-->

Wisata Medan

medan bogor

Trending

12 Spot Eksotis yang Wajib Dijelajahi Saat Berada di Pulau Komodo Labuan Bajo

Publikasi 25 Oktober 2021
pulau komodo

Karogaul.com - Ada beberapa alternatif cara untuk menuju Labuan Bajo, baik dari Jakarta atau dari Bali. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuan Bajo menempuh waktu selama kurang lebih 2,5 jam. Sedangkan penerbangan dari Bali berdurasi sekitar satu jam. Salah satu cara lain ke Labuan Bajo dengan pilihan waktu yang lebih banyak adalah dengan menggunakan kapal penyeberangan atau bis dari Lombok.

Agar mimpimu melihat Komodo secara langsung, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kapal yang akan membawamu menyeberang ke pulau-pulau eksotis di sekitar Labuan Bajo!

Berhubung pulau-pulau tersebut lokasinya agak terpencil dan lumayan berjauhan, kami sih menyarankan untuk mencoba mengambil paket liveaboard experience (bermalam di atas kapal sembari berlayar dari satu pulau ke pulau lainnya) yang banyak ditawarkan oleh beberapa tour operator.

1. Mengarungi lautan dengan kapal pinisi: Sea Safari VII

Jika ditanya, “Apa hal paling berkesan dari Labuan Bajo selain keindahan lanskap dan alamnya?” Maka kami tak akan ragu menjawab: Sea Safari VII – sebuah kapal pinisi nan megah dengan layar terkembang ikonik berwarna biru tua yang elegan.



Kami beruntung sempat merasakan pengalaman liveaboard di kapal mewah yang memiliki 14 kabin (untuk 28 orang) berfasilitas lengkap ini. Bukan cuma fasilitas lengkap seperti kamar mandi pribadi dengan air hangat serta AC di setiap kamarnya, di sini kamu juga akan menemukan restoran, upper deck dengan day bed untuk melihat milky way di malam hari, lounge sekaligus ruang karaoke, working area, sampai outdoor jacuzzi!


Photo Via TripCanvas

Namun selain semua kemewahan tersebut, yang membuat liveaboard experience di Sea Safari VII ekstra istimewa adalah kehadiran para staf dan kru kapal yang sangat ramah dan helpful (apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap sang juru masak, Chef Suwandi, yang tak pernah gagal memanjakan kami dengan berbagai makanan lezat!).

Sea Safari VII
Harga: Mulai Rp8.800.000/kabin untuk 3H2M. Kapasitas per kabin 2 orang (atau Rp4.400.000/orang). Harga sudah termasuk makan, snacks, perlengkapan snorkeling dan water activities lainnya, serta tiket masuk kawasan Taman Nasional.
Telepon: 0896 1325 027 | (0361) 721 212
E-mail: bali-ssc@indo.net.id
Protokol Kesehatan: Pengecekan suhu tubuh 


2. Berlayar naik kapal Instagramable: Le Pirate (Explorer)

Mungkin kamu pernah atau sering melihat kapal ini “lalu-lalang” di social media. Perahu berwarna putih dengan sentuhan turquoise ini memang sering jadi pilihan favorit para travel influencer. Kapan lagi kamu bisa berlayar menyeberangi lautan sembari nyetok foto buat di Instagram?

Photo Via L_uisa, Jessie_khoo

Bayangkan betapa spektakulernya bangun tidur di tengah laut biru dan jernih yang bisa kamu rasakan jika memilih naik dan bermalam di kapal ini. Sebelum singgah ke pulau-pulau, kamu bahkan bisa ber-snorkeling ria bersama hiu kecil yang jinak dan ikan pari.

Photo Via 3274gram

Dijamin, sepulang dari menginap dan berlayar di kapal ini kamu akan mendapatkan banyak teman baru, mulai dari sesama wisatawan sampai para anak buah kapal yang begitu ramah dan menyenangkan.

Le Pirate (Explorer)
Harga: Mulai Rp9.700.000/kabin untuk 4H3M. Kapasitas per kabin 2 orang (atau Rp4.850.000/orang). Harga sudah termasuk makan, snacks, dan perlengkapan snorkeling.
Telepon: 0822 3724 4539



3. Bersantai di atas kapal kayu: Mata Komodo

Secara ukuran, kapal ini memang tidak terlalu besar namun interiornya begitu nyaman, unik dan modern sehingga kamu dijamin nyaman berada di dalamnya.Photo Via Matakomodo

Ya, sepertinya kapal ini sengaja didesain untuk bersantai. Mulai dari area ruang makan dengan bean bag empuk, ada area dengan kursi malas buat ngobrol, ruang tidur berukuran besar untuk beristirahat, juga jaring terapung yang Instagramable. Bahkan mau main perosotan dari kapal langsung ke laut juga bisa! Seru banget, kan?

Photo Via Matakomodo

Dan asyiknya lagi, kamu bisa menyewa kapal ini untuk full day tour tanpa harus menginap.

Mata Komodo
Harga: Mulai Rp6.500.000/kapal untuk 1-2 orang (Full Day Trip). Harga termasuk makan siang, free flow air mineral, teh dan kopi
Telepon: 0811 870 7072
Waktu: 04.00 – 18.00


4. Serasa berada di zaman Jurassic Park!: Pulau Padar

Ke Labuan Bajo nggak afdol kalo nggak singgah ke Pulau Padar yang ikonik ini. Bentuk pulau yang unik dan tampak begitu “purba” sekilas mengingatkan akan pulau terpencil di film Jurrasic Park.

Menurut kami, inilah salah satu spot paling Instagramable di tanah air yang wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Oleh karena itu pastikan baterai ponsel kamu terisi penuh dan siapkan memory card ekstra buat kamera, soalnya tiap sudut pulau ini layak diabadikan!

Photo Via Thefreedomcomplex

Untuk mencapai spot foto terbaik, kamu harus siap-siap menaiki 870 buah anak tangga. Oleh karena itu, siapkan stamina dan alas kaki yang nyaman.

Kalau bisa, datanglah di pagi hari, karena selain pemandangan di atas saat sunrise begitu spektakuler, jika datang semakin awal, maka kamu bisa menikmati keindahan ini tanpa terganggu oleh kerumunan wisatawan yang mengantre untuk berfoto di spot-spot favorit.

Pulau Padar
Tiket Masuk: Rp250.000 | Diving, Rp25.000
Jam Operasional: 06.00 – 10.00 dan 15.00 – 18.00
Cara ke sana: Atur perjalanan dari Pelabuhan Labuan Bajo. Waktu tempuh dari Labuan Bajo sekitar 3,5 jam jika menggunakan kapal kayu, dan sekitar 1,5 jam dengan speedboat.
Protokol Kesehatan: Pengecekan suhu tubuh  | Tempat cuci tangan/hand sanitizer  | Pengurangan kapasitas  | Staf menggunakan masker  (kecuali saat trekking)


5. Menyambut senja bersama ribuan ekor kelelawar: Pulau Kalong

Area hutan bakau yang ada di Pulau Kalong merupakan rumah bagi ribuan kelelawar. Di sore hari menjelang matahari terbenam, mamalia terbang itu akan bangun dari tidurnya dan menghiasi cakrawala.Photo Via Travel.paullierebel_rabbit

Latar belakang langit jingga dan siluet ribuan kelelawar yang beterbangan menciptakan sensasi pemandangan yang luar biasa!

Pulau Kalong
Cara ke sana: Jarak dari Pelabuhan Labuan Bajo ke Pulau Kalong sekitar 8km, dengan waktu tempuh menggunakan kapal kayu kurang lebih satu jam perjalanan.

6. Pulau mungil ala pulau pribadi: Pulau Kanawa

Di sini, kamu bisa merasakan impian seperti memiliki pulau pribadi!

Photo Via TripCanvas

Kalau sudah bosan foto-foto di ayunan dengan latar pantai, segera ambil perlengkapan snorkelingmu dan nikmati suasana bawah lautnya yang ramai oleh segala jenis ikan.

Pulau Kanawa
Cara ke sana: Selain menyewa paket day trip, kamu bisa ke sini dengan menggunakan kapal kecil. Kapal ini tersedia dengan dua tarif yaitu tarif sewa dan tarif gratis. Kapal yang gratis yaitu shuttle boat gratis di mana penyedianya ialah pengelola resort Kanawa Beach Bungalows dari Labuan Bajo (harus reservasi terlebih dahulu). 
Protokol Kesehatan: Pengecekan suhu tubuh  | Tempat cuci tangan/hand sanitizer  | Pengurangan kapasitas  | Staf menggunakan masker 


7. Liburan romantis di pulau pribadi nan cantik: Le Pirate Island

Berencana liburan berdua pasangan ke Labuan Bajo? Maka inilah pulau pribadi yang pas buat para bucin.

Ya, pulau tropis ini memang sengaja dirancang untuk mereka yang ingin menikmati liburan romantis dan intim tanpa hiruk-pikuk pengunjung umum. Di sini kamu bisa berjalan berdua menyusuri pantai berpasir putih sambil bergandengan tangan, menjelajahi surga bawah laut bersama, atau sekadar bersantai di pantai sambil menyesap cocktail!


Photo Via Albert_llovera


Photo Via Sigitsimbat

Jika ingin berteduh dari teriknya matahari, kamu bisa memilih bersantai di “lumbung-lumbung bambu” di tepi pantai sembari menunggu sunset tiba.

Le Pirate Island
Harga: Mulai Rp1.200.000 per malam (Bungalow with sea view)
Cara ke sana: Pihak Le Pirate akan menyediakan jasa penyeberangan menggunakan kapal dari Pelabuhan Labuan Bajo ke Le Pirate Private Island. Waktu tempuh sekitar satu jam.

8. Salah satu pemandangan bawah laut terindah di Labuan Bajo: Gili Lawa Laut

Lanskap yang spektakuler serta panorama menakjubkan adalah dua hal yang bakal kamu jumpai di Gili Lawa Laut.


Photo Via Tiejuntak

Meski saat ini pulaunya tak bisa didarati, namun teluk nan tenang di sini terkenal sebagai destinasi penyelaman malam hari di mana kamu bisa menjumpai beraneka makhluk bawah laut yang luar biasa.


Photo Via Ashhryyyyyyyyyyyyyyy, Jamsphonna

Kalau belum berani diving, di sisi timur pulau ini kamu juga dapat mengunjungi spot-spot snorkeling yang menarik.

Gili Lawa Laut
Cara ke sana: Kamu bisa menyewa kapal dari Labuan Bajo atau mengambil paket day cruise dari Le Pirate.


9. Nyantai di pantai berpasir putih: Pulau Bidadari

Meski namanya sama, namun suasana di Pulau Bidadari yang ada di Labuan Bajo ini sangat jauh berbeda daripada Pulau Bidadari di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Pantai indah yang terdapat di pulau ini sangatlah ideal untuk kamu yang mencari suasana yang lebih tenang.

Photo Via Nickoasmara


Photo Via Graciajuliaf


Photo Via Madebuanaputra, Prefransiskus

Pulau Bidadari
Cara ke sana: Kamu bisa menyewa kapal dari Pelabuhan Labuan Bajo. Lama perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit.


10. Menikmati keindahan pemandangan dari puncak tertinggi: Pulau Kelor

Setibanya di sini, jujur kami dibuat takjub akan pemandangan laut tenang berwarna biru sejernih kristal yang dikelilingi barisan pulau-pulau kecil.

Cara terbaik untuk menikmati keindahannya secara maksimal: Bersiaplah melakukan pendakian di medan bebatuan curam hingga mencapai puncak bukit tertinggi.


Photo Via TripCanvas

Rasa Lelah bercampur deg-degan, serta sengatan teriknya sinar matahari akan terbayar lunas begitu kamu berhasil tiba di puncak. Nggak kalah cantik dengan Raja Ampat!

Kalau ingin ke puncak bukit, siapkan stamina, tekad kuat, air minum, serta alas kaki yang bisa diandalkan (jangan remehkan ini, karena medannya benar-benar menantang)!

Pulau Kelor
Cara ke sana: Kamu bisa menyewa kapal dari Pelabuhan Labuan Bajo. Lama perjalanan sekitar 30 menit.
Protokol Kesehatan: Pengecekan suhu tubuh  | Tempat cuci tangan/hand sanitizer  | Pengurangan kapasitas  | Staf menggunakan masker 


11. Bertemu satwa purba terakhir di muka bumi!: Pulau Komodo

Ini dia salah satu satwa kebanggaan Indonesia yang nggak bisa kamu jumpai di tempat lain di dunia (well, kecuali di beberapa kebun binatang). Satwa yang dijuluki naga purba ini mendiami sebuah pulau yang sama selama ribuan tahun, Pulau Komodo.

Photo Via TripCanvas

Saking langkanya satwa ini, maka tak heran jika Taman Nasional Komodo terpilih jadi salah satu 7 Keajaiban Dunia Baru.

Puas berkunjung ke rumah Komodo (jangan lupa foto-foto!), sempatkanlah singgah ke Pink Beach dengan pasir merah muda-nya yang begitu unik. Perpaduan antara birunya laut serta pasir yang merah muda sungguh suatu pemandangan yang spektakuler!

Photo Via TripCanvas

PS:
– Pengunjung wanita yang sedang menstruasi tidak disarankan untuk berkunjung ke sini dikarenakan Komodo mampu mencium aroma darah hingga sejauh 5km.
– Sebaiknya ke sini di pagi atau sore hari, karena pada waktu-waktu tersebut Komodo biasanya keluar untuk mencari makan.

Pulau Komodo
Tiket Masuk: Rp5.000
Snorkeling: Rp15.000
Trekking: Rp10.000
Jasa pemandu/Ranger: Mulai Rp120.000 (untuk grup maksimal 5 orang)
Tiket Masuk Kapal Motor: Rp150.000
Waktu terbaik ke sini: April – Mei dan Agustus – Oktober (di pagi atau sore hari, karena saat itu komodo keluar mencari makan).
Protokol Kesehatan: Pengecekan suhu tubuh  | Tempat cuci tangan/hand sanitizer  | Pengurangan kapasitas  | Staf menggunakan masker 


12. Di sini juga ada komodo!: Pulau Rinca

Selain Pulau Komodo, di pulau ini kamu juga bisa menjumpai komodo yang berkeliaran secara bebas. Dari Pelabuhan Labuan Bajo ke Pulau Rinca menempuh waktu sekitar satu jam dengan kapal.

Menurut warga lokal, populasi komodo di sini justru jauh lebih banyak ketimbang di Pulau Komodo sendiri. Jadi kemungkinan kamu untuk bertemu satwa purba ini juga lebih besar. Tapi perlu diwaspadai, karena komodo-komodo yang ada di sini lebih buas dan agresif.

Photo Via Erlyantiseptiani, Dec_obrien

Selain reptil purba, Pulau Rinca juga terkenal akan jalur trekkingnya yang begitu epik! Sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan padang rumput nan luas, perbukitan, laut biru kemilau, dan pantai berpasir putih yang bikin takjub.

Photo Via Lyladventure, Bejoktefa

Photo Via Lookindonesia.adventure

PS:
– Pengunjung wanita yang sedang menstruasi tidak disarankan untuk berkunjung ke sini dikarenakan Komodo mampu mencium aroma darah hingga sejauh 5km.
– Sebaiknya ke sini di pagi atau sore hari, karena pada waktu-waktu tersebut Komodo biasanya keluar untuk mencari makan.

Pulau Rinca
Tiket Masuk: Rp5.000
Snorkeling: Rp15.000
Trekking: Rp10.000
Jasa pemandu/Ranger: Mulai Rp120.000 (untuk grup maksimal 5 orang)
Tiket Masuk Kapal Motor: Rp150.000
Waktu terbaik ke sini: April – Mei dan Agustus – Oktober (di pagi atau sore hari, karena saat itu komodo keluar mencari makan).

Sumber Artikel : Trip Canvas Indonesia

VIDEO

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Artikel

Jasa Pengiriman
Bank Transfer
Copyright © 2021 |Karo Gaul
%0
%100
%17
%20
%25
%30
%40
%50
%60
+0
+100
+1000
+10000
+10500
+12000
+150
+1600
+200
+2000
+250
+300
+3100
+350
+400
+4000
+50
+500
+550
$0
$100000
$12000
$120000
$1200000
$1400000
$150000
$1520000
$17000
$185000
$198000
$20000
$200000
$240000
$2400000
$250000
$2520000
$260000
$280000
$300000
$350000
$3600000
$40000
$400000
$42000
$440000
$50000
$500000
$52000
$60000
$600000
$7000
$70000
$700000
$750000
$800000
$97000
aceh
Alat Cuci Motor
APD
artikel
bali
bandung
berastagi
binjai
bogor
brando mamana
cayon
danautoba
deliserdang
disinfektan
dompet
dompet custom
Face Shield
Hand Sanitizer
Helm
Helm Gaul
humbanghasudutan
islam
jakarta
Jaket
Jaket Karo
jam
jam custom
jogja
kampus
kaos
Kaos Batak
Kaos Karo
Kaos Kemerdekaan
karo
karo artis
karo gaul
karo gokil
karo islam
karo kuliner
karo news
karo puisi
karo sumatera
karo unik
KBB
Kesing
Kesing Batak
Kesing Batik
Kesing Jawa
Kesing Karo
Kesing Simalungun
Kesing Toraja
Kesing uang
Koas Karo
kolom
kopi
kopi bali
kuningan
kurma
langkat
lombok
madu
majalengka
makanan
malang
maluku
masker
masker corona
masker custom
masker hijab
masker karo
masker scuba
maskes custom
medan
minum
Minyak Karo
Mug
Mug & Tumbler
news
pariaman
payakumbuh
Photobook
Photobook Karo
Polaroid
pop socket
powerbank
powerbank batak
powerbank karo
produk
Promo
Q&A
Reseller
samosir
sandal
sandal karo
sandalcustom
simalungun
singgamanik
siosar
solo
solok
sumaterabarat
sumedang
sumut
taput
tasikmalaya
tiger karo
Topi
topi coronar
Topi Karo
tumbler
Tumbuk lada
video
vintage
viral