Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk Mendaki Gunung Galunggung, Kamu Harus Menaiki 620 Anak Tangga

Gunung Galunggung

Karogaul.com - Apakah sobat gaul sedang merencanakan berwisata di akhir pekanini bersama keluarga? Nah, jika kamu ingin berlibur, Tasikmalaya adalah salah satu destinasi wisata yang tepat untuk kamu kunjungi. Ada cukup banyak ide wisata yang begitu menarik di Tasikmalaya. Salah satu yang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat adalah Gunung Galunggung.

Nah, penasaran dengan wisata apa yang tersimpan di gunung ini? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini untuk inspirasi rekreasi kamu. 

mendaki gunung galunggung

Alamat, Rute & Cara Menuju
Lokasi dan Alamat Lengkap: Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
Akses Jalan: Mudah ditemukan dan jalan cenderung sempit
Jam Buka: Setiap hari
Petunjuk: Google Maps

Letak Gunung Galunggung yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat perjalanan menuju ke destinasi wisata ini bisa semakin mudah. Nah, untuk perjalanan, ada beberapa rute yang bisa kamu gunakan. Salah satu rute utama menuju ke gunung ini adalah melalui Kota Tasikmalaya. Dalam hal ini, jika kamu berangkat dari Kota Tasikmalaya, maka langsung saja menuju Indihang dan kemudian ke Sukaratu.

mendaki gunung galunggung

Sedangkan untuk pendakian, ada dua jalur pendakian yang disediakan. Jalur pertama adalah jalur wisatawan. Dengan jalur ini, kamu hanya perlu melewati sekitar 620 anak tangga untuk sampai ke puncak. kamu akan dimanjakan dengan sejuknya udara yang berhembus.

Untuk jalur pendakian kedua, kamu bisa melalui jalur pembuangan air. Jalan untuk jalur pendakian Gunung Galunggung kedua ini lebih terjal dan ekstrim. Namun, pemandangan alam yang menghiasi setapak jalan wisata Gunung Galunggung ini lebih eksotis daripada jalan pertama.

Fakta Menarik (Fun Facts) Sejarah

mendaki gunung galunggung

Galunggung merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif yang berada di Jawa Barat, tepatnya di daerah Tasikmalaya. Secara detail, lokasi Gunung Galunggung berada sekitar 17 kilometer saja dari pusat kota Tasikmalaya sehingga pengunjung akan cukup mudah untuk menuju ke gunung ini.

Ketinggian Gunung Galunggung adalah sekitar 2.167mdpl yang menjadikannya sebagai salah satu gunung berapi yang tertinggi di Indonesia. Nah, dalam cerita sejarah Gunung Galunggung, gunung ini sempat meletus dengan hebat pada tahun 1822. Letusan tersebut menewaskan sekitar 4 ribu jiwa.



mendaki gunung galunggung

Selain itu, wisata Galunggung juga pernah meletus pada tahun 1894 dan tahun 1982lho sobat gaul. Letusan tahun 1982 adalah letusan terakhir yang juga paling berdampak. Hal ini dikarenakan letusan menghempaskan abu dengan jangkauan sekitar 20 kilometer ke udara. Tetapi, setelah letusan tersebut, status G. Galunggung kini aktif normal.

Selain letusan, gunung ini juga akrab dengan cerita mistis atau misteri. Cukup banyak cerita misteri Gunung Galunggung, terutama tentang pesugihan yang muncul sobat gaul. Namun, cerita tersebut tentu saja tidak bisa dipastikan kebenarannya karena tak ada data yang bisa dibuktikan.

Pendakian dengan Anak Tangga

mendaki gunung galunggung

Meskipun memiliki sejarah letusan yang bisa dikatakan cukup kelam, namun gunung ini juga memberikan spot wisata yang cukup asri dan indah. Bagi kamu yang suka mendaki gunung, Galunggung termasuk gunung yang bisa kamu daki. Nah, ada tangga yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan pendakian.

mendaki gunung galunggung

Kalau sobat gaul melakukan pendakian, maka kamu tentu akan menemukan keindahan hakiki di puncak gunung ini. di kelilingi Hamparan bukit rindang yang hijau dan hembusan angin gunung yang sejuk tentu akan memberikan ketenangan bagi diri kamu.

Menikmati Pemandian Air Panas

Setelah capek mendaki gunung, tak ada salahnya untuk menjajaki pemandian Cipanas. Dimana Kamu akan menemukan kolam dengan air hangat dari sumber yang alami. Udara dingin selama berada di ketinggian bisa disiasati dengan berendam air panas di Cipanas Galunggung.
Kawah di Gunung Galunggung

mendaki gunung galunggung

Selain keindahan gunung, Galunggung juga memiliki kawah yang begitu indah. Kawah Galunggung termasuk yang cukup sering dikunjungi dan menjadi spot foto yang eksotis. Nah, di dekat kawah, terdapat danau hijau yang cantik serta pemandian air panas. Kedua objek ini turut menjadi destinasi wisata menarik yang sayang dilewatkan.

Fasilitas Wisata Galunggung

mendaki gunung galunggung

Fasilitas Umum: Area parkir, mushola, toilet, warung dan kios souvenir
No Telepon: –

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola gunung ini bisa dikatakan masih cukup terbatas. Memang, di sekitar tempat masuk terdapat kamar mandi umum dan mushala, namun jumlahnya terbatas. DI sisi lain kamu bisa menemukan cukup banyak kios makanan dan oleh-oleh. Jadi, untuk ketersediaan makanan, kamu tidak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk (HTM)
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000 / Orang
Biaya Parkir: Rp. 5.000 untuk Motor
Lain – Lain: Rp. 10.000 untuk Pemandian Cipanas

mendaki gunung galunggung

Buat menikmati keindahan Gunung Galunggung Tasikmalaya, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Namun, ketika sobat gaul juga ingin menikmati wahana lain seperti pemandian air panas yang ada di dekat kawah Gunung Galunggung, maka kamu harus membayar lagi sebesar Rp. 10.000.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Gunung Galunggung dan melakukan pendakian untuk menikmati keindahannya, mendaki di waktu sore untuk berburu sunset merupakan waktu terbaik. Namun, sobat gaul juga bisa melakukan pendakian di malam hari untuk mencari sunrise yang indah.