Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelok 9 Payakumbuh : Pemandangan Konstruksi Jalan yang Unik dan Menghubungkan Dua Provinsi

Kelok 9 Payakumbuh

Karogaul.com - Kelok Sembilan merupakan sebuah rangkaian konstruksi yang terdiri dengan ruas jalan dan jembatan sejauh kurang lebih 300 meter di area Payakumbuh, Sumatera Barat. Kelok Sembilan juga merupakan konstruksi jalan yang di bangun dengan megah sekaligus beresiko karena mempunyai tikungan tajam dan lebar 5 meter sobat gaul. 

Kelok 9 Payakumbuh
oPhoto by @_aaaallll

Adapun tikungan ini berbatasan berseberangan lagnsung degnan jurang, dan terapit oleh dua perbukitan indah rindang nan hijau. Satu di antara dua cagar alam indah tersebut merupakan Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau sobat gaul.

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by @yuni_syaa

Di sekitar kawasan jalanan ini ada jembatan layang yang membentang dengan konsep meliuk-liuk dan menyusuri dua dinding bukit terjal dengan fondas tiang-tiang beton yagn kokoh. Bila kita hitung, Kelok 9 ini melalui enam kali putaran atau melingkari bebukitan di sekitarnya dengan arah bolak-balik.

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by @imriper

Ketika mulai berdiri sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda dulu, jalan ini sangat berfungsi menjadi jalur utama dalam perdagangan dan setelah resmi dioperasikan oleh Presiden SBY bertepatan di tahun 2013 lalu sobat gaul.

Langsung Menghubungkan Dua Provinsi

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by @agaardinugraha

Keunikan dari Jalur Kelok 9 ini adalah langsung menghubungkan antara dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Kepulauan Riau sobat gaul. Akses kedua kawasan ini membelah lokasi Bukit Barisan. Ruas jalan ini juga memiliki peran penting sebagai pusat perekonomian masyarakat sekitar sobat gaul.

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by rearaka_tyas

Seiring berjalan waktu dan dengan meningkatnya mobilitas kegiatan di Kelok 9, maka tambah banyak pula lah restoran mini dan rest area yang amat mungkin pengendara untuk rehat sejenak dalm perjalanan panjanganya untuk melepas lelah. 

Terlebih lagi sembari menikmati keindahan alam Bukit Barisan yang rindah dan hijau sembari ditemani hawa yang begitu sejuk sobat gaul. Kawasan ini sangat cocok untuk anda nikmati kala menjelang sore hari dan menikmati sunset.

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by @datidut

Ketika Sunset tiba dan barisan lampu yang mulai menyala nyala akan menambah eksotis keindahan kawasan ini sobat gaul. Pemandangan panorama yang dapat sobat gaul lihat saat menjelang malam hari nampak terlihat indah dan autentik, apalagi untuk kegiatan fotografi tentu sangat mendukung dengan view seindah ini sobat gaul.

Kelok 9 Payakumbuh

Area Balap Sepeda Internasional

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by @joviepro

Tiap tahunnya, wisata Kelok 9 payakumbuh ini rutin menjadi venue balap sepeda tingkat internasional, Tour de Singkarak. Selain itu, jalur ini juga memiliki pemandangan alam yang benar-benar instagenin dan  instagramable. Pas banget buat sobat gaul yang suka selfie atau berfoto untuk mempercantik feed sosial media sobat gaul.

Kelok 9 Payakumbuh
Photo by @hanakrisna_

Terdapat banyak spot foto indah yang dapat anda pilih menjadi latar belakang berfoto. Seperti sungai yang asri, kemegahan konstruksi jembatan, dan bukit-bukit hijau bersama dengan awan putih yang sejuk. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Kelok 9 Payakumbuh : Pemandangan Konstruksi Jalan yang Unik dan Menghubungkan Dua Provinsi" semoga artikel ini bisa menjadi panduan wisata kamu . . .