Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

Pagoda Tertinggi Se-Indonesia Ada di Tanah Karo, 5 Gambar Fasilitas dan Akses Lokasi

pagoda berastagi

Karogaul.com - Pagoda ialah tempat ibadah spesialnya untuk umat Buddha dengan arsitektur meninggi serta lancip yang megah nan unik. Sebagian tempat memanglah ada yang dibuka buat umum, salah satunya di Taman Alam Lumbini, Karo, Sumatera Utara.

Berbeda dengan yang lain, pagoda yang terletak di sini ialah yang paling tinggi di Indonesia sehingga memperoleh rekor MURI. Tidak hanya itu, masih terdapat hal menarik yang lain yang dapat Sahabat Traveler temukan. Penasaran apa saja? Dapat ikuti postingan di bawah ini ya!



Pagoda Taman Lumbini ini merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang berada di Bhurma, Myanmar. Bangunannya pun sangat indah dan megah karena dilapisi oleh cat berwarna emas. Memasuki kawasan Pagoda, pengunjung akan disambut dengan pintu dengan desain etnik hasil pahatan seniman di Myanmar.

Tempat ibadah ini juga menyimpan banyak relik yang merupakan sisa abu pembakaran orang sui dan diletakkan di atas bangunan pagoda. Para wisatawan selain agama Buddha boleh berkunjung dan berkeliling ke sini jika sedang tidak ada kegiatan ibadah.

 

Mendapat Rekor MURI

Pagoda Tertinggi Se-Indonesia Ada di Tanah Karo

Nama Lumbini sendiri diambil dari nama tempat Siddharta Gautama yang lahir di Nepal. Pagoda ini berdiri di atas lahan seluas 3.000 hektar. Memiliki ketinggian 46,8 meter dengan panjang dan lebar sekitar 68 meter, membuat tempat ini mendapatkan Rekor MURI sebagai Pagoda tertinggi yang ada di Indonesia.

Hal istimewa lainnya adalah terdapat puluhan lonceng sebagai hiasan yang ketika tertiup angin akan mengeluarkan suara yang indah. Pagoda ini selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya, mereka dapat dengan bebas menikmati keindahan bangunan dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

 
Keindahan Selain Pagoda



Tak hanya keindahan pagoda saja yang bisa dinikmati wisatawan, mereka juga dapat mengagumi suasana di sekitar bangunan. Untuk menuju Taman Alam Lumbini, Teman Traveler harus terlebih dahulu melewati jembatan gantung untuk penyeberangan. Jembatan gantung ini lebih dikenal dengan nama Titi Lumbini dan memiliki panjang sekitar 20 meter.

Wisatawan dapat dengan bebas melihat taman dengan bunga-bunga cantik yang berada di bawah jembatan. Pengunjung juga diberi pengetahuan mengenai beberapa tanaman tersebut karena terdapat papan keterangan.



Lokasi dan Rute



Pagoda Taman Lumbini berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Sumatera Utara. Berada di kawasan pedesaan, tempat ibadah satu ini memiliki pemandangan yang asri dan udara yang sejuk. Jika berangkat dari kota Medan akan membutuhkan waktu selama 2 hingga 3 jam untuk sampai ke Berastagi.

Bagi yang menggunakan transportasi umum, Teman Traveler bisa menggunakan angkutan umum dengan arah ke Tugu Buah Jeruk. Setelahnya berjalan kaki selama 30 menit untuk sampai ke Taman Alam Lumbini.



Indonesia memiliki keberagaman budaya yang melimpah dan menarik untuk dibahas. Tidak sedikit pula tempat ibadah yang sangat cantik sehingga mengundang banyak wisatawan untuk melihat lebih dekat. Jadi tertarik untuk mengajak teman atau keluarga untuk menyaksikan sendiri keindahan Taman Alam Lumbini?

VIDEO