Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

karo gaul

12 Wisata Tapanuli Selatan Yang Menarik Dikunjungi

12 Wisata Tapanuli Selatan Yang Menarik Dikunjungi

Karogaul.com - Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Apakah sobat gaul salah satu dari orang yang gemar berwisata? Nah, kabupaten Tapanuli selatan, Sumatra Utara ini memiliki banyak destinasi wisata yang begitu menarik dan sangat recommended sekali untuk menghiasi sejarah traveling Anda. Mulai dari wisata yang menunjukkan keindahan alam, wisata sejarah dan wisata buatan.

Pasti penasaran sekali bukan! Berikut ini 12 rekomendasi tempat wisata di Tapanuli Selatan yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

1. Danau Siais

Danau Siais

Tujuan wisata di Sipirok, Tapanuli Selatan ini memang begitu menarik untuk dikunjungi. Danau Siais namanya yang merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba dengan luas kurang lebih 4,5 hektar.

Tempat ini berlokasi di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. pemandangan yang ditawarkan oleh danau Siasi begitu menakjubkan dihiasi oleh pohon-pohon hijau di sekelilingnya.

Lokasi: Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan.

2. Wisata Air Parsariran

Aek Sijorni

Wisata Air Parsariran memang patut dikunjungi saat Anda melancong ke Tapanuli Selatan. Wisata ini berupa tempat pemandian alami yang aliri dari sungai. Pemandian alami ini tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya. Karena lokasinya yang berada di tepi Jalan Lintas Barat Sumatera, yaitu antara Kota Padang Sidempuan dengan Kota Sibolga. Jam operasional wisata ini dimulai pukul 08:00 hingga pukul 18:00, setiap hari.

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Hapesong Baru, Kec. Batang Toru, Kab. Tapanuli Selatan.

3. Aek Sijorni

Aek Sijorni

Salah satu air terjun di Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Aek Sijorni. Hal menarik dari air terjun yang lokasinya berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini karena bentuknya yang berundak-undak dan tinggi sekitar 10 meter.

Uniknya, tatkala musim kemarau, air pada air terjun ini tidak pernah surut sedikit saja. Terlebih, beberapa fasilitas seperti kolam renang, tempat menginap, dan lainnya tersedia di sekitar lokasi air terjun.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Kec. Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan.

4. Bukit Tor Simago-Mago

Bukit Tor Simago-Mago

Jika ke Tapanuli Selatan, pasti sangat tidak afdhal kalau tidak ke bukit Tor Simago-mago. Pasalnya bukit ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Terlebih, fasilitasnya juga cukup lengkap loh. Di sini sudah tersedia tempat menginap, berbagai jenis wahana permainan anak, dan beberapa ekor kuda sudah disediakan di Bukit Tor Simago-mago. Nah, untuk merasakan sensasi keindahan pada bukit ini. Kawasan wisata ini dibuka 24 jam setiap hari.

5. Gunung Sibual-Buali

Gunung Sibual-Buali

Bagi Anda yang suka naik turun gunung, Gunung Sibual-buali bisa menjadi salah satu gunung yang patut dicoba. Sibual-buali merupakan salah satu gunung stratovolcano yaitu gunung berapi kerucut/gunung berapi komposit di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Gunung ini lokasinya berada di ujung selatan Bukit Barisan Sumatera Utara. Di mana daerah tersebut memiliki banyak hal unik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung ketika melakukan pendakian.

Nah, gunung dengan ketinggian sekitar 1.819 mdpl atau meter di atas permukaan air laut ini juga mempunyai berbagai jenis flora dan fauna, dan sebagian di antaranya adalah flora dan fauna endemik gunung ini loh.

Lokasi: Gunung Sibualbuali, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan.

6. Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-Lima

Jika Anda penyuka Air Terjun. Tapanuli Selatan menawarkan air terjun Silima-lima yang berlokasi di Desa Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup sulit dan dibutuhkan perjuangan ekstra. Karena para wisatawan harus trekking kira-kira sejauh 2 kilometer dengan turunan dan tanjakan yang lumayan melelahkan.

Akan tetapi, dengan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 80 meter ini, pasti terbayar lunas semua rasa lelah. Tidak hanya itu, tempat ini juga cukup eksotis dengan pemandangan hijau pohon di sekelilingnya.

Lokasi:
Maju Mambe, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

7. Pemandian Air Panas Aek Nabara

Pemandian Air Panas Aek Nabara

Jika Anda ingin merasakan pemandian air panas, di Tapanuli Selatan juga ada loh. Pemandian air panas ini bernama Pemandian Air Panas Aek Nabara. Nah, meskipun tempat ini masih belum diurus secara intensif, tapi tempat pemandian air panas yang berlokasi di Desa Aek Nabara, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tampak selalu ramai oleh pengunjung.

Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bertujuan untuk terapi dan pengobatan. Karena air di tempat pemandian air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang kulit.

Lokasi:
Aek Nabara, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

8. Air Terjun Sisundung Parsalakan

Air Terjun Sisundung Parsalakan

Air terjun yang lain di Tapanuli Selatan ini adalah Air Terjun Sisundung Parsalakan. Tempat ini cukup mudah dijangkau karena berlokasi kurang lebih 500 meter dari tempat parkir kendaraan.

Hal menarik dari air terjun yang tepatnya berada di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini yaitu memiliki dua air terjun sekaligus alias air terjun kembar. Aliran air terjunnya bermuara pada kolam yang sama, dengan kesegaran air yang cocok untuk melepas penat. Tak jarang para pengunjung bermain air, berenang, mandi dan kegiatan lain semacamnya.

Lokasi:
Sisundung, Kec. Angkola Barat, Kab. Tapanuli Selatan.

9. Air Terjun Aek Malakkut

Air Terjun Aek Malakkut

Air terjun selanjutnya di Tapanuli Selatan ini adalah air terjun Aek Malakkut. Menuju wisata ini cukup butuh perjuangan ekstra. Lokasinya bertepat di Desa Marancar Gondang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini.

Tempat ini masih sangat alami dan jarang terjamah. Karena lokasinya yang mengharuskan para wisatawan membelah hutan dan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam.

Meski penuh perjuangan, semua akan terbayar lunas dengan keindahan dinding-dinding batu yang berdiri tegap serta tanaman hijau merambat yang tak kalah memanjakan mata.

Lokasi: Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

10. Aek Sabaon

Aek Sabaon

Destinasi selanjutnya adalah Aek Sabaon yang berada di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Banyak pengunjung yang berkomentar bahwa tempat wisata ini mirip seperti pedesaan-pedesaan di Swiss. Hal ini dikarenakan tempat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang tinggi, dan pohon-pohon yang hijau.

Selain itu, yang menjadi daya tarik Aek Sabaon adalah bangunan-bangunan yang di desain menyerupai rumah-rumah yang ada di pedesaan-pedesaan di negara Benua Eropa.

Lokasi: Aek Sabaon, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

11. Danau Marsabut

Danau Marsabut

Di Tapanuli Selatan tidak hanya ada satu danau saja, tetapi juga ada danau lainnya yaitu Danau Marsabut yang berlokasi di Desa Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Nah, wisata ini menampilkan suasana danau yang nyaman, tenang dan suhu udara yang sangat sejuk.

Lokasi: Bunga Bondar, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan.

12. Benteng Huraba

Benteng Huraba

Ternyata di Kabupaten Tapanuli Selatan juga terdapat sebuah bukti atau simbol dari peninggalan sejarah bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan dari cengkraman para penjajah. Nah, peninggalan ini berupa Benteng Huraba.

Seperti namanya, wisata sejarah yang terletak di Desa Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Peninggalan yang masih dapat dilihat berupa benteng yang kokoh dengan arsitektur belanda zaman dahulu, meriam dan beberapa alat-alat peperangan lainnya.

Lokasi: Benteng Huraba, Kec. Batang Angkola, Kab. Tapanuli Selatan.

Itulah 12 destinasi wisata menarik di Tapanuli Selatan yang paling hits dikunjungi wisatawan. Apabila Anda berkunjung ke kabupaten ini dijamin dapat membuat liburan Anda lebih berkesan. Hanya pada satu kota saja, tapi terdapat begitu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Sebenarnya, tidak hanya itu saja. Namun, tempat-tempat wisata di atas yang paling wajib Anda kunjungi sobat gaul.