Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebuah Percobaan Dari Seorang Guru Mengenai Cuci Tangan Yang Memberikan Hasil Mengejutkan


Karogaul.com - Didalam mengajarkan seseorang khususnya anak kecil kerap kali memberikan contoh lebih mengena dibandingkan dengan sekedar teori ataupun kata - kata, namun mempraktekan langsung lebih memiliki kesan yang mendalam dan akan diingat selalu.

 

Hal inilah yang memberikan ide kepada seorang guru sekolah dasar, Jaralee Metcalf di Idaho, USA untuk mengajarkan kepada murid - muridnya mengenai kebersihan tangan dengan mencuci tangan dan metode ini sekarang banyak digunakan juga oleh para pengajar / guru di seluruh dunia.

 

Pada suatu awal musim dingin dan diketahui bahwa pada musim pancaroba tersebut banyak orang yang akan menderita Flu. Nach Pak Jaralee Metcalf ini mengajak murid - muridnya untuk melakukan suatu proyek penelitian yang bertujuan untuk menerangkan bagaimana bakteri penyebab penyakit ini dapat menyebar. 


Pak Jaralee Metcalf ini menyiapkan 5 potong roti tawar dari sebuah roti utuh yang telah di potong - potong.

 

Potongan ke 1 di gosok lebih dahulu ke laptop yang ada di kelas kemudian di masukkan ke dalam kantong plastik dan diberikan label.


Potongan ke 2 langsung dimasukkan ke dalam kantong plastik tanpa di pegang oleh tangan.


Potongan ke 3 di pegang dahulu oleh tangan baru dimasukkan ke dalam kantong plastik dan diberi label


Potongan ke 4 para murid mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir setelah itu baru memegang roti tawar dan dimasukkan ke dalam kantong plastik.


Potongan yang ke 5 para murid mencuci tangan menggunakan hand sanitizier kemudian memegang rotinya dan masukkan ke dalam kantong plastik.

 

Inilah hasilnya setelah 1 bulan kemudian :


Di sini terlihat bahwa jika roti tidak disentuh oleh tangan maka tidak ada bakteri / jamur yang tumbuh pada roti sementara roti yang di gosokkan ke laptop terlihat yang paling banyak tumbuh jamur dan bakterinya.


Yang menarik dan ditekankan kepada para murid dan juga orang tua adalah : penggunaan hand sanitizer saja tidaklah cukup oleh karena masih ada pertumbuhan bakteri / jamurnya di bandingkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

 

Kiranya pelajaran ini lebih mengena kepada anak - anak mengenai pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. 


Jadi maukah Anda mengajari anak anda mengenai hal ini?

 

Referensi : https://creativeside.me/bread-hand-washing-experiment/