Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjajal Keindahan Lombang Rarat : Fenomena Alam Tanah Terbelah Dua di Siborong-Borong

Karogaul.com - Lombang Rarat Tapanuli adalah sebuah fenomena alam yang terjadi di daerah Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia. 

Fenomena ini terjadi ketika tanah yang berada di area perbukitan Tapanuli terbelah menjadi dua bagian secara vertikal.

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat setempat, Lombang Rarat Tapanuli terbentuk karena adanya pertarungan antara dua makhluk gaib yang memiliki kekuatan super, yaitu Raja Siboru Pareme dan Raja Sisingamangaraja XII. 

Kedua makhluk ini bertarung untuk merebut harta karun yang tersembunyi di dalam tanah.

Ketika pertarungan berlangsung, tanah di sekitar tempat pertarungan terbelah menjadi dua bagian secara vertikal dan membentuk sebuah celah yang sangat dalam. 

Menurut cerita, kedua makhluk tersebut akhirnya tewas dalam pertarungan itu, dan harta karun yang mereka rebut pun hilang di dalam celah tersebut.

Sejak saat itu, Lombang Rarat Tapanuli menjadi sebuah objek wisata yang menarik banyak pengunjung. Selain itu, celah yang terbentuk akibat fenomena alam tersebut menjadi sebuah legenda dan menjadi bagian dari sejarah dan budaya masyarakat Tapanuli. 

Meskipun demikian, kebenaran tentang cerita ini masih menjadi misteri dan belum dapat dipastikan secara ilmiah.



Fenomena alam adalah suatu peristiwa non-artifisial dalam pandangan Fisika yang tak dapat dibuat oleh orang/manusia. Tentu dibalik fenomena alam sendiri memiliki bentuk yang unik yang membuat kita kagum dan tertarik untuk menelusuri tempat terjadinya suatu fenomena alam ini.

Kab. Taput memiliki satu fenomena alam yang bentuknya seperti Grand Canyon. Seperti yang kita ketahui Gran Canyon adalah Salah satu keajaiban alam dunia yang salah satunya teretak di Sungai Colorado Arizona. 

Fenomena alam ini menyuguhkan sebuah pemandangan Ngarai curam yang dialiri air sungai Colorado dengan lapisan batuan merahnya yang mengungkapkan sejarah geologi jutaan tahun silam.

Lombang Rarat
pic by : instagram/@adi9haan

Fenomena alam yang eksotik ini dapat kita jumpai di sebuah Desa Pintu Bosi, Kec. Siborongborong, Kab Taput, Sumatera Utara. Fenomena alam ini dinamakan Lombang Rarat

Dimana Lombang Rarat atau Jurang Maut memiliki kedalaman yang sangat dalam bekisar ratusan meter membuat siapa saja yang melihat tak bakal berani melihat terlalu lama. Bisa pusing kepala dibuatnya !

lombong rarat

Fenomena alam ini terbentuk secara alami. Dulunya ini adalah Sebuah dataran dan jalan Desa, namun lama kelamaan fenomena alam terjadi, yaitu tanah turun dan menjadi sebuah jurang yang kedalaman nya ratusan meter kebawah.


Lombang Rarat
pic by : instagram/@adi9haan

Fenomena alam ini disebut peristiwa Sesar. Sesar adalah peristiwa geologi yang merupakan kekar yang sudah mengalami pergeseran/pergerakan. 

Daerah tapanuli utara merupakan daerah aktif dengan peristiwa sesar ini, peristiwa ini bisa dilihat di peta geologi sidikalang. 

Lombang Rarat
pic by : travelingmedan

Selain itu daerah taput juga merupakan tempat banyaknya ditemukan zona-zona lemah bumi.Hal ini bisa dilihat banyakan rongga atau sumber air panas di sekitaran taput. 

Sehingga peristiwa sesar yang terjadi ini bisa jadi akibat pergerakan sumatera fault system yang bisa jadi menimbulkan efek.

Lombang Rarat
pic by : instagram/@adi9haan

So, buat kita yang ingin kemari, saya sarankan untuk lebih berhati-hati. Tempat ini bukanlah tempat wisata, melainkan sebuah fenomena alam yang harus kita jaga, Namun! bukan berarti untuk kita kunjungi sebagai destinasi wisata.

Saya harap hal seperti ini harus lebih diwaspadai dikarenakan daerah nya merupakan zona lemah. Saya menyarankan agar melakukan pemetaan bahayanya akan longsor dan zona lemah untuk mencegah hal hal yang tidak kita inginkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Menjajal Keindahan Lombang Rarat, Fenomena Alam Tanah Terbelah Dua di Siborong-Borong" apakah kamu tertarik untuk mengunjunginnya ?