Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Wisata Terbaru Di Tapanuli Selatan, Cek Lokasi Dan Pemandangan

wisata taput

Karogaul.com - Inilah Daftar destinasi Wisata Menarik dan Populer di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut sobat gaul Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Apakah sobat gaulsalah satu dari orang yang gemar berwisata? Nah, kabupaten Tapanuli selatan, Sumatra Utara ini memiliki banyak destinasi wisata yang begitu menarik dan sangat recommended sekali untuk menghiasi sejarah traveling Anda. Mulai dari wisata yang menunjukkan keindahan alam, wisata sejarah dan wisata buatan.

Pasti penasaran sekali bukan! Berikut ini 14 rekomendasi tempat wisata di Tapanuli Selatan yang wajib sobat gaul kunjungi saat liburan.

1. Danau Siais



Tujuan wisata di Sipirok, Tapanuli Selatan ini memang begitu menarik untuk dikunjungi sobat gaul. Danau Siais namanya yang merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba dengan luas kurang lebih 4,5 hektar.

Tempat ini berlokasi di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara sobat gaul. pemandangan yang ditawarkan oleh danau Siasi begitu menakjubkan dihiasi oleh pohon-pohon hijau di sekelilingnya.

Lokasi:
Rianiate, Kec. Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan.

2. Wisata Air Parsariran



Wisata Air Parsariran memang patut dikunjungi saat Anda melancong ke Tapanuli Selatan. Wisata ini berupa tempat pemandian alami yang aliri dari sungai sobat gaul. 

Pemandian alami ini tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya. Karena lokasinya yang berada di tepi Jalan Lintas Barat Sumatera sobat gaul, yaitu antara Kota Padang Sidempuan dengan Kota Sibolga. Jam operasional wisata ini dimulai pukul 08:00 hingga pukul 18:00, setiap hari.

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Hapesong Baru, Kec. Batang Toru, Kab. Tapanuli Selatan.

3. Aek Sijorni



Salah satu air terjun di Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Aek Sijorni. Hal menarik dari air terjun yang lokasinya berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini karena bentuknya yang berundak-undak dan tinggi sekitar 10 meter.

Uniknya sobat gaul, tatkala musim kemarau, air pada air terjun ini tidak pernah surut sedikit saja. Terlebih, beberapa fasilitas seperti kolam renang, tempat menginap, dan lainnya tersedia di sekitar lokasi air terjun.

Lokasi: Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Kec. Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan.

4. Bukit Tor Simago-Mago




Jika ke Tapanuli Selatan, pasti sangat tidak afdhal kalau tidak ke bukit Tor Simago-mago sobat gaul. Pasalnya bukit ini menawarkan keindahan yang luar biasa. Terlebih, fasilitasnya juga cukup lengkap loh. 

Di sini sudah tersedia tempat menginap, berbagai jenis wahana permainan anak, dan beberapa ekor kuda sudah disediakan di Bukit Tor Simago-mago sobat gaul. Nah, untuk merasakan sensasi keindahan pada bukit ini. Kawasan wisata ini dibuka 24 jam setiap hari.

5. Gunung Sibual-Buali



Bagi Anda yang suka naik turun gunung, Gunung Sibual-buali bisa menjadi salah satu gunung yang patut dicoba. Sibual-buali merupakan salah satu gunung stratovolcano yaitu gunung berapi kerucut/gunung berapi komposit di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Gunung ini lokasinya berada di ujung selatan Bukit Barisan Sumatera Utara sobat gaul.  Di mana daerah tersebut memiliki banyak hal unik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung ketika melakukan pendakian.

Nah, gunung dengan ketinggian sekitar 1.819 mdpl atau meter di atas permukaan air laut ini juga mempunyai berbagai jenis flora dan fauna Wisata Terbaru Di Tapanuli Selatan, dan sebagian di antaranya adalah flora dan fauna endemik gunung ini loh.

Lokasi:
Gunung Sibualbuali, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan.

6. Air Terjun Silima-Lima



Jika sobat gaul penyuka Air Terjun. Tapanuli Selatan menawarkan air terjun Silima-lima yang berlokasi di Desa Maju Mambe, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup sulit dan dibutuhkan perjuangan ekstra sobat gaul. Karena para wisatawan harus trekking kira-kira sejauh 2 kilometer dengan turunan dan tanjakan yang lumayan melelahkan.

Akan tetapi, dengan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 80 meter ini, pasti terbayar lunas semua rasa lelah sobat gaul. Tidak hanya itu, tempat ini juga cukup eksotis dengan pemandangan hijau pohon di sekelilingnya.

Lokasi: Maju Mambe, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

7. Pemandian Air Panas Aek Nabara



Jika Anda ingin merasakan pemandian air panas, di Tapanuli Selatan juga ada loh. Pemandian air panas ini bernama Pemandian Air Panas Aek Nabara. 

Nah, meskipun tempat ini masih belum diurus secara intensif, tapi tempat pemandian air panas yang berlokasi di Desa Aek Nabara, Ke. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tampak selalu ramai oleh pengunjung sobat gaul.

Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bertujuan untuk terapi dan pengobatan sobat gaul. Karena air di tempat pemandian air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang kulit.

Lokasi: Aek Nabara, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

8. Air Terjun Sisundung Parsalakan



Air terjun yang lain di Tapanuli Selatan ini adalah Air Terjun Sisundung Parsalakan sobat gaul. Tempat ini cukup mudah dijangkau karena berlokasi kurang lebih 500 meter dari tempat parkir kendaraan.

Hal menarik dari air terjun yang tepatnya berada di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini yaitu memiliki dua air terjun sekaligus alias air terjun kembar sobat gaul. 

Aliran air terjunnya bermuara pada kolam yang sama sobat gaul, dengan kesegaran air yang cocok untuk melepas penat. Tak jarang para pengunjung bermain air, berenang, mandi dan kegiatan lain semacamnya.

Lokasi: Sisundung, Kec. Angkola Barat, Kab. Tapanuli Selatan.

9. Air Terjun Aek Malakkut



Air terjun selanjutnya di Tapanuli Selatan ini adalah air terjun Aek Malakkut. Menuju wisata ini cukup butuh perjuangan ekstra sobat gaul. Lokasinya bertepat di Desa Marancar Gondang, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini.

Tempat ini masih sangat alami dan jarang terjamah sobat gaul. Karena lokasinya yang mengharuskan para wisatawan membelah hutan dan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam.

Meski penuh perjuangan sobat gaul, semua akan terbayar lunas dengan keindahan dinding-dinding batu yang berdiri tegap serta tanaman hijau merambat yang tak kalah memanjakan mata.

Lokasi: Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

10. Aek Sabaon



Destinasi selanjutnya adalah Aek Sabaon yang berada di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara sobat gaul. Banyak pengunjung yang berkomentar bahwa tempat wisata ini mirip seperti pedesaan-pedesaan di Swiss. 

Hal ini dikarenakan tempat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang tinggi, dan pohon-pohon yang hijau sobat gaul.

Selain itu sobat gaul, yang menjadi daya tarik Aek Sabaon adalah bangunan-bangunan yang di desain menyerupai rumah-rumah yang ada di pedesaan-pedesaan di negara Benua Eropa.

Lokasi:
Aek Sabaon, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

11. Danau Marsabut



Di Tapanuli Selatan tidak hanya ada satu danau saja sobat gaul, tetapi juga ada danau lainnya yaitu Danau Marsabut yang berlokasi di Desa Bunga Bondar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Nah, wisata ini menampilkan suasana danau yang nyaman, tenang dan suhu udara yang sangat sejuk.

Lokasi: Bunga Bondar, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan.

12. Benteng Huraba



Ternyata di Kabupaten Tapanuli Selatan juga terdapat sebuah bukti atau simbol dari peninggalan sejarah bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan dari cengkraman para penjajah sobat gaul. Nah, peninggalan ini berupa Benteng Huraba.

Seperti namanya, wisata sejarah yang terletak di Desa Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara sobat gaul. Peninggalan yang masih dapat dilihat berupa benteng yang kokoh dengan arsitektur belanda zaman dahulu, meriam dan beberapa alat-alat peperangan lainnya.

Lokasi:
Benteng Huraba, Kec. Batang Angkola, Kab. Tapanuli Selatan.

13. Air Terjun Sisoma



Kebanyakan wisata di Tapanuli Selatan ini adalah air terjun sobat gaul. Nah, salah satunya yaitu air terjun Sisoma yang berlokasi di Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Sama seperti air terjun lainnya di Tapanuli Selatan, air terjun sisoma ini masih sangat asri dan belum banyak terjamah. 

Pasalnya, untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki di dalam hutan kurang lebih sekitar 2 kilometer sobat gaul. Tentu saja, keindahannya tidak diragukan lagi dan semua lelah akan menguap begitu saja.

Lokasi: Simaninggir, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan.

14. Pantai Muara Upu



Bukan hanya air terjun ataupun bukit. Tapanuli Selatan juga menawarkan wisata pantai loh. Nah, pantai ini berlokasinya di Desa Muara Upu, Kec. Muara Batang Toru, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, sehingga pantai ini bernama pantai Muara Upu sobat gaul.

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Barat Muara Batangtoru karena letaknya di kab. Muara Batang Toru sebelah barat sobat gaul. 

So, pantai ini menawarkan pemandangan hamparan pasir berwarna putih agak kecokelat-cokelatan yang di kelilingi pohon-pohon yang asri nan rindang sobat gaul. Anda bisa kapanpun berkunjung ke sini, karena Pantai ini buka 24 jam setiap hari.

Lokasi: Muara Upu, Kec. Muara Batang Toru, Kab. Tapanuli Selatan.

Itulah 14 destinasi wisata menarik di Tapanuli Selatan yang paling hits dikunjungi wisatawan. Apabila sobat gaul berkunjung ke kabupaten ini dijamin dapat membuat liburansobat gaul  lebih berkesan. Hanya pada satu kota saja, tapi terdapat begitu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.