Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjajal Keindahan Lombang Rarat, Fenomena Alam Tanah Terbelah Dua di Siborong-Borong

lombong rarat

Karogaul.com - Fenomena alam merupakan suatu peristiwa non-artifisial dalam pandangan Fisika yang tak dapat diciptakan oleh manusia. Tentu dibalik fenomena alam sendiri memiliki bentuk yang unik yang membuat kita tertarik untuk menelusuri tempat terjadinya fenomena alam tersebut.

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki satu fenomena alam yang bentuknya seperti Grand Canyon. Gran Canyon adalah Salah satu keajaiban alam dunia yang teretak di Sungai Colorado Arizona. Fenomena alam ini menampilkan sebuah pemandangan Ngarai curam yang dialiri air sungai Colorado dengan lapisan batuan merahnya yang mengungkapkan sejarah geologi jutaan tahun.


pic by : instagram/@adi9haan

Fenomena alam ini bisa kita temukan di Desa Pintu Bosi, Kec. Siborongborong, Kab Taput,Sumatera Utara. Fenomena alam ini dinamakan Lombang Rarat. Lombang Rarat atau Jurang Maut memiliki Kedalaman ratusan meter membuat siapa saja yang melihat tak bakal berani melihat terlalu lama.


pic by : instagram/@adi9haan

Fenomena alam ini terbentuk secara alami .Dulunya ini adalah Sebuah dataran dan jalan Desa, namun lama kelamaan fenomena alam terjadi, yaitu tanah turun dan menjadi sebuah jurang yang kedalaman nya ratusan meter kebawah.



pic by : instagram/@adi9haan

Fenomena alam ini disebut peristiwa Sesar. Sesar adalah peristiwa geologi yang merupakan kekar yang sudah mengalami pergeseran/pergerakan. Daerah tapanuli utara merupakan daerah aktif dengan peristiwa sesar ini, peristiwa ini bisa dilihat di peta geologi sidikalang. 


pic by : travelingmedan

Selain itu daerah taput juga merupakan tempat banyaknya ditemukan zona-zona lemah bumi.Hal ini bisa dilihat banyakan rongga atau sumber air panas di sekitaran taput. Sehingga peristiwa sesar yang terjadi ini bisa jadi akibat pergerakan sumatera fault system yang bisa jadi menimbulkan efek.


pic by : instagram/@adi9haan

Nah buat kita yang ingin kemari, saya sarankan untuk lebih berhati-hati. Tempat ini bukanlah tempat wisata, melainkan sebuah fenomena alam yang harus kita jaga, TAPI ! bukan berarti untuk kita kunjungi sebagai destinasi wisata.

Saya harap hal seperti ini harus lebih diwaspadai dikarenakan daerah nya merupakan zona lemah. Saya menyarankan agar melakukan pemetaan bahayanya akan longsor dan zona lemah untuk mencegah hal hal yang tidak kita inginkan.