Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler yang Wajib Dikunjungi


Karogaul.com - Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama saat libur akhir pekan atau libur panjang. Di balik image ibukota negara yang sibuk dan padat, kota metropolitan ini nyatanya juga menyuguhkan pesona wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

  

Ada berbagai macam tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi dan jelajahi. Mulai dari wisata keluarga yang ramah anak, wisata kuliner, wisata sejarah dan seni, hingga wisata anti mainstream dan instagramable yang tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
 
Daftar Tempat Wisata di Jakarta

Meski jarang memiliki tempat wisata yang langsung bersentuhan dengan alam, namun hal itu tidak mengurangi keseruan selama liburan. Ini dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang tentunya tidak kalah menarik:

1. Dunia Fantasi (Dufan)


Dunia Fantasi atau yang biasa dikenal dengan ‘Dufan’ ini merupakan salah satu pelopor theme park di Indonesia. Berdiri di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, tempat wisata ini memiliki berbagai wahana menarik dan menantang.

Dengan menyediakan pusat hiburan yang lengkap dan seru, tak heran jika tempat wisata satu ini banyak didatangi bersama orang-orang tercinta. Menariknya, bahkan kamu bisa membeli tiket tahunan yang dapat digunakan selama setahun penuh tanpa biaya tambahan.
 
2. Planetarium

Sumber Gambar: Intisari Online

Nah, jika sobat gaul ingin berlibur sambil belajar, Planetarium menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Pasalnya, tempat ini menyediakan wahana simulasi langit.

Di sini, kamu bisa mendapati sejumlah hiasan langit seperti bintang, planet, dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu bisa sekaligus menambah pengetahuan tentang tata surya dan lainnya, yang sangat cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa.
 
3. Taman Ismail Marzuki

Sumber Gambar: Kompas Megapolitan

Apabila kamu seorang pecinta seni, rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi taman yang yang telah diresmikan pada 10 November 1968 ini. Tanaman ini berkontribusi dalam perkembangan seni di Indonesia.

Bahkan sudah memiliki enam ruangan teater modern, galeri, bioskop, balai pameran, dan gedung arsip yang bisa kamu kunjungi. Dengan mengunjungi tempat wisata di Jakarta yang satu ini, kamu bisa belajar berbagai hal terkait dengan seni yang dihadirkan.
 
4. Seaworld 

Sumber Gambar: Kereta Cepat Indonesia China

Seaworld menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, di tempat ini kamu bisa melihat dan menikmati pesona indahnya bawah laut tanpa perlu repot-repot menyelam.


 
Melalui kaca super tebal, kamu dapat melihat berbagai macam ikan dan aneka jenis terumbu karang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seru dari para penyelam profesional.
 
5. Ocean Ecopark

Sumber Gambar: Travels Promo

Apabila kamu ingin berwisata sekaligus turut serta dalam penyelamatan lingkungan, bisa coba tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Taman bermain edukatif Ocean Ecopark ini memiliki beberapa wahana seru yang mengusung 4 konsep sekaligus, yaitu Eco Energy, Eco Care, Eco Nature, dan Eco Art.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti outbond, paintball, belajar merawat hewan ternak, melihat proses pembuatan madu, hingga belajar bercocok tanam. Kawasan wisata ini bisa kamu kunjungi dengan kendaraan pribadi maupun umum seperti bus Trans Jakarta, angkot ataupun taksi.
 
6. Kebun Binatang Ragunan

  
Sumber Gambar: Dolan Yok

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah Kebun Binatang Ragunan yang memiliki berbagai macam satwa sebagai wahana edukatif untuk para pengunjung, terutama anak usia sekolah.
 

Terdapat tiga wahana yang ditawarkan yaitu Pusat Primata Schmutzer yang merupakan museum primata terlengkap, Dunia Orang Utan dengan koleksi berbagai jenis orang utan, dan terakhir Children Zoo tempat anak-anak berinteraksi langsung dengan hewan-hewan jinak.
 
7. Atlantis Water Adventure

Sumber Gambar: Traveloka

Setelah Dufan dan Seaworld, berikutnya ada Atlantis Water Adventure di Ancol yang bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di jakarta yang bisa dikunjungi pada musim liburan.

Tempat ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang seru dan menantang. Setidaknya ada 8 kolam renang utama lengkap dengan berbagai permainan menantang yang sayang untuk dilewatkan.
 
8. Kepulauan Seribu

Sumber Gambar: Paket Tour Belitung

Di Kepulauan Seribu terdapat setidaknya 5 pulau besar yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi spot favorit berlibur turis lokal maupun mancanegara. Di antaranya adalah Pulau Kelor, Cipir, Onrust, Rambut dan Untung Jawa.



Tentunya setiap pulau tersebut memiliki daya tarik dan keunikannya masing-masing. Misal, di Pulau Kelor, Cipir, dan Onrust kamu bisa melihat reruntuhan bangunan peninggalan masa kolonial dan museum Pulau Onrust.

Di Pulau rambut dapat melihat berbagai jenis buruk yang hidup di habitatnya secara langsung. Sementara di Pulau untung Jawa, kamu bisa menikmati wahana permainan air modern seperti speedboat, banana boat, atau snorkeling.

9. Kidzania

Sumber Gambar: Radar Banten

Jika kamu ingin mengajak anak-anak berlibur yang seru, kamu bisa coba ajak anak-anak ke Kidzania. Tempat ini tidak hanya untuk bermain tetapi juga belajar tentang beragam pekerjaan dan profesi.

Uniknya, di tempat ini terdapat berbagai alat peraga yang bisa digunakan untuk belajar tentang profesi tersebut. Mulai dari pilot, dokter, pemadam kebakaran, hingga penyiar radio. Selain bermain, anak-anak juga diajak untuk berpikir lebih kreatif dan mengembangkan cita-cita.

10. Museum Macan


Tempat wisata di Jakarta yang sedang hits ini memiliki beragam karya seni yang memudam. Kata ‘Macan’ sendiri merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Sangat cocok untuk para pengagum karya seni, baik modern maupun kontemporer. Karya yang dipamerkan pun tak hanya sekedar lukisan, tetapi juga karya kontemporer yang dikemas dalam beragam teknik, media, dan seni instalasi.



Tempat Wisata di Jakarta Manakah yang Akan Kamu Kunjungi?

Nah, itu dia sederet rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi setelah masa pandemi. Kira-kira, tempat wisata manakah yang menjadi favoritmu dan akan kamu kunjungi?