Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemandian Bah Damanik, 7 Gambar dan Daya Tarik Wisata



Karogaul.com - Salah satu pemandian paling hits saat ini di Kab. Simalungun adalah Pemandian Bah Damanik atau sering disebut Aek Manik. Pemandian ini memiliki air yang bening dan hamparan pasir putih yang berkilau dari dasar kolam.

Pemandian ini banyak dikunjungi wisatawan karena airnya memang jernih bak kaca, selain itu tempat ini juga dikelilingi pohon-pohon hijau sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama disini karena udaranya yang selalu segar dan tidak panas.

Pemandian Bah Damanik

Berikut ini adalah beberapa refrensi yg kami rangkum secara umum yg bisa kamu tinjua atau baca sebelum berkunjung ke tempat ini :

Lokasi Wisata

Wisata Pemandian Bah Damanik berlokasi di kawasan perkebunan teh PTPN Sidamanik, tepatnya berada di Desa Hutan Lama, Kec.Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumatera Utara. atau bisa di lihat dari Google Map.



Jam Buka Wisata
Jam operasional wisata ini dibuka dari hari Senin sampai Minggu, jam 06.00 pagi sampai dengan jam 20.00 malam. Khusus untuk malam minggu pemandian ini dibuka selama 24 jam penuh.

Harga Tiket
* Tiket masuk dan parkir Pemandian Bah Damanik :
* Tiket masuk anak-anak : Rp. 2.000/anak
* Tiket masuk dewasa : Rp. 5.000/ orang
* Tiket parkir : Rp. 15.000

Pemandian Bah Damanik

Fasilitas Bah Damanik
Fasilitas yang ada di Pemandian Bah Damanik diantaranya:
* Tempat parkir yang luas
* Warung makanan/minuman
* Toilet/kamar mandi
* Gazebo
* Kapal Rakit-rakitan

Jarak tempuh Wisata
Jika kamu dari Kota Medan maka jarah yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini kurang lebih berkisar 150 kilometer, sedangkan jika kamu dari Kota Pematangsiantar hanya butuh waktu 1 jam untuk sampai ke pemandian ini atau berkisar 40 kilometer.

Pemandian Bah Damanik

Untuk menuju pemandian bah damanik dari kota Medan, kita dapat menaiki bus yang tujuan trayeknya ke Pematangsiantar seperti bus intra atau sejahtera. Sesampai di Pematangsiantar lanjut lagi dengan kendaraan angkutan umum yang trayek jalurnya Pematangsiantar ke Sidamanik.

Perjalanan ini butuh waktu berkisar waktu 30 menit, sesampai di lapangan desa hutan lama atau pasar sidamanik, baru masuk ke jalan siamatahuting sejauh kurang lebih 1 kilometer. Bila bertemu dengan simpang tiga silahkan belok ke arah kanan dan temukan petunjuk jalan ke lokasi pemandian bah damanik.



Lokasi wisata ada dibawah, sehingga pengunjung harus menuruni anak tangga untuk mencapai pemandian bah damanik. disini kamu akan disambut oleh air berwarna biru jernih dan sejuk tentunya.

Daya Tarik & Atifitas Wisata
Ada pun beberapa daya tarik dan aktifitas wisata Pemandian Bah Damanik yang perlu kamu ketahui seperti seperti:


a. Kolam Bening
Kolam pemandian yang ada di Bah Damanik ini ada beberapa kolam seperti kolam atas dan kolam bawah. Airnya setiap kolom pun sangat jernih juga bersih.

Kolam di bagian atas dihiasi dengan air terjun mini yang berundak-undak, selain itu terdapat juga tempat duduk-duduk di atas aliran airnya. so... pasti suasananya lebih tenang karena keadaan alamnya pun masih sangat alami dan terjaga dengan cukup baik.


b. Berenang
Hal yang tak boleh kamu lewatkan tentu saja berenang dan menikmati segarnya air kolam menyentuh badanmu. Kolam pemandiannya tak begitu dalam, hanya setinggi dada orang dewasa saja.

Untuk anak-anak masih aman untuk ikut bermain air di kolam ini, kolamnya dihiasi dengan bebatuan alami dipinggiran kolam dan air terjun mini yang sangat unik. Jika dilihat dari atas akan nampak seperti sebuah lukisan yang Indah.

c. Bermain rakit
Di kolam bagian bawah terdapat sebuah rakit yang dapat kamu gunakan untuk menambah keseruan ketika sedang bermain air atau mungkin juga hanya untuk sekedar berfoto selfie.



Rakit tersebut hanya dapat melaju dengan cara menggunakan tanganmu sebagai dayungnya, dayunglah terus hingga menuju area yang kamu inginkan.

d. Bersantai sambil memberi makan ikan
Kamu dapat bersantai di gazebo di sekitar area pemandian Bah Damanik, di sini terdapat sebuah kolam ikan yang berisikan berbagai jenis ikan dengan ukuran yang cukup besar. Kamu bisa donk kasih makan ikan-ikan besar ini biar gak laper.Hunting Spot Foto

e. Hunting Foto
Keindahan alam pemandian Bah Damanik harus kamu abadikan dalam sebuah foto atau video, lalu kamu posting di media sosial mu untuk memperkenalkan wisata ini ke banyak orang tentunya.

Ket : Bahan artikel dan foto disadur dari berbagai website - website wisata terkenal dan diolah sedemikian rupa oleh tim Karo Gaul.