Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Wisata Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup



Karogaul.com - Geliat wisata di Jawa Tengah tampaknya terus meroket. Terbukti dengan hampir setiap tahunnya terdapat wisata baru yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Bagi kamu yang tengah mencari referensi wisata di Jawa Tengah, tak ada salahnya nih menengok beberapa referensi tempat wisata yang tengah viral ini. Ingin tahu apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

1. Nepal van Java (Kaliangkrik, Kabupaten Magelang)
instagram.com/folkindonesia/awaneko20

Di tahun 2020 ini, nama Nepal van Java mulai banyak dibicarakan orang, pesona pemandangannya yang indah menjadikan banyak pengunjung ingin datang dan menyaksikan sendiri pemandangan yang digadang-gadang mirip seperti di Nepal. Tempat hits yang satu ini berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Tidak hanya disuguhi pemandangan yang luar biasa, kamu juga berfoto di tempat selfie yang telah disediakan, atau berfoto di ikon Dusun Butuh yakni naga. Nepal van Java dibuka mulai pukul 07:00–17:00, dan tiket masuk yang ditetapkan pengelolanya hanya Rp8 ribu saja, lho. Murah sekali bukan?

2. Candi Plaosan
instagram.com/candiplaosan

Candi Plaosan adalah sebuah candi yang berada di Dukuh Plaosan, Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi Plaosan merupakan momumen cinta yang dibagun oleh Rakai Pikatan untuk istrinya yakni Pramodyawardani.

Ia membangun candi ini sebagai bukti bahwa cinta mampu mempersatukan kedua perbedaan. Rakai Pikatan merupakan seorang Hindu sementara istrinya Pramodyawardani merupakan pemeluk Buddha.


Maka tak heran jika wujud Candi Plaosan berupa bangunan pemujaan Buddha dengan sentuhan arsitektur Hindu. Kamu juga bisa menyaksikan sendiri betapa Rakai Pikatan mencintai istrinya lewat relief yang terdapat di sekitar Candi.

Apabila kamu berniat ingin melihat saksi cinta Rakai Pikatan dan Pramodyawardani sekaligus kilas balik sejarahnya datang saja ke Candi Plaosan karena kamu cukup mengeluarkan Rp3 ribu saja. Obyek wisata ini mulai beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

3. The Lawu Park
instagram.com/the_lawupark

Jika kamu ingin menikmati wisata bersama keluarga, tak ada salahnya kamu bertandang ke The Lawu Park yang berada di daerah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Kawasan ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang indah melainkan, kamu juga bisa menikmati beragam aktivitas wisata alam lainnya.



Obyek yang diresmikan tahun 2018 ini bisa dibilang sangat ramah keluarga, lho. Pasalnya obyek wisata ini memiliki aneka fasilitas seperti outbond, playground, restoran, camping ground, penginapan, bahkan tempat selfie yang membuatmu seperti tengah berada di kawasan bersalju sekalipun.

Untuk harga tiket masuk, kamu akan dimintai sebesar Rp15 ribu saja. Namun, bila kamu ingin menikmati fasilitas lain seperti outbound atau menginap tentu akan ada biaya tambahan lainnya. The Lawu Park buka mulai pukul 07.30–22.00. Tertarik ingin coba?

4. Svargabumi
instagram.com/svargabumi

Pernah terbayang nggak sih ada spot wisata di tengah sawah? Jika kamu penasaran seperti apa datangi saja Svargabumi yang tereltak di daerah Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Di sana kamu tidak hanya akan menikmati keindahan panorama sawah yang indah, melainkan juga kamu bisa mengambil beberapa gambar di spot-spot selfie yang telah disediakan. Unik dan estetik sekali, lho!



Spot selfie yang disediakan pun berbeda dengan yang sering dijumpai pada umumnya. Jika di Svargabumi dibuat dengan sentuhan modern, lho. Tertarik ingin kesana?

Catat jam operasionalnya, ya. Svargabumi mulai beroperasi pukul 08.00–17.00. Pengelola Svargabumi juga hanya menetapkan tiket masuk sebesar Rp15 ribu untuk anak-anak, dan Rp25 ribu untuk orang dewasa.

5. Dusun Semilir
instagram.com/dusunsemilir

Sejak pertama kali dibuka, obyek wisata yang satu ini memang sudah langsung viral dimana-mana karena bentuk stupa uniknya yang mirip candi. Seolah tak berhenti berinovasi pengelola Dusun Semilir terus mengembangkan kawasan ini menjadi lebih beragam fasilitas dan wahana.

Ada beragam aktivitas baru yang bisa coba kamu lakukan di sini diantaranya naik perosotan warna-warni, merasakan sensasinya naik trem, berfoto ala di Eropa bahkan kamu bisa menyusuri sungai dengan naik gondola. Wah, seru sekali, kan?



Bila kamu ingin mencoba menikmatinya datang saja ke Dusun Semilir yang terletak di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang yang letaknya tak jauh dari exit tol Bawen – Semarang.

Tiket masuknya sebesar Rp20 ribu saja, namun disediakan pula tiket terusan yang selalu di update melalui akun instagram mereka. Kawasan ini buka mulai pukul 10:00 pagi hingga 20:00 malam.

6. Kajoran
instagram.com/exploreindonesia/Rivaldoni Anggoro

Bila kamu rindu suasana pedesaan yang asri atau mungkin rindu suasana di Ubud, Bali kamu bisa mendatangi Desa Kajoran yang letaknya sekitar 30 km dari Mungkid, Kabupaten Magelang.

Destinasi ini tengah hits di tahun 2020, lho. Pasalnya kamu bisa menikmati hamparan sawah bertingkat atau terasering. Meskipun spot foto ini gratis kamu harus tetap mohon ijin dulu ya kepada penggarap sawah yang ada di sana saat akan mengambil gambar.

Letak spot foto ini memang terbilang sedikit jauh dan terpencil namun terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan, tertarik kah kamu ingin coba kesana?

7. Kota Lama
instagram.com/wisatasemarang/lpambudi_

Mendengar nama Kota Lama jelas bukanlah sesuatu yang baru bagi kita. Salah satu ikon wisata di kota Semarang ini memang selalu unik dan menarik. Bukan hanya karena merupakan peninggalan masa kolonial melainkan juga arsitekturnya yang benar-benar unik.

Kini, Kota Lama menjadi salah satu tujuan banyak wisatawan untuk menghabiskan hari maupun akhir pekan. Setelah ditata dengan begitu apik, kawasan ini sayang untuk kamu lewatkan bila tengah berada di Semarang. Tidak ada harga tiket masuk yang ditetapkan di sini dan kamu pun bebas datang ke Kota Lama kapan saja.



Nah, itulah tadi tujuh pesona wisata Jawa Tengah yang sedang viral ini. Jika kamu ingin berkunjung di masa pandemi seperti ini, tetap patuhi protokol kesehatan, ya!

Demikianlah ulasan tentang "7 Wisata Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup" sobat gaul mau kunjungi destinasi wisata yang mana dulu nih ?