-->

Produk Pilihan

Kesing Karo

Produk Terbaru

6 Potret Pesona Landak River di Langkat, Wisata Alam di Tengah Hutan Tropis

Publikasi 4 Juni 2021


Karogaul.com - Landak River atau Sungai Landak salah satu destinasi wisata alam yang menyegarkan di Langkat. Sungai di tengah hutan tropis dengan pemandangan yang menawan dan air yang jernih dijadikan tempat berkemah favorit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Lawang, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatra Utara.


Sumatera Utara memiliki daya tarik tersendiri khususnya di bidang pariwisata. Selain Danau Toba yang terkenal, banyak lokasi wisata yang masih belum diketahui masyarakat luas dan perlu di explore kembali, salah satunya yakni Landak river. Terletak tak cukup jauh dari ibu kota provinsi, sungai ini menjadi salah satu alternatif untuk berlibur dan melepas penat serta rehat sejenak dari rutinitas perkotaan.

Poin utama dari wisata sungai yang ditawarkan oleh Landak river ini adalah kealamian dan keasrian sungai yang dipadu padankan dengan fasilitas-fasilitas umum yang nyaman digunakan apabila Anda pergi berlibur bersama keluarga. Suasana di sekitar sungai juga masih terjaga, yakni berupa hutan hijau bagian dari Taman Nasional, perkebunan dan beberapa satwa yang terlihat melintasi kawasan.

Air sungai berwarna hijau kebiruan, aliran air sungai yang tenang, kerikil dan batu-batuan kali nampak jelas terlihat dari bibir sungai. Mengingat sungai ini memiliki kualitas air yang sangat jernih. Anda akan merasa rileks dan segar kembali saat mencoba untuk berendam dan bermain merasakan dingin nya air sungai. Cukup segar,namun tidak menusuk.

Daya Tarik yang Dimiliki Landak River
Image Credit: Google Maps (Teras Nadtoka)

1. Air Sungai yang Jernih
Wisatawan yang datang kebanyakan berasal dari dalam negeri, namun tak jarang wisatawan mancanegara yang sedang berlibur ke Sumatera Utara juga sesekali mengunjungi tempat ini. Pengunjung yang datang pasti akan terpesona dengan kejernihan air sungai. Namun pengunjung harus berhati-hati saat memasuki musim hujan karena air sungai akan mengalami kenaikan debit, bebatuan dan tanah menjadi sangat licin.

2. Hutan dan Ekosistem Sekitar yang Masih Asri
Wisata DAS (Daerah Aliran Sungai) ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi dan bersantai karena ekosistem dan vegetasi sekitar sungai masih terjaga. Lokasi ini jauh dari pemukiman sehingga tidak ditemukan sampah di sekitar sungai. Pepohonan yang tumbuh di sepanjang aliran sungai juga rindang sehingga lokasi ini lebih sejuk dan tidak gersang.

Di pinggiran sungai juga terdapat goa-goa kecil yang sangat unik dan wajib untuk dikunjungi apabila Anda penasaran. Gua-gua yang berada di sekitar lokasi sungai adalah Gua Batu Kapal, Batu Payung, Gua Kampret, dan Gua Gong. Menjelajah gua dapat menjadi aktivitas selingan barangkali ingin menambah daftar kegiatan saat berekreasi di kawasan Landak River.



3. Makan Sambil Menikmati Aliran Sungai
Tempat wisata ini mulai booming sejak tahun 2018, pihak pengelola lokasi wisata menambahkan beberapa fasilitas seperti meja-meja makan yang diletakkan ditengah aliran sungai. Bahkan kawasan ini sempat menjadi daerah wisata yang sedang dicari-cari di sosial media. Wisatawan yang ingin merasakan makan sambil bertelanjang kaki dan merasakan sapuan air sungai wajib mengunjungi tempat ini.

Aneka jajanan dan kuliner yang dijual di sekitar lokasi dapat dibeli menggunakan kupon yang berupa kayu. Cara pemesannya cukup unik, namun beberapa stan lain juga masih bertransaksi secara manual. Hidangan yang disajikan juga bermacam-macam diantaranya nasi urap atau pecel, gulai umbut ayam kampung, ikan bakar, es cendol, es kelapa, hingga snack kemasan dan jajanan basah.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Sungai Landak
Image Credit: Facebook.com @muhammad.nursidiq.9

Apabila Anda ingin mengunjungi Landak River, tempat wisata ini tak jauh dari ekowisata Bukit Lawang. Perjalanan menuju lokasi ini tidaklah mudah. Karena akses menuju sungai belum terkelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Alamat lengkapnya terletak di Desa Tampiraya, Kec. Bahorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara. Lokasi ini, masih termasuk bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Dari Kota Medan, kita menempuh perjalanan kurang lebih 2-3 jam untuk bisa sampai. Akses jalan dari kota medan dan rute yang bisa ditempuh bisa melewati Medan- Binjai – Namu mbelin. Selanjutnya tinggal ke arah bukit lawang melewati jalan binjai – jalan lintas bahorok – jalan bukit lawang.

Apabila Anda sudah sampai di indomaret sampe raya, lurus sedikit hingga simpang bukit lawang, kemudian ambil ke kiri. Perjalanan menuju lokasi sebenarnya dapat ditempuh menggunakan mobil, namun di beberapa titik Anda harus turun dan berganti kendaraan dengan roda dua karena akses jalan yang begitu sempit.



Tersedia biaya tambahan apabila Anda ingin menggunakan jasa tambahan berupa ojek motor, yakni Rp 20.000 untuk harga satu kali perjalanan. Pastikan Anda memiliki persediaan bensin yang cukup serta kondisi ban kendaraan yang prima.

Karena perjalanan Anda akan terasa seperti adventure. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati berbagai macam perkebunan seperti kelapa sawit, dan perkebunan karet. Kerikil dan batu-batuan jalan tak jarang membuat ban motor menjadi licin hingga selip.

Momen yang lebih menantang adalah saat Anda melewati jembatan gantung dari kayu untuk dapat melewati sungai besar. Perlu kestabilan dan fokus yang ekstra agar dapat membawa motor melintasi jembatan. Hati-hati saat angin sedang bertiup. Sebaiknya Anda mempertimbangkan apabila ingin membawa anak dibawah umur mengingat akses jalan yang tidak bersahabat.

Harga yang ditawarkan cukup murah, dibanderol dengan Rp 5.000 saja Anda dapat merasakan wisata alam yang menyegarkan. Bagi yang berniat untuk melakukan piknik ataupun hanya sekedar santai bersama keluarga di sekitar sungai, Anda tidak perlu risau karena disana terdapat persewaan tikar yang dapat digunakan sepuasnya dengan membayar lima puluh ribu rupiah.

Biaya parkir motor sekitar lima ribu rupiah untuk sekali masuk area, jadi Anda tidak perlu takut motor Anda kepanasan atau kemalingan. Karena tempat parkir yang terdapat di lokasi memiliki penutup yang terbuat dari bambu dan jerami untuk melindungi motor pengunjung. Petugas parkir juga siap siaga dalam mengawasi kendaraan pribadi milik wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Landak RiverImage Credit: Twitter.com @pariwisatasumut

Berbagai macam kegiatan menarik dan aktivitas yang berkaitan dengan alam maupun olahraga dapat dilakukan di tempat ini. Karena wisata Landak River merupakan tempat wisata yang terbuka dan menyatu dengan alam.

1. Camping di Tepi Sungai
Kegiatan mendirikan tenda atau camping tidak dapat dilakukan di sembarang tempat apalagi di pinggiran sungai. Terkadang tempat wisata yang berada di sekitar sungai tidak memiliki izin untuk mendirikan tenda dikarenakan arus sungai yang deras. Berbeda dengan wisata sungai Landak River, pihak pengelola mengizinkan pengunjung melakukan camping di tepian sungai.

Arus sungai yang tidak terlalu deras, serta tepian sungai yang cukup luas memungkinkan wisatawan untuk bermalam di kawasan. Bayangkan betapa sejuknya bila menginap di pinggir sungai sambil mendengarkan gemercik air ditemani sinar bulan bersama keluarga maupun teman-teman.

Pengunjung tidak perlu khawatir akan gigitan nyamuk, karena disini jarang sekali terdapat nyamuk berterbangan. Berbaring diatas tikar sembari memandangi langit dan menikmati suara air akan menciptakan nuansa liburan yang santai dan menyatu dengan alam.

2. Menginap di Penginapan Terdekat
Jika Anda datang dengan keluarga besar, atau hanya ingin bermalam dengan aman dan nyaman. Opsi menginap di bangunan permanen seperti homestay atau cottage dapat menjadi pilihan. Tak jauh dari daerah wisata dengan berjarak sekitar seratus meter hingga satu koma sembilan kilometer terdapat banyak pilihan penginapan dimulai dari harga Rp 50.000 – Rp 350.000.

Tentu saja semakin dekat jarak penginapan, harga yang harus dibayar per malam semakin mahal. Akan tetapi, harga tersebut sesuai dengan suasana dan pelayanan yang Anda dapatkan. Uniknya penginapan-penginapan yang berada di sekitar sini memiliki desain bangunan etnik dengan material kayu atau bambu serta atap jerami. Gaya bangunan juga menyerupai rumah-rumah tradisional Sumut.



3. Aktivitas Air
Bosan dengan berenang dan bermain air di tepian sungai? mungkin aktivitas air lainnya seperti tubbing ini patut Anda coba. Dengan menggunakan pelampung, wisatawan dapat bersantai menikmati arus sungai dan mengapung sambil menikmati suasana wisata Landak River yang masih segar. Pengunjung juga dapat membawa perlengkapan aktivitas air lain seperti kaca mata renang, atau pelampung dari rumah.

Agar foto wisata lebih estetik dan menarik, pengunjung dapat membawa aksesori untuk berfoto sendiri seperti topi, kacamata atau bean bag. Usahakan untuk mengunjungi lokasi ini saat tidak hujan atau musim kemarau,agar pengunjung dapat melihat gradasi warna sungai dengan jelas dan daerah sekitar sungai tidak berlumpur.



4. Jelajah Hutan
Wisata jelajah alam juga dapat Anda nikmati saat berwisata ke tempat ini. Karena masih termasuk kawasan konservasi, maka area sekitar sungai dilindugi dan masih berbentuk hutan. Apabila pengunjung ingin mencoba sensasi menjelajah hutan sungai, Anda dapat menyewa guide lokal untuk mengantarkan Anda berpetualang.

Perihal harga pengunjung dapat bernegosiasi dengan warga lokal yang bersangkutan. Mengunjungi hutan setelah berwisata air akan memberikan nuansa yang berbeda, serasa mengunjungi berbagai macam tempat dalam satu waktu.

5. Mengunjungi Kebun Buah
Bagi yang ingin mengajarkan edukasi kepada anak dengan ekowisata, mengunjungi perkebunan dapat dijadikan list untuk melengkapi destinasi wisata Anda. Di sekitar Landak River¸ Anda dapat menemukan berbagai macam kebun buah diantaranya kebun durian, kebun cempedak bahkan kebun bambu. Pasti sangat menyenangkan apabila dapat mencicipi hasil panen dengan menikmati suasana alam sambil bersantai di pinggiran sungai.

Fasilitas yang Tersedia di Landak River LangkatImage Credit: Google Maps (Calvin Sukma Nugraha)

Dari tahun ke tahun fasilitas yang berada di area wisata Landak River mengalami peningkatan. Toilet umum disediakan untuk memenuhi kebutuhan MCK pengunjung. Cukup membayar dengan harga lima ribu rupiah saja, pengunjung dapat berkali-kali memakai toilet yang telah disediakan. Tempat ibadah seperti mushola juga disediakan pihak pengelola.

Karena salah satu daya tarik dari tempat ini adalah makan sambil menikmati dinginnya aliran air sungai,tentu saja warung makan dengan mudah ditemukan disini. Selain itu, pengunjung dapat membawa buah tangan berupa souvenir karena kawasan ini juga menyediakan toko-toko souvenir. Seru sekali dapat berwisata alam sekaligus bersantai ria dan membawa oleh-oleh dari lokasi wisata.

Mengunjungi tempat wisata alam yang masih asri dan sejuk memerlukan sedikit perjuangan. Lelah akan perjalanan akan terbayarkan bila destinasi yang kita tuju ternyata sangat menyenangkan. Seperti wisata alam Landak river ini memiliki pesona air jernih dan nampak berwarna hijau kebiruan apabila dilihat dari atas. Membuat wisatawan tidak sabar untuk menceburkan diri dan berenang ke dalam sungai.

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Artikel

Jasa Pengiriman
Bank Transfer
Copyright © 2020 |Karo Gaul
%0
%100
%17
%20
%25
%30
%40
%50
+0
+100
+1000
+10000
+10500
+12000
+150
+1600
+200
+2000
+250
+300
+3100
+350
+400
+4000
+50
+500
+550
$0
$100000
$12000
$120000
$1200000
$1400000
$150000
$1520000
$17000
$185000
$198000
$20000
$200000
$240000
$2400000
$250000
$2520000
$260000
$280000
$300000
$350000
$3600000
$40000
$400000
$42000
$440000
$50000
$500000
$52000
$60000
$600000
$7000
$70000
$700000
$750000
$800000
$97000
Alat Cuci Motor
APD
artikel
batak news
brando mamana
disinfektan
dompet
dompet custom
Face Shield
Hand Sanitizer
Helm
Helm Gaul
islam
Jaket
Jaket Karo
jam
jam custom
kampus
kaos
Kaos Batak
Kaos Karo
Kaos Kemerdekaan
karo artis
karo gaul
karo gokil
karo islam
karo kuliner
karo news
karo puisi
karo sumatera
karo unik
KBB
Kesing
Kesing Batak
Kesing Batik
Kesing Jawa
Kesing Karo
Kesing Simalungun
Kesing Toraja
Kesing uang
Koas Karo
kolom
kopi
kopi bali
kurma
madu
makanan
masker
masker corona
masker custom
masker hijab
masker karo
masker scuba
maskes custom
minum
Minyak Karo
Mug
Mug & Tumbler
news
Photobook
Photobook Karo
Polaroid
pop socket
powerbank
powerbank batak
powerbank karo
produk
Promo
Q&A
Reseller
sandal
sandal karo
sandalcustom
singgamanik
tiger karo
Topi
topi coronar
Topi Karo
tumbler
Tumbuk lada
video
vintage
viral