Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trending di Instagram, Inilah 11 Wisata Baru di Jogja yang Cocok Untuk Semua Kalangan



Karogaul.com - Kangen liburan ke Yogyakarta?  Well, jika memang bepergian ke destinasi wisata masih belum leluasa untuk dilakukan, karena kalian adalah traveler yang bertanggung jawab, tidak ada salahnya mendata tempat terbaru yang ada di Jogja di tahun 2022. 

Siapa tahu, jika ada kesempatan dan umur panjang, tempat-tempat tersebut bisa menjadi jujukan untuk dijelajahi.

Buat kamu yang penasaran dengan destinasi wisata terbaru Jogja di 2022 ini, simak daftarnya di bawah ini. Tidak ada salahnya bagi kamu yang tahu ada tempat keren lain yang layak direkomendasikan, ikut menyumbang saran dan memperpanjang daftar yang ada di sini. Cekidot dulu, yuk!

1. Bendhung Lepen yang asri dan penuh kehidupan

Bendung Lepen merupakan sebuah waduk buatan yang dibangun untuk mengairi lahan pertanian di sekitar area tersebut. Kini, Bendung Lepen menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja yang menawarkan pemandangan indah dan suasana yang tenang.

Selain menikmati pemandangan dan keindahan alamnya, di Bendung Lepen Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, berperahu, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar area waduk. Ada juga beberapa warung makan dan kios yang menjual makanan dan minuman ringan di sekitar Bendung Lepen.

Bendhung Lepen | Image source: @chilla_ulala (kiri), @mira_alexandraa

Tidak perlu terlalu jauh keluar dari Jogja untuk mendapati tempat wisata, atau sekadar bersantai sejenak. Bendhung Lepen bisa menjadi destinasi wisata yang asyik untuk menghilangkan penat.

Berbentuk aliran sungai dengan penuh ikan di dalamnya, tempat ini bisa menjadi destinasi liburan minimalis bersama keluarga, terutama bersama si kecil. Mereka bisa bermain dan mencelupkan kaki ke aliran sungai, merasakan sensasi dikerumuni ikan. 

Alamnya juga asri dan lingkungan yang bersih dengan ragam fasilitas pendukung dijamin akan memanjakan para traveler yang datang ke sini.

Lokasi: Mrican UH7/ 338, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 05.30 – 22.00 WIB
Harga tiket: Gratis

2. Embung Grigak, embung di atas laut

Di Embung Grigak, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar, menikmati suasana yang tenang dan damai, serta menikmati kegiatan-kegiatan seperti berenang, memancing, atau sekadar berfoto-foto. 

Ada juga beberapa warung makan yang menyediakan hidangan khas daerah sekitar, seperti sate klatak, nasi kucing, dan wedang uwuh.

Jika Anda ingin mengunjungi Embung Grigak, disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, karena pada siang hari suhu udara cukup panas. Selain itu, pastikan untuk membawa perlengkapan yang cukup seperti sunblock, topi, dan air minum untuk menghindari dehidrasi.

Embung Grigak | Image source: @tengakarta (kiri), @rini.rin.rini

Berada di atas Pantai Grigak, Gunung Kidul, Embung Grigak membawa nafas baru bagi warga lokal. Tidak hanya sebagai penangkap hujan untuk kepentingan pengairan sawah dan ladang, embung ini juga berfungsi sebagai daya tarik wisata bagi warga pendatang.

Sebagai destinasi wisata alternatif di kawasang Petung, Giriwungu, embung ini layak menjadi pilihan karena nuansa asri yang ditawarkan. Coba datang pada sore hari untuk menikmati sunset yang oke punya!

Lokasi: Grigak, Petung, Giriwungu, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

3. Omah UGM, cagar budaya yang Instagramable

Omah UGM | Image source: @gabriel_ferry (kiri), Lenny Lim

Cagar budaya milik UGM ini menarik untuk dikunjungi. Selain karena arsitektur bangunannya yang khas banget, tempatnya juga Instagramable. Lokasinya pun tersembunyi, tapi tetap asyik untuk dikunjungi karena ada banyak nilai dan cerita sejarah yang bisa digali.

Image source: Jalan-Jalan Tisha (kiri)

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Omah UGM Jogja antara lain:

Berjalan-jalan di taman: Pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan hijau di taman Omah UGM Jogja. Taman ini dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman yang menarik.

Menikmati kopi: Omah UGM Jogja memiliki kedai kopi yang menyajikan berbagai jenis kopi. Pengunjung dapat menikmati kopi sambil menikmati pemandangan taman.

Menghadiri acara budaya: Omah UGM Jogja seringkali menjadi tempat diadakannya acara budaya, seperti konser musik, pameran seni, dan lain-lain. Pengunjung dapat menghadiri acara tersebut untuk menambah pengalaman dan pengetahuan.

Mengunjungi galeri seni: Di Omah UGM Jogja juga terdapat galeri seni yang menampilkan karya seni dari seniman-seniman lokal dan internasional.

Belajar tentang lingkungan: Omah UGM Jogja memiliki program edukasi lingkungan yang dapat diikuti oleh pengunjung. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Lokasi: Bodon, Jagalan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: Seiklasnya
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB

4. Pantai Cemara Sewu, tempat wisata asyik dengan dua nuansa berbeda

Jarang melihat pohon cemara di tepi pantai, bukan? Well, tidak demikian jika kamu mengunjungi pantai di Bantul, yang dekat dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok itu.

Selain pantainya yang bagus, kamu bisa menemukan hutan cemara di sini. Tempatnya cocok untuk bersantai, dan di sejumlah sisi bisa menjadi spot yang asyik untuk berfoto menambah feed Instagram kamu.

Pantai Cemara Sewu | Image source: Estu Setyaningsih (kiri), Lina Lee

Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pantai Cemara Sewu:

Menikmati pemandangan alam: Pantai Cemara Sewu memiliki panorama alam yang sangat indah, dengan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan tebing-tebing yang menjulang tinggi di sekelilingnya. Kamu bisa menikmati keindahan alam ini sambil berjalan-jalan atau duduk-duduk santai di pinggir pantai.

Berenang: Pantai Cemara Sewu memiliki ombak yang cukup tenang sehingga kamu bisa berenang dengan aman. Namun, tetap perhatikan kondisi laut sebelum memutuskan untuk berenang.

Bermain pasir: Pasir putih di Pantai Cemara Sewu sangat lembut dan cocok untuk bermain pasir. Kamu bisa membuat bentuk-bentuk unik atau sekadar bermain pasir bersama teman atau keluarga.

Menikmati sunset: Pantai Cemara Sewu juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset yang indah. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan ini adalah sekitar jam 17.00-18.00.

Memancing: Bagi kamu yang hobi memancing, Pantai Cemara Sewu juga merupakan tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi ini. Di sekitar pantai terdapat banyak spot yang cocok untuk memancing.

Menjelajahi sekitar pantai: Di sekitar Pantai Cemara Sewu terdapat banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi, seperti Goa Jepang, Pantai Siung, dan Pantai Baron. Kamu bisa menjelajahi tempat-tempat ini sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Lokasi: Jln Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 10,000 IDR

5. Obelix Hill, destinasi wisata terbaru dan kekinian

Image source: Obelix Hills

Salah satu destinasi wisata di Jogja yang ngehits dalam beberapa bulan terakhir adalah Obelix Hills. Yang ditawarkan dari destinasi ini adalah pesona pemandangan alam yang keren, dari view perbukitan dan pepohonan hijau, serta city light di malam hari.

Tempat ini juga memiliki banyak spot untuk berselfie. Dijamin hasilnya bakal Instagramable, deh!

Image source: Obelix Hills

Lokasi: Klumprit I, Klumprit II, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin-Kamis, 10.00 – 22.00 WIB, Jumat-Minggu, 07.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: 15,000 IDR saat weekdays, 20,000 IDR saat weekend

6. Bukit Lintang Sewu yang asri dan menenangkan

Objek wisata ini memiliki keindahan yang menarik dengan pemandangan sawah yang hijau dan keindahan langit pada malam hari.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Bukit Lintang Sewu antara lain trekking, camping, dan stargazing. Selain itu, terdapat juga spot foto yang menarik dengan latar belakang pemandangan sawah dan langit malam yang indah.

Image source: Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi guna menikmati panorama lembah yang hijau, sekaligus mendapatkan spot foto yang Instagramable.

Image source: Bukit Lintang Sewu

Selain spot wisata yang asyik dan asri, tempat ini juga menawarkan fasilitas glamping, camping hingga outbound. Bermalam di sini akan memberikan kamu pengalaman baru yang pastinya berkesan.

Lokasi:
Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

7. Edum Park yang murah meriah untuk keluarga

Image source: Taufiq Benington (kiri), Pinkan Beby

Yang mencari destinasi wisata untuk keluarga di Jogja, Edum Park bisa menjadi jujukan untuk dikunjungi.

Selain murah meriah, fasilitas yang dimiliki cukup asyik untuk memberikan hiburan tersendiri dan minimalis buat semua. Ada sejumlah spot foto dengan latar yang Instagenik, lho!

Edupark atau Educational Park adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang terletak di Jogja. Tempat ini menawarkan berbagai macam aktivitas dan atraksi yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan pengunjung. Beberapa hal yang dapat dilakukan di Edupark adalah sebagai berikut:

Planetarium: Menonton pertunjukan tentang bintang dan planet di dalam sebuah gedung dengan tata letak ruangan yang mengagumkan.

Taman Dinosaurs: Berinteraksi dengan replika dinosaurus yang bergerak, menonton pertunjukan boneka binatang dan foto-foto unik.

Museum Satwa: Melihat-lihat berbagai jenis satwa dari seluruh dunia dan menambah wawasan tentang spesies hewan yang ada di alam liar.

Interactive Science Center: Mengikuti percobaan sains yang menarik dan edukatif, seperti sirkuit listrik, robotika dan lain-lain.

Kebun Raya: Melihat berbagai jenis tanaman dari seluruh dunia, serta belajar tentang manfaat tanaman dan ekosistem.

Mini Indonesia: Mengenal lebih dekat tentang budaya dan adat istiadat Indonesia dari berbagai daerah.

Lokasi: Jl. Grujugan, Grujugan, Bantul, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

8. Tumpeng Menoreh, spot asyik menikmati sunrise

Image source: Tumpeng Menoreh

Dibuka pertama kali pada Mei 2021, Tumpeng Menoreh menjadi destinasi yang asyik untuk menikmati sunrise atau city light di malam hari.

Tempat ini juga menawarkan hidangan makanan dengan cita rasa yang khas. Jangan sampai tidak berswafoto di sini, ya!

Lokasi: Sumbersari, Pagerharjo Samigaluh, Ngargoretno, kab, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 50,000 IDR per orang

9. Studio Alam Gamplong yang fotogenik

Image source: Gamplong Studio

Tujuan utama didirikannya studio alam Gamplong ini adalah untuk menjadi latar dari pembuatan film Sultan Agung dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo. Pada akhirnya, studio ini kini menjadi destinasi wisata khusus bagi penggemar foto dan selfie.

Banyak latar menarik yang bisa dijadikan background untuk berfoto, yang seakan membawa kamu kembali ke masa lampau. Lokasinya yang mudah dijangkau juga menjadikan studio alam ini menjadi tujuan wisata favorit di Sleman. Ada juga sejumlah museum yang layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Seiklasnya

10. Curug Siluwok, curug tersembunyi yang indah sekali

Fasilitas Di kawasan Curug Siluwok, terdapat fasilitas seperti tempat parkir, kantin, dan toilet. Namun, fasilitas yang tersedia masih terbilang sederhana.

Aktivitas Di Curug Siluwok, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti trekking, berenang di kolam air terjun, dan menikmati pemandangan alam sekitar.

TipsUntuk trekking, disarankan untuk menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman dan anti selip.
Pastikan membawa air minum dan camilan ringan.
Jangan lupa membawa baju ganti dan handuk jika ingin berenang.
Patuhi aturan dan peraturan yang berlaku di kawasan Curug Siluwok.

Image credit: @wildhanputra_

Karena lokasinya yang tersembunyi, curug ini menawarkan pesona pemandangan yang asri dan pesona alami di kawasan perbukitan Menoreh.

Dengan ketinggian mencapai 20 meter, aliran air terjunnya tidak terlalu deras. Di bawahnya terdapat kolam alami yang bisa dijadikan lokasi berenang. Yang asyik adalah nuansa alami selama berada di lokasi, yang membuatmu bisa menghargai alam.

Lokasi: Desa Keweron, Kecamatan Semigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari
Harga tiket: Gratis

11. De Mangol, tempat piknik dengan view ciamik

Image credit: De Mangol

Ingin mencari spot piknik asyik di Jogja, De Mangol menjadi tempat wisata terbaru di yang harus dikunjungi di 2021 ini. Yang jadi andalan adalah makanan yang beraneka ragam menunya, serta pemandangan yang istimewa sebagai latar.

Ada banyak fasilitas yang juga bisa mendukung acara santai kamu di sini, dari teras kaca, bean bag area, triangle spot yang masih banyak lagi lainnya, termasuk neon lights dan mural. Dijamin nggak menyesal, deh!

Lokasi: Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB
Harga tiket: 15,000 IDR saat weekdays, 20,000 IDR saat weekend

Demikianlah ulasan singkat tentang "Trending di Instagram, Inilah 11 Wisata Baru di Jogja yang Cocok Untuk Semua Kalangan" kamu mau kunjungin yang mana dulu nih ?