Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Potret Wisata Tanjung Meriam : Panorama Batu Tersusun Seperti Planet Kripton di film Superman



Karogaul.com - Kita tau bahwa alam semesta ini Tuhan ciptakan dengan banyak  hal yang menakjubkan didalamnya, salah satu keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.

Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.


Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke 'Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi primadona pariwisata. Berbagai destinasi wisata dapat ditemukan. Mulai dari wisata pantai, laut, hingga perbukitan dengan pemandangan yang eksotis.


pic by : instagram/@alwibaharun9

Jika anda berencana liburan jauh ke Pulau Nusa Tenggara, Tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Tentu akan banyak sekali beragam wisata yang sangat-sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Terkenal dengan wisata baharinya seelok surga, cobalah kamu berwisata ke Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Bima



Lokasi.


pic by : instagram/@cungkring

Di Kabupaten Bima ada pantai yang punya bukit dipenuhi bebatuan heksagonal mirip seperti gambaran planet Kripton di film Superman. Namanya Tanjung Meriam, lokasinya terpencil yang terletak di Ujung timur berlokasi di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. 

Tapi banyak traveler yang berminat berkunjung ke sana bahkan pernah juga digunakan untuk lokasi syuting acara traveling.

Tanjung Meriam merupakan wisata perbukitan dengan pemandangan bebatuan berbentuk heksagonal. Diketahui, batu-batu yang ada di tempat tersebut terbentuk alami oleh pembekuan magma dari perut bumi.

Daya Tarik Wisata.


pic by : instagram/@ristanovelita

Keindahan pantai yang sungguh eksotis dan disuguhkan dengan pemandangan unik bukit yang dipenuhi bebatuan heksagonal mirip seperti gambaran planet Kripton di film Superman.

Keajaiban alam diperbukitan disekitar pantai Tanjung Merian berbentuk heksagonal layaknya prisma yang punya nama beken columnar join. columnar joint yang ditemukan di Tanjung Meriam tersebut memiliki struktur yang sama dengan bebatuan di situs Gunung Padang. 

Bedanya jika batuan heksagonal di Gunung Padang kemungkinan besar dibawa oleh manusia,Sedangkan batu di Tanjung meriam ini diyakini terbentuk secara alami oleh alam.

Cara Menikmati Keindahan


pic by : instagram/@jesicawijaya04

Untuk menikmati keindahan formasi batuan columar joint di Bima ini, para wisatawan atau traveler harus menggunakan perahu. 

Sementara untuk akses darat hanya bisa dilalui dengan kendaraan motor trail, akan tetapi harus melewati rintangan berbahaya seperti pegunungan yang penuh bebatuan, tanjakan serta turunan yang curam dan sangat menantang.

Sebaiknya bagi anda yang ingin berkunjung ke Tanjung Meriam, lebih baik dengan cara menyewa perahu dari Pelabuhan Sape yang memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di lokasi ini.



Informasi.

Lokasi pariwisata yang ini, bagi penduduk atau nelayan di Kecamatan Sape dan Kecamatan Lambu, lebih dikenal dengan sebutan lokalnya Toro Maria. Sebab, istilah columnar joint dan Tanjung Meriam masih terasa asing ditelinga penduduk lokal. jendeladunia16