Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Plaruga Langkat - 7 Gambar, Lokasi dan Tiket Masuk Wisata

Air Terjun Plaruga
Air Terjun Plaruga Langkat

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Sumut punya begitu banyak detinasi wisata yang indah dan menarik, kita dapat merasakan dan menikmati keindahan alam yang tidak kalah dari wisata-wisata lain yang ada di indonesia soabt gaul.

Salah satu destinasi wisata yang harus anda eksplore di Sumut adalah : Air Terjun Pelaruga yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami.

Destinasi wisata ini beralamat di Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara. Kalau soabat gaul suka dengan wisata di alam terbuka khususnya yang berhubungan dengan air, tempat yang satu ini harus anda kunjungi di hari rekreasi kamu.

Untuk menuju
ke Air Terjun Plaruga Langkat, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari kota Medan ke arah Langkat.

Setelah tiba di Langkat, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat atau motor ke arah kecamatan Batang Serangan. Dari sana, Anda akan menemukan jalan setapak yang harus diikuti untuk mencapai air terjun.

Air Terjun Plaruga
Air Terjun Plaruga Langkat

Selain menikmati keindahan alam, di sekitar Air Terjun Plaruga Langkat juga terdapat beberapa spot yang cocok untuk dijadikan tempat berkemah atau piknik bersama keluarga dan teman-teman. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya membawa barang bawaan yang ringan dan memadai karena jalur menuju air terjun cukup menantang.

Selain itu, pengunjung juga harus memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Air yang berada di Air Terjun Pelaruga ini pasti akan membuat kamu takjub. Dengan perpaduan warna kebiruan yang sangat jernih, para pengunjung yang datang pasti dibuat tidak sabar untuk cepat-cepat bermain di air terjun ini sobat gaul.

Destinasi wisata air ini juga lebih dikenal dengan sebutan Pelaruga karena terletak di Desa Rumah Galuh dan dijaga juga dilestarikan oleh salah satu komunitas pemandu alam yang bernama Pelaruga sobat gaul.
 
Air Terjun Plaruga
Foto Air Terjun Plaruga

Air Terjun Plaruga
Foto Air Terjun Plaruga

Tetapi, sebenarnya nama asli dari tempat ini adalah Air Terjun Teroh-teroh yang menurut Bahasa Karo artinya adalah ‘Bawah-bawah’ sobat gaul. Tempat ini dinamakan Teroh-teroh karena air yang ada disini berasal dari mata air yang sangat jernih dan bersih sobat gaul.

Di kawasan wisata ini pengunnjung akan mencoba melompat dari puncak tebing dan bercebur ke dalam air untuk mendapatkan sensasi menantang yang mungkin belum pernah mereka rasakan sobat gaul.

Anda juga bisa leluasa berendam dan menikmati segarnya air di Air Terjun Pelaruga sambil ditemani panorama alami di sekitar yang sangat hijau dan indah.
 
Air Terjun Plaruga
Foto Air Terjun Plaruga

Selain itu, buat sobat gaul yang ingin menguji nyali bisa melakukan body rafting, yaitu menghanyutkan diri di air untuk mengikuti alirannya yang mengalir sobat gaul.

Fasilitas di Air Terjun Pelaruga๐Ÿ’•

Fasilitas yang ada di obyek wisata Pantai Pidakan memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temui, seperti di antaranya adalah;
 
Air Terjun Plaruga
Foto Air Terjun Plaruga

:๐Ÿ‘‰: Lahan parkir
Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

:๐Ÿ‘‰: Warung makan
Bermain-main air dan menikmati sensasi pemandangan selama berjam-jam pastinya membuat perut sobat gaul lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar obyek wisata ini anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau di kantong.

:๐Ÿ‘‰: Gazebo Santai
Dengan dibangunnya gazebo-gazebo di wisata ini, sobat gaul bisa duduk-duduk dengan santai bersama keluarga sembari menikmati pemandangan air terjun yang jernih, pepohonan dan alam di sekitar yang asri dan sejuk.

:๐Ÿ‘‰: Penginapan
Di sekitar area obyek wisata Air Terjun Pelaruga, untuk anda yang butuh tempat menginap bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.
 
:๐Ÿ‘‰: Toilet umum
Salah satu sarana penting ini juga telah disediakan diwisata ini soabt gaul, jadi anda tidak usah repot-repot mencari toilet di luar area obyek wisata.
 
Air Terjun Plaruga
Air Terjun Plaruga

Hunting Foto di Air Terjun Pelaruga๐Ÿ’•

Saat anda sedang berlibur bersama dengan keluarga, teman-teman atau pasangan, pastikan untuk memasukan kamera ke dalam list barang bawaan anda karena siapa yang tidak mau mengabadikan berbagai pemandangan yang dapat anda temui sepanjang jalan.

Foto juga bisa menjadi kenang-kenangan berkesan ketika kamu sudah pulang nanti dari temapt wisata ini sobat gaul. Seperti saat anda berada di Air Terjun Pelaruga, wisatawan akan sangat dimanjakan dengan pemandangan yang natural, seperti air terjun yang mengalir melewati bebatuan, warna air yang kebiruan dan jernih, tanaman dan pepohonan di sekitar yang tumbuh dengan subur.

Hampir di setiap sudut dari destinasi wisata ini dapatmenjadi latar belakang foto yang indah dan Instagrammable untuk sosmed. Lalu anda juga dapat mengabadikan momen saat sedang berendam dan bermain air atau saat mencoba body rafting.
 
Air Terjun Plaruga
Air Terjun Plaruga

Air Terjun Plaruga adalah salah satu daya tarik wisata alam yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terletak di tengah hutan tropis yang indah.

Keindahan Air Terjun Plaruga tidak hanya terletak pada air terjun itu sendiri, namun juga pada sekitar alam yang menyelimuti air terjun. Wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan tropis yang hijau dan segar, serta suara air terjun yang gemuruh dan menenangkan.

Selain itu, di sekitar Air Terjun Plaruga juga terdapat beberapa lokasi untuk melakukan aktivitas seperti camping, trekking, dan berenang di sungai kecil yang mengalir dari air terjun. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan menikmati keindahan hutan tropis dan menikmati flora dan fauna yang ada di sekitar wisata ini.

Tak hanya keindahan alamnya saja, wisatawan juga bisa mencicipi makanan khas daerah sekitar  seperti Durian dan Rambutan yang terkenal enak dan lezat. Untuk menuju ke lokasi kalian harus melewati jalur perkebunan sawit yang cukup menantang, namun akan terbayar dengan keindahan alam yang begitu mempesona.

Air Terjun Plaruga
Taken by Mozes Pemandu Pelaruga

Cara Akses ke Air Terjun Pelaruga๐Ÿ’ข

๐Ÿ‘‰Via udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, anda langsung saja melanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua dengan rute : Jl. Tol Medan-Kuala Namu -> Jl. Tol Belmera -> Tj. Mulia -> Jl. Cemara -> Jl. Veteran -> Tol Medan-Binjai -> Jl. Megawati -> Jl. Lintas Sumatera -> Jl. Gajah Mada -> Jl. Diponegoro -> Jl. Cendrawasih -> Jl. Sei Lepan -> Jl. Jamin Ginting -> Jl. Namu Ukur Telagah

๐Ÿ‘‰Via laut : Sesampainya di Pelabuhan Belawan, anda langsung saja melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan rute : Jl. R. Pelabuhan -> Jl. Tol Belmera -> Tj. Mulia - Jl. Cemara -> Jl. Veteran -> Tol Medan-Binjai -> Jl. Megawati - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Gajah Mada - Jl. Diponegoro -> Jl. Cendrawasih -> Jl. Sei Lepan -> Jl. Jamin Ginting -> Jl. Namu Ukur Telagah

๐Ÿ‘‰Via darat : Dari pusat kota Medan, anda tinggal ikuti saja rute berikut ini : Jl. Guru Patimpus - Jl. Gatot Subroto -> Jl. Lintas Sumatera -> Jl. Gajah Mada -> Jl. Diponegoro -> Jl. Cendrawasih -> Jl. Sei Lepan -> Jl. Jamin Ginting -> Jl. Namu Ukur Telagah.

Air Terjun Plaruga
Taken by Mozes Pemandu Pelaruga

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Air Terjun Pelaruga๐Ÿ’•

Jam buka destinasi wisata ini adalah setiap hari sobat gaul, dari jam 08.00 sampai 17.00 sore. Dan biaya tiket masuknya adalah Rp. 10.000/orang saja sobat gaul.

Demikianlah informasi mengenai "Air Terjun Plaruga - 7 Gambar, Lokasi dan Tiket Masuk" apakah soabt gaul tertarik untuk mengunjunginnya ? jika ya, Happy holiday ya . . .๐Ÿ’—

Mejuah-juah...๐Ÿ’•