Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Potret Pemandangan Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Karogaul.com - Kita tau bahwasannya Berastagi memiliki taman wisata pemandian air panas alam yang sangat indah, yaitu Lau Sidebuk-Debuk atau Sidebuk-Debuk. Mata air panas ini berada di sebelah selatan dari gunung Sibayak. Tepatnya berada di desa Sidebuk Debuk, sekitar 30 menit sebelum ke Berastagi, jika sobat gaul dari kota Medan jarak tempuhnya kurang lebih 58 km.

Dari jalan lintas Medan-Berastagi sobat gaul berhenti di pos polisi simpang Sidebuk Debuk, Desa Daulu. Ada plang yang bertuliskan HOT SPRINGS SIDEBUK DEBUK.

Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Sobat gaul berjalan mengarah ke Desa Sidebuk-Debuk lokasi pemandian air panas berkisar 1 km dari Simpang yang bertulis pelang tadi. Saat di diperjalanan kamu akan disuguhkan dengan view pemandangan Gunung Sibayak disertai ladang pertanian milik warga setempat yang serba hijau.

Udara disini cukup sejuk dan segar, karena tempat ini berada di ketinggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut. Jadi sobat gaul siap siap untuk membuku . . .

Adapun mata air panas Lau Sidebuk Debuk adalah tempat yang banyak di kunjungi turis lokal maupun asing, terlibih pada hari libur Nasional sobat gaul. Hal menarik dari destinasi tempat wisata ini merupakan kolam air panas beraroma khas sulfur atau belerang, ada sebagian orang yang memang tidak suka dengan aromanya. yang pasti khasiatnya bagus untuk tubuh lho sobat gaul. terutama untuk kulit.

Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Manfaat belerang air panas sidebuk debuk

Belerang banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional buat penyembuhan penyakit kulit, seperti jerawat, kurap, alergi dan berbagai penyakit kulit lainnya yang kronis seperti panu, dan kadas d. tapi sobat gaul jangan takut ketularan dari wisatawan lain karena air kolam bersikulasi dan mengalir terus. Air dikolam ini bergant setiap saat. jadi sobat gaul tak perlu khawatir ya . . .

Puncak kunjungan turis wisatawan lokal terjadi saa malam hari, menikmati berendam di air belerang yang hangat di tengah suasana dingin gunung Sibayak membuat banyak orang candu akan sensasi ini. Banyak pengusaha/pengelola wisata yang membuka pemandiannya selama 24 jam, walaupun ada juga yang membatasi waktu kunjungan sampai pukul 24.00 Wib sobat gaul.

sidebuk debuk

Pemandangan hijau di sekitar lokasi wisata akan membuat pikiran makin rileks disertai juga kicauan kicaun burung hutan yang bernyanyi bersaut sautan seolah pikiran yang tadinya ricuh seketika akan terlupakan dengan pemandangan panorama alam yang indah ini sobat gaul.

Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Adapun Pemandian Alam ini dikelola oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat, aliran Air panas belerang di alirkan dari rekahan gunung Sibayak melalui pipa-pipa ke kolam pemandian. Ukuran kolam dan tingkat panasnya bervariasi, dan serbuk belerang di jual Lima ribu perak perbungkus di sekitar kolam pemandian.

Sarana fasilitas tersedia untuk para wisatawan dan lumayan lengkap. Seperti toilet, kamar ganti, sewa pakaian untuk mandi di air panas, dan penginapan murah untuk pengunjung yang berkeinginan bermalam di taman wisata keren ini.

Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Lokasi Taman Wisata Sidebuk-debuk, dulunya sebagai cagar alam atas dasar dasar Keputusan Raja Deli tanggal 30 Desember 1924 sobat gaul. Pada tanggal 9 Mei 1980, status Cagar Alam itu diubah menjadi Taman Wisata atas dasar Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 320/Kpts/Um/5/1980 dengan wilayah luas sekitar 7 Ha.

Adapun daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan hijau dari alam sekitar dan kegagahan gunung sibayak. Tak heran jika Sidebuk-debuk selalu menjadi tujuan para wisatawan untuk singgah, sesudah mengunjungi Kota Berastagi untuk relaksasi, sekaligus melakukan terapi kesehatan sobat gaul.

Bahkan setiap pendaki menjadikan gunung Sibayak sebagai tujuan awal pendakian dan menjadikan mandi air panas Sidebuk-debuk sebagai pelepas kejunuhan dan penat setelah turun dari gunung sibayak sobat gaul.
 
Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi

Tips wisata di Air Panas sidebuk-debuk

|Usahakan masuk dalam kolam yang tidah terlalu panas terlebih dahulu agar menyesuaikan suhu tubuh, atau sobat gaul akan kepanasan pada tubuh bagian bawah masuk ke air.
|Banyak minum air putih karena tubuh berhadapan dengan air panas.
|Kalau membawa sikecil datanglah dipagi hari, jangan datang di malam hari sobat gaul.
|Happy Holiday . . .

Info Wisata Sidebuk debuk

Note : Di tempat wisata ini tidak ada lagi PUNGLI, kini berwisata atau bertamasya di air panas sidebuk debuk dan pariban aman dan nyaman. 

sidebuk debuk

Demikianlah ulasan singkat mengenai "5 Potret Pemandangan Air Panas Pariban Sidebuk-debuk Berastagi" apakah sobat gaul akan bertamasya ke wisata ini di akhir pekan ini sobat gaul ?