Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Batu Katak Bahorok - 7 Foto, Lokasi dan Wahana

batu katak

Karogaul.com - Berbicara mengenai Binjai, mungkin yang langsung terbersit di pikiran adalah buah rambutan yang memang sangat terkenal. Namun selain buah rambutan, kawasan yang terletak di Provinsi Sumatera Utara tersebut juga memiliki beragam tempat wisata seru yang pas dijadikan spot liburan, salah satunya Batu Katak.


Lokasi Wisata Batu Katak
Sebenarnya wisata Batu Katak tidak terletak persis di Binjai. Destinasi ini tepatnya berada di Desa Batu Jonjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Meski begitu, lokasi wisata Batu Katak memang tidak begitu jauh dari Binjai. Bahkan Binjai menjadi rute alternatif yang bisa dilalui untuk menuju Batu Katak.


Jika Anda liburan menggunakan kendaraan pribadi, tempat wisata ini bisa Anda tempuh sekitar dua sampai tiga jam dari Kota Medan, dengan rute Medan-Pinang Baris-Binjai-Bahorok. Dari simpang empat Pasar Bahorok, perjalanan ke wisata Batu Katak berselang sekitar 8 km atau 30 menit berkendara dengan kecepatan kendaraan rata-rata 30 km per jam.
Apabila Anda bertolak dari Kota Medan memakai angkutan transportasi umum, seperti angkot dan bus pariwisata, Anda harus turun terlebih dahulu di simpang empat Pasar Bahorok. Di lokasi ini, terdapat papan nama atau plang di sebelah kiri jalan yang bertuliskan ‘Welcome to Objek Wisata Batu Katak’. Nah, Anda bisa melanjutkan perjalanan  memakai jasa ojek maupun becak dengan ongkos atau tarif sekitar Rp35.000 sekali perjalanan (tarif bisa dinegosiasikan).

Rute ke Wisata Batu Katak
Jika Anda berangkat dari Medan, bisa berhenti di Terminal Pembangunan Semesta, atau yang sering disingkat Bus PS, yang berada di Jalan TB Simatupang, Pinang Baris. Bila Anda berangkat dari Tembung, Lapangan Merdeka, atau dari Jalan Gatot Subroto, angkutan yang melewati Jalan TB Simatupang adalah Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) 65 dengan tarif sekitar Rp5.000.



Setibanya di terminal bus ini, Anda bisa menumpang bus, tetapi jangan lupa katakan pada sopir bahwa Anda akan turun di simpang empat Pasar Bahorok. Lalu, bayar ongkos sekitar Rp18.000 per orang. Untuk sampai ke lokasi tersebut, membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam. Setibanya di Pasar Bahorok, seperti disampaikan di atas, perjalanan ke Batu Katak dapat dilanjutkan dengan menumpang ojek.

Pesona dan Fasilitas Wisata Batu Katak
Nama Batu Katak sendiri konon memiliki sejarah atau kisah yang unik. Awalnya, Dusun Batu Katak adalah lahan pertanian dan perladangan yang didiami oleh beberapa keluarga. Suatu hari, ada dua orang nenek yang dari Dusun Batu Katak yang berangkat ke sungai untuk mencari udang dan ikan. Setelah sampai di sungai, mereka pun langsung berburu, tetapi salah seorang nenek tidak mendapatkan udang maupun ikan, namun batu yang mirip katak, yang akhirnya dibawa pulang.

Setibanya di rumah, si nenek pun membuat wadah (altar) untuk tempat batu katak tersebut, yang menyerupai sebuah mangkok. Pada malam harinya, si nenek bermimpi bertemu dengan seseorang berpakaian putih. Orang di dalam mimpi menyuruh si nenek untuk memberikan nama desa tersebut Dusun Batu Katak hingga sekarang.


Lalu, apa saja yang ditawarkan wisata Batu Katak kepada wisatawan? Masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, udara di kawasan ini terbilang sangat sejuk. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk pohon-pohon rindang dan bukit-bukit yang tinggi menjulang.
Di tempat wisata Batu Katak ini, Anda akan dimanjakan oleh panorama alam yang masih sangat alami dan belum terjamah oleh para perusak alam. Di tempat ini, pelancong dapat berkeliling memasuki gua-gua yang berupa lorong-lorong untuk melanjutkan perjalanan. Konon, di dalam gua tersebut sangatlah indah dan terang, membuat orang yang melihatnya tak berhenti menatap dan tak bosan untuk mengunjunginya.

Selain gua, wisata Batu Katak juga menawarkan aliran sungai yang cukup jernih. Di sungai ini, tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan diri bermain air atau berenang. Air sungai yang sangat segar tentunya dapat menjadi media yang tepat untuk menghilangkan penat atau stres akibat rutinitas atau kesibukan sehari-hari.
batu katak binjai

Untuk traveler yang doyan memacu adrenalin, pengelola pun menyediakan beragam wahana permainan yang menantang. Salah satu yang cukup digemari adalah flying fox. Wahana ini akan membuat wisatawan bergantung di tali dengan ketinggian 5 meter sampai 8 meter, lalu melintas di atas sungai pemandian wisata Batu Katak, dengan panjang lintasan mencapai 100 meter.


Harga Tiket Wisata Batu Katak
Untuk wisatawan yang ingin berwisata di tempat ini, akan dikenakan tiket masuk dengan harga mulai Rp3.000 per orang. Jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, akan dikenai tarif parkir sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda empat atau Rp5.000 untuk kendaraan roda dua. Nah, apabila ingin mengunjungi lokasi tertentu, seperti gua, akan dikenakan biaya tambahan.

Harga Tiket Wahana di Wisata Batu Katak
Wahana
Gua Jodoh
Rp 30.000 per orang
Gua Pupuk Mentar & Gua Mbelin
Rp 48.000 per orang
Gua Air
Rp 63.000 per orang
Gua Air & Rafting
Rp 152.000 per orang
Gua Batu Rijal & Gua Pintu Angin
Rp 63.000 per orang
Gua Batu Rijal & Gua Pintu Angin & Rafting
Rp 142.000 per orang
Rafting Simbelang ke Batu Katak
Rp 61.000 per orang
Rafting Batu Katak ke Lau Damak
Rp 103.000 per orang
Melihat Bunga Bangkai
Rp 34.000 – Rp35.000 per orang
Bunga Raflesia Pancur Molah Olah
Rp 40.000 per orang
Trekking Gunung Kapur
Rp 98.000 per orang
Sewa Ban
Rp 15.000 per orang
Flying Fox
Rp 25.000 per orang


Harga Penginapan di Wisata Batu Katak
Nah, untuk wisatawan yang ingin bermalam di kawasan wisata Batu Katak, tidak perlu khawatir. Pasalnya, pengelola juga telah menyediakan penginapan dengan tarif mulai Rp100.000 hingga Rp150.000 per malam, fasilitas kamar mandi, kipas angin, dan extra bed. Di samping itu, disediakan juga penyewaan tenda dengan biaya Rp20.000. [penginapan]


TEMPAH KESING KAMU
 BATAK - KARO - MANDAILING 

Order via :
karo gaul
karo gaul instagram