Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

5 Pemandian Air Panas di Sumut, Tidak Pernah Sepi Pengunjung

5 Pemandian Air Panas di Sumut, Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Karogaul.com - Berikut ini adalah 5 pemandian air panas yang sangat populer di sumatera utara, simak penjelasan berikut ini :

1. Kawah Putih dan Biru Tinggi Raja

Kawah Putih dan Biru Tinggi Raja

Berlokasi di Kecamatan Sialu Kahen, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tempat wisata ini tergolong unik dan banyak menarik perhatian dengan keindahan dan khasiat yang di percaya oleh warga luas. Wisata yang di sebut dengan Dolok Tinggi Raja ini termasuk di kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja.

Sayangnya dikarenakan tempatnya yang berada dalam kawasan cagar alam maka perkembangan fasilitas tempat wisata ini tergolong minim. Sejarah terbentuknya kawah ini masih belum di ketahui asal usulnya namun warga sekitar mempercayai bahwa terbentuknya kawah ini berdasarkan legenda rakyat.

2. Pemandian air panas Sipaholon

Pemandian air panas Sipaholon

Pemandian air panas Sipaholon adalah sebuah pemandian air panas yang memiliki kolam yang serba putih yang sangat indah. Berada di Situmaeng Habinsaran, Kecamatan Sipaholon, Tapanuli Utara sumber air panas ini memiliki pemandangan yang dikelilingi pegunungan pasir berwarna putih yang menyerupai kapas.

Sumber air panas Sipaholon terbentuk akibat dari letusan Gunung Martimbang mengakibatkan keluarnya sumber air dengan suhu 40 – 70 derajat celcius. Dipercayai sumber air panas ini memiliki banyak khasiat dikarenakan mengandung belerang yang bagus untuk penyembuhan penyakit kulit dan sebagainya.

3. Pemandian air panas Aek Rangat

Pemandian air panas Aek Rangat

Terletak di Panguguran, Pulau Samosir, Sumatera Utara Aek Rangat merupakan destinasi wisata favorit di Pulau Samosir. Aek Rangat memiliki arti air hangat yang terletak di lereng Gunung Pusuk Buhit yang masih aktif.

Kolam yang terdapat di sana bukan kolam alami namun kolam yang telah di buat oleh masyarakat sekitar yang di aliri air hangat dari gunung yang mengandung belerang yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan perawatan kulit.

Di sana juga terdapat beberapa kolam dengan suhu yang berbeda. Tidak hanya menikmati air hangatnya saja kamu juga bisa menikmati pemandangan Danau Toba di sana.

4. Pemandian Lau Sidebuk Debuk & Pariban

Pemandian Lau Sidebuk Debuk & Pariban


Mata air Lau Sidebuk Debuk terletak di sebelah selatan Gunung Sibayak tepatnya di Desa Sidebuk Debuk. Udara di pemandian air panas ini sangat sejuk mengingat pemandian ini berada di ketinggian sekitar 2.100 mdpl.

Pemandian ini dikelola oleh pemerintah daerah dan warga sekitar dengan mengalirkan air panas dari pegunungan ke kolam pemandian yang bervariasi ukuran dan tingkatan panasnya. Selain air hangatnya daya tarik lainya adalah pemandangan hijau dari gunung Sibayak yang terlihat jelas sembari berendam air panas.

5. Pemandian air panas Embun Pagi

Pemandian air panas Embun Pagi

Terletak di Desa Penen, Kecamatan Sibiru Biru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Pemandian air hangat buatan ini memiliki air yang cukup jernih di tambah fasilitas yang bertahap di kembangkan ini cukup menarik banyak wisatawan sekitar maupun luar daerah.

Di sekitar kolam juga di sediakan pondok – pondok untuk bersantai melihat pemandangan sekitar setelah berendam air hangat mengandung belerang yang banyak manfaatnya ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai "5 Pemandian Air Panas di Sumut, Tidak Pernah Sepi Pengunjung" kira-kira sobat gaul mau kunjungin yang mana dulu nih ?