Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

8 Tempat Wisata di Berastagi, Bisa Dikunjungi Dalam Sehari



Karogaul.com - Apakah sobat gul sudah tahu tempat-tempat wisata keren di Berastagi ? Ada hal menarik dari semua tempat wisata di Berastagi yaitu bisa dikunjungi hanya dalam sehari saja, mau tahu wisata apa saja kah itu, simak penjelasan berikut ini ya gais :

1. Wisata Religi Taman Alam Lumbini


Pic : tiketcom

Taman Alam Lumbini tepatnya berada di Desa Tongkoh, Dolat Rayat, Berastagi. Begitu kamu menginjakkan kaki di sini, sebuah pagoda emas menjulang tinggi langsung mencuri perhatian. bukan emas asli ya gaiss....

Ternyata, pagoda ini replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Emas Yangon di Myanmar. Tinggi bangunan unik ini mencapai 46,8 meter, membuatnya tercatat sebagai stupa tertinggi di Indonesia. Tidak hanya itu, pagoda ini juga menjadi nomor dua tertinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga : Kolam Renang Selayang Medan- Tiket Masuk dan Fasilitas 2021

Seperti yg kamu ketahui, pagoda adalah tempat ibadah bagi umat Budha. Ketika sedang tidak dipakai beribadah, kamu boleh masuk ke dalam bangunan untuk mengamati lebih dekat detail arsitekturnya lho, kamu.



Saat di Taman Alam Lumbini, kamu bisa menyusuri bagian belakang pagoda. Sebuah taman indah tampil selaras dengan suasana alam di sekitarnya. Kamu bisa berfoto di atas jembatan gantung sepanjang 20 meter sambil menikmati keindahan taman yang tertata apik.

-Harga Tiket Masuk: Gratis*
-Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
-Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB (setiap hari)
-Alamat: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rayat, Kabanjahe, Kab. Karo, Sumatera Utara

2. Pikinik Bersama Keluarga di Bukit Kubu



Kalau kamu mencari tempat wisata yang asri, kamu bisa coba ke Bukit Kubu. Di sini, terbentang padang rumput seluas 5 hektar dengan bukit landai. Dijamin, bikin segar! Kamu bisa bermain bersama keluarga sepuasnya.

Kamu juga bisa naik kuda berkeliling tempat wisata ini, lho! Banyak juga yang bermain layangan. Seru, ya?

-Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
-Jam buka: 10.00 – 17.00 WIB (setiap hari)
-Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara

3. Belanja Sepuasnya di Pasar Buah Berastagi



Sebetulnya bisa menjumpai pedagang buah lokal hampir di seluruh tempat wisata. Namun, sobat gaul akan merasakan sensasi berbeda ketika mampir ke Pasar Buah Berastagi. Lokasi pasar buah ini masih searah dengan Bukit Gundaling.

Sesuai namanya, sobat gaul bakal disambut oleh deretan pedagang yang menjajakan buah-buahan segar. Nggak cuma itu, harga buah dan sayur di Pasar Buah Berastagi juga ramah di kantong.


 
Para pedagang mengambil langsung dari kebun buah dan sayur petani lokal. Wajar kalau harganya jauh lebih murah daripada kamu beli di kota Medan sobat gaul. Oiya, selain buah-buahan dan sayuran, kamu juga bisa bawa pulang bibit bunga, aksesoris, dan camilan khas Berastagi dari pasar ini.

Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB (Rabu – Minggu); 08.30 – 17.00 WIB (Senin – Selasa)
Alamat: Jl. Gundaling, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara

4. Minum Susu Sapi Segar di Gundaling Farm Berastagi


Pic : tiketcom

Kalau Puncak punya Cimory, Berastagi punya Gundaling Farm Berastagi. Ya, kamu penyuka susu bisa mampir ke tempat wisata satu ini sobat gaul. Gundaling Farm Berastagi menawarkan wisata peternakan sapi perah. Kamu bisa melihat bagaimana proses pemerahan susu sapi, pengemasan, hingga menikmati langsung segarnya susu sapi.


Pic : travelingmedan

Gundaling Farm dikenal sebagai satu-satunya usaha peternakan sapi modern di Sumatera Utara. Dikelola oleh PT Putra Indo Mandiri Sejahtera, sapi-sapi di sini diimpor langsung dari Australia sobat gaul. Bukan hanya susu segar, tersedia juga yogurt aneka rasa dengan tambahan buah segar dan tanpa bahan pengawet. Cocok nih untuk bekal di perjalanan dan oleh-oleh keluarga!

Cara menuju ke sini:
bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB (setiap hari)
Alamat: Jl. Pendidikan, Jaranguda, Simpang Pelawi, Kab. Karo, Sumatera Utara

5. Menikmati Uniknya Air Terjun Dua Warna



Seperti namanya, air terjun ini memiliki dua warna. Air terjun berwarna biru muda memiliki suhu air yang dingin, sedangkan air terjun berwarna putih abu-abu memiliki suhu air yang panas sobat gaul. Unik banget, ya?

Fenomena ini terjadi ternyata dilatarbelakangi oleh proses pembentukan air terjun ini. Letusan Gunung Sibayak yang membentuk air terjun ini diduga mengandung zat sulfur sehingga mengakibatkan air berwarna biru muda menjadi dingin sobat gaul. Karena itu, para pengunjung tidak dianjurkan untuk meminum air dari air terjun ini.



Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
Jam buka: 24 jam
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli, Sumatera Utara (buka di Google Maps)

6. Melihat Kawah Gunung Sibayak yang Memesona


Pic : tiketcom

Salah satu destinasi wisata gunung yang terkenal di dekat Berastagi adalah Gunung Sibayak sobat gaul. Nama Sibayak berasal dari cerita rakyat yang menceritakan tentang 4 raja yang menguasai tanah Karo.

Untuk menuju ke puncak Gunung Sibayak, terdapat beberapa alternatif treking, antara lain Jalur Jaranguda dan Jalur 54. Wisatawan yang tidak terbiasa mendaki biasanya memilih Jalur Jaranguda karena lebih cepat dan aman. Sedangkan untuk mereka yang lebih suka tantangan, bisa memilih Jalur 54 yang cukup ekstrim dan jaraknya lebih jauh.


Pic : merdekacom

Sampai di atas puncak, kamu akan melihat indahnya pesona kawah Gunung Sibayak sobat gaul. Banyak wisatawan mengincar waktu matahari terbit dan matahari terbenam karena pemandangannya indah banget! Nggak mau ketinggalan matahari terbit ataupun terbenam? Kamu bisa menginap di dekat Gunung Sibayak, kamu!

Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
Jam buka: 24 jam
Alamat: Jaranguda, Merdeka, Kab. Karo, Sumatera Utara  

7. Panjat Tebing di Air Terjun Sikulikap



Satu lagi destinasi air terjun yang bisa kamu kunjungi di Berastagi, yaitu Air Terjun Sikulikap. Untuk menuju ke lokasi air terjun, sobat gaul perlu untuk melakukan treking selama 15 menit dari pintu masuk yang berlokasi di perbatasan Deliserdang dengan Kabupaten Karo. Tenang aja, jalurnya sudah dibangun rapi sehingga kamu bisa berjalan dengan nyaman.


Pic : travelingmedan

Sesampai di lokasi air terjun, sobat gaul bisa menikmati segarnya dan indahnya air terjun ini. Banyak spot foto yang instagramable, lho! Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga panjat tebing dan juga berkemah. Seru, ya?

Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
Jam buka: 06.00 – 20.00 WIB (setiap hari)
Alamat: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara

8. Menikmati Matahari Terbenam di Bukit Gundaling



Ingin foto berlatar pemandangan Berastagi dari atas bukit? Bukit Gundaling bisa jadi pilihan yang tepat, sobat gaul! Pemandangan yang asri dan udara yang sejuk bikin pikiran jadi lebih segar.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa menaiki kuda untuk berkeliling bukit ini. Kalau ingin mendapatkan foto terbaik, sobat gaul bisa datang saat matahari terbit atau matahari terbenam. Yakin deh, fotomu jadi semakin kece! Biar nggak ketinggalan momennya, kamu bisa menginap di dekat Bukit Gundaling, lho!


Cara menuju ke sini: bis (elf) jurusan Medan-Kabanjahe, angkutan kota, mobil, motor
Jam buka: 24 jam
Alamat: Jl. Letjen Jamin Ginting I, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara

Sekian ulasan singkat tentang "8 Tempat Wisata di Berastagi, Bisa Dikunjungi Dalam Sehari" apakah soabt gaul tertarik buat mengunjunginnya ?