Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sampuran Bala Sihotang : Pemandian Alam yang Jernih, Diamana Airnya Tidak Pernah Kering Sampai Sekarang

Sampuran Bala Sihotang

Karogaul.com - Rugi kali pokoknya, bila kita berpetualang ke Pulau Samosir tidak mengeksplorasi destinasi tempat wisata yang mempunyai sejarah pada waktu peninggalan leluhur nenek moyang batak. Tidak hanya mengenali data pada tempat tersebut, pasti pula menarik buat kita kunjungi.

Cocok dengan namanaya Rura Sihotang terletak di kaki Gunung Ruhuk Taduhan, separuh desanya di kelilingi pengunungan yang besar serta indah yg di tumbuhi pepohonan kecik nan hijau, setengahnya lagi terletak di tepian tepi laut Danau Toba. Sepanjang mata memandang pepohonan hijau serta sawah- sawah penduduk yang tertib berpadu dengan pesona Danau Toba nan menawan.

Lokasi Sampuran Bala Sihotang.

Sampuran Bala Sihotang
pic by : instagram/@judika_tamba

Tidak hanya Sopo Guru Tatea Bulan ataupun Batu Hobon, pasti udah gak asing lagi yang namanya tempat pemandian keramat yang terdapat di Samosir. Sampuran Bala Sihotang misalnya, yang ialah tempat pemandian sang Raja Sihotang pada masa itu.

Tempat ini jadi tempat wisata yang sangat menarik untuk turis yang mau mengenali khasiat air Sampuran Bala tersebut sekalian berjiarah. Bila kalian mau menjelajahi tempat yang memiliki ini, Sampuran bala ini terletak di, Desa Dolok raja Sihotang, Kabupaten Samosir, Sumut.

Sampuran Bala Sihotang
pic by : instagram/@sabanps

Adapun sampuran Bala ialah sesuatu tempat yg terkenal mistis sekalian memiliki untuk bangsa batak, bagi urban legenda penduduk setempat” Sampuran Bala” merupakan satu tempat yang mistis serta sangat di hormati keberadaanya, karena Sampuran Bala terdiri dari sebagian tumbuhan besar serta mata air yang begitu jernih dan bersih, yang Terletak di kaki gunung Uruk Taduan tepatnya di Desa Dolok raja Sihotang kec. Harian Samosir.

Sampuran Bala Sihotang
Taken by instagram/@gunturnainggolan

Ceritanya, mata air ini( Sampuran Bala) tidak pernah kekeringan hingga saat ini ini sobat gaul, meski kemarau panjang menyerang serta hingga kemarau berkesudahan, air senantiasa tak mengering serta debit air hendak sempat menurun.

Dibawah tumbuhan rindang besar( dikenal dengan sebutan" jajabi") terdapat kolam air ataupun kerap orang bilang mual hangoluan( air kehidupan) bagi masyarakat setempat air Sampuran Bala ini ialah air berkah dan anugrah yang dapat mengobati penyakit, dimana air ini kerap dimanfaatkan warga setempat.

Aktivitas Wisata Sampuran Bala Sihotang.

Sampuran Bala Sihotang
Taken by saban sihotang

Ditempat ini kamu dapat melaksanakan kegiatan berenang yang leluasa di Sampuran tersebut. Air yang bening serta sejuk dan atmosfer yang jauh dari kebisingan keramaian. Sangat puas menikmati bermain air di sampuran tersebut. Selaku tempat yang sangat dihormati, pasti terdapat sebagian larangan yang wajib kalian patuhi. Semacam tutur kata tidak boleh sembarangan(cakap kotor) di sampuran ini, intinya hormati adat istiadat budaya setempat sobat gaul.

Rute ke Wisata Sampuran Bala Sihotang.

Sampuran Bala Sihotang
Taken by saban sihotang

Sampuran Bala Sihotang
Taken by saban sihotang

Guna sampai ke lokasi, supaya lebih cepat. Kalian wajib nyebrang( Via Danau). Dari pelabuhan parapat mengarah ke Desa Dolok raja Sihotang, tepatnya di Pulau Samosir. Jika nantinya Sampuran Bala ini telah terekspose, tolong jaga Alam serta Lingkungannya, jangan hingga mengganggu. Nanti anak cucu kita dapat menikmatinya.

Demikianlah rangkuman singkat dari "Sampuran Bala Sihotang : Pemandian Alam yang Jernih, Diamana Airnya Tidak Pernah Kering Sampai Sekarang" semoga artikel ini bisa menjadikan panduan wisatamu lebih gaul lagi ya . . .