-->

Produk Pilihan

Kesing Karo

Produk Terbaru

Sawah Lukis, Destinasi Wisata Baru di Binjai - 9 Foto, Lokasi dan Tiket Masuk

Publikasi 15 Januari 2021

  

Karogaul.com - Di Binjai, Sumatera Utara, destinasi wisata berkonsep selfie dan alam memang sedang sangat berkembang. Baru-baru ini, ada satu destinasi yang baru buka di bulan Juli 2020 kemarin dan langsung viral terutama di media sosial instagram. Konon, salah satu stasiun TV swasta ternama juga ikut meliput tempatnya. Nama tempatnya sendiri adalah Sawah Lukis.sawah lukis 

Sawah Lukis beralamat di Gang San Asmat, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara. Untuk mencapainya harus sedikit melewati daerah perkampungan sebelum akhirnya menemukan area persawahan yang luas. Tetapi, inilah nilai jual utama dari Sawah Lukis. Ya, tempat ini langsung ramai karena menawarkan pemandangan dan beberapa spot foto dengan latar belakang persawahan. Tak heran Sawah Lukis bisa jadi destinasi wisata Binjai yang hits dalam waktu singkat.


Baca juga : Daya Tarik Villa Armina Tongging, Spot Terindah Menikmati Danau Toba

 

Begitu pun saya yang penasaran, akhirnya kemarin menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini. Dalam artikel ini akan saya ulas secara lengkap tentang Sawah Lukis, mulai dari tiket masuk, biaya parkir kendaraan, fasilitas, hingga kesimpulan yang meliputi kelebihan dan kekurangannya menurut opini saya. Stay tune!

 

Akses Lokasi dan HTM (Harga Tiket Masuk)

Pertama sekali yang perlu diketahui, area jalan masuk ke Sawah Lukis sebenarnya agak sempit dan cuma cukup untuk dilewati satu mobil. Kalau ada mobil datang dari arah berlawanan, kedua mobil harus saling minggir ke badan jalan untuk bisa lewat. Meski begitu, jalannya sendiri sudah dilapisi aspal yang mulus. Nah, kalau naik sepeda motor sepertinya tak ada masalah.


 

Mungkin karena masih baru, jadi tempat ini tidak memiliki area parkir yang memadai. Kendaraan pengunjung terparkir tidak rapi dan dijejerkan di pinggir-pinggir jalan. Bagi yang membawa mobil juga harus parkir setepi mungkin agar jalan utama masih bisa dilewati kendaraan lain. Untuk biaya parkirnya akan dikenakan Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.


Baca juga : Suasana Wisata T Garden Medan Mirip Seperti Wisata Pulau Dewata Bali


Sebelum masuk ke lokasi wisatanya, pengunjung harus antri di gate masuk dan memesan tiket di kasir. Di sini, tiket sudah termasuk dengan satu buah minuman. Untuk satu orangnya akan dikenakan biaya Rp 18.000 dan bisa memilih salah satu dari Ice Lemon Tea atau Ice Limau Sunday. Jika ingin minum air kelapa muda, biayanya menjadi Rp 20.000 untuk satu orang dan juga sudah termasuk tiket masuk. Mengingat ini adalah tiket masuk + minuman, saya kira biayanya terbilang cukup murah.

 

Ada Apa di Sawah Lukis?

Tempat ini dinamai Sawah Lukis karena ada sawah dengan dua warna yang berbeda. Ada satu bagian sawah dengan warna hitam dan menjadi satu bentuk yang berbeda. Selain itu, pengunjung dapat memilih berbagai macam spot foto dengan latar belakang sawah dan memilih beberapa pondok beratapkan anyaman untuk bersantai sambil menikmati minuman yang sebelumnya sudah diambil di gate masuk.


 

Oh, iya, minumannya sendiri diletakkan ke dalam corong bambu yang dipotong segenggaman tangan. Jadi, konsep alamnya akan sangat kental apalagi sambil bersantai di bawah pondok dengan view persawahan yang memanjakan mata. Selain itu, tempat ini juga aman dari polusi dan bising kendaraan.

 

Beberapa "gimmick" juga telah disediakan. Ada orang-orangan sawah yang dipakaikan kemeja dan ditempel gambar wajah salah satu artis korea, ada juga tulisan yang membentuk kata LOVE dengan ukuran cukup besar, keduanya bisa menambah alternatif sebagai spot untuk berswafoto.


Baca juga : Lakukan hal ini untuk mendapatkan uang dari jualan online via internet, Mulai bisnis dari #dirumahaja !

 

Satu yang menarik perhatian adalah gazebo besar yang dikhususkan untuk pengunjung VIP. Nah, kalian harus memesan makanan untuk menjadi pengunjung VIP dan bisa makan di dalam gazebo tersebut. Kelebihannya kalian bisa makan sambil menikmati pemandangan dengan sudut pandang berbeda dari dalam gazebo. 


Saya sendiri tidak memesan makanan tetapi sempat melihat harga beberapa menu makanannya, salah duanya adalah Nasi Campur (nasi putih, sayur, ikan asin, jengkol) yang harganya Rp 12.000 dan Ikan Sawah Goreng yang harganya Rp 15.000.

 

Saran saya, jangan datang ke sini ketika hari sedang panas. Malangnya saya datang pukul setengah dua siang saat matahari lagi terik-teriknya. Walaupun sedang panas, tapi tetap saja pengunjung yang datang lumayan ramai sampai-sampai saya harus menunggu pondok yang kosong untuk bisa berteduh.

 

Nah, satu lagi, menurut saya jumlah pondoknya masih kurang. Ada beberapa deret meja dengan atap payung namun sinar matahari masih menerpa badan saat matahari sedang terik. Jadi kalau datang ke sini lebih baik pagi-pagi sekali atau sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.


 

Di sini kalian juga bisa menyewa topi dengan biaya Rp 5.000. Jenis topi yang disediakan antara lain topi caping dan topi cantik untuk wanita. Selain bisa digunakan sebagai tambahan properti untuk berswafoto, sepertinya juga lumayan membantu untuk menghalau terpaan sinar matahari. Selain beberapa fasilitas tadi, pengelola juga sudah menyediakan tempat sampah di beberapa sudut dan satu bilik toilet yang lumayan bersih. Jadi lumayan lengkap.

 

Kesimpulan

Menurut saya, destinasi wisata di Binjai yang semacam ini adalah santapan empuk bagi orang-orang yang senang mencari spot foto menarik. Overall, beberapa fasilitas dan pelayanannya sudah lumayan baik walaupun tempatnya masih sangat baru. Hanya saya kira masih ada peluang untuk lebih dikembangkan baik dari segi fasilitas maupun pelayanannya.


Wisata Berastagi Pemandian Air Panas Pariban, Lokasi dan Harga Tiket Terbaru

 

Jika kalian tertarik untuk datang, Sawah Lukis buka setiap hari mulai pukul delapan pagi sampai dengan pukul enam sore. Tak perlu bingung untuk menuju ke lokasinya karena di google maps juga sudah ada titik yang akurat.

 

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mematuhi aturan protokol Covid-19 di mana pun berada. Pakai masker, bawa hand sanitezer, dan selalu jaga jarak dengan pengunjung lain. Dalam hal ini, pengelola Sawah Lukis juga telah menyediakan tempat cuci tangan khusus di depan gate masuk bagi setiap pengunjung yang masuk atau keluar.

 

Baiklah, sebagai penutup, saya akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Sawah Lukis sebagai destinasi wisata Binjai terbaru. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya menurut opini saya pribadi:

 

Wisata Karo : Taman Simalem Resort, Objek Wisata Karo Berlatar Danau Toba


Kelebihan

•Lokasinya tidak sulit ditemui

•Tiket masuk murah

•Harga makanan dan minuman terjangkau

•Jauh dari kebisingan kota

•Pemandangan bagus

•Banyak spot foto

•Fasilitas dan pelayanan masih berpeluang untuk dikembangkan

 


Kekurangan

•Area parkir kendaraan kurang memadai

•Pondoknya masih sedikit

•Kualitas rasa minuman standar (untuk makanan saya belum coba)

•Fasilitas untuk sekarang masih standar

 

Oleh : Irsyad Muhammad


TEMPAH KESING
BATAK, KARO & MANDAILING

Order via :
karo gaul
karo gaul instagram

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Artikel

Jasa Pengiriman
Bank Transfer
Copyright © 2020 |Karo Gaul
%0
%100
%17
%20
%25
%30
%40
%50
+0
+100
+1000
+10000
+10500
+12000
+150
+1600
+200
+2000
+250
+300
+3100
+350
+400
+4000
+50
+500
+550
$0
$100000
$12000
$120000
$1200000
$1400000
$150000
$1520000
$17000
$185000
$198000
$20000
$200000
$240000
$2400000
$250000
$2520000
$260000
$280000
$300000
$350000
$3600000
$40000
$400000
$42000
$440000
$50000
$500000
$52000
$60000
$600000
$7000
$70000
$700000
$750000
$800000
$97000
Alat Cuci Motor
APD
artikel
batak news
brando mamana
disinfektan
dompet
dompet custom
Face Shield
Hand Sanitizer
Helm
Helm Gaul
islam
Jaket
Jaket Karo
jam
jam custom
kampus
kaos
Kaos Batak
Kaos Karo
Kaos Kemerdekaan
karo artis
karo gaul
karo gokil
karo islam
karo kuliner
karo news
karo puisi
karo sejarah
karo sumatera
karo unik
KBB
Kesing
Kesing Batak
Kesing Batik
Kesing Jawa
Kesing Karo
Kesing Simalungun
Kesing Toraja
Kesing uang
Koas Karo
kolom
kopi
kopi bali
kurma
madu
makanan
masker
masker corona
masker custom
masker hijab
masker karo
masker scuba
maskes custom
minum
Minyak Karo
Mug
Mug & Tumbler
news
Photobook
Photobook Karo
Polaroid
pop socket
powerbank
powerbank batak
powerbank karo
produk
Promo
Q&A
Reseller
sandal
sandal karo
sandalcustom
singgamanik
tiger karo
Topi
topi coronar
Topi Karo
tumbler
Tumbuk lada
video
vintage
viral