karena terdapat papan keterangan.