Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tempat Wisata di Jakarta yang Hits dan Instagramble, Bikin Liburan Keluarga Makin Seru

wisata jakarta

Karogaul.com - Setelah sepekan penuh mengerjakan kegiatan harian, rasanya ingin sekali membawa kanak- kanak tamasya serta bermain- main di akhir minggu kan soabt gaul. Tetapi sayang, masa liburan masih jauh, jadi tidak dapat berangkat ke luar kota.

Ya, seperti itu permasalahan banyak orangtua yang tinggal di Jakarta. Ingin berangkat keluar kota tanggung, sebab waktunya sangat terbatas. Ingin ke Bandung di akhir minggu? Macet. Ke Bogor? Sama saja, macet juga. Tenang soabt gaul, di sekitaran Jakarta terdapat banyak opsi tempat wisata yang sesuai buat bawa sang kecil bermain kok. Tidak yakin? Amati nih tempat- tempat yang kami rekomendasikan!

1. Serunya surfing di tengah kota: The Wave Pondok Indah Waterpark

Tidak perlu untuk buru- buru ke Bali buat mengajak sang kecil berlatih rekreasi. Di The Wave Pondok Indah Waterpark, kanak- kanak dapat merasakan serunya surfing bagaikan di tengah laut sungguhan soabt gaul!

Flowrider memanglah jadi wahana kesukaan di waterpark ini. Inilah wahana surfing buatan awal yang terdapat di Indonesia sobat gaul, sesuai banget buat kalian yang baru awal kali berupaya berolahraga ekstrim yang satu ini. Saat sebelum menjajal langsung wahana ini, kalian hendak diberikan pengarahan terlebih dahulu. Sehabis itu, bersiaplah buat berayun di atas papan selancar menjajaki gerakan ombak buatan.

The Wave Pondok Indah Waterpark
Photo via owenath13, yes24ent_id

Sehabis berhasil berselancar, saatnya bersantai di Lazy River. Kalian pula dapat menguji adrenalin dengan berseluncur di zona Wizzard Slide yang memiliki tingkatan ketinggian berbeda.Sedangkan itu, kanak- kanak tentu bahagia bermain di Aqua Play. Mereka dapat bermain tembakan air, menanti saat- saat ember raksasa menumpahkan air, merasakan serunya berseluncur di perosotan mini yang pastinya nyaman.

The Wave Pondok Indah Waterpark
Photo via aanitaamaariaa, miso0516

The Wave Pondok Indah Waterpark
Photo via vitrivaw, primira_ruth, maulinasarbini

Oh ya, telah beraktifitas di dalam air perut juga umumnya mulai meronta memohon diisi kan? Tenang, di The Wave Pondok Indah Waterpark ini terdapat banyak opsi santapan yang dapat kalian pesan. Kalian pula boleh bawa santapan dari luar lho. Tidak hanya itu, waterpark ini terletak di zona yang sama dengan Pondok Indah Mall, jadi berakhir berenang kalian dapat langsung nge- mall deh!

The Wave Pondok Indah Mall
Harga: Rp100. 000( Weekdays); Rp150. 000( Weekend); Rp55. 000( Flowrider)
Alamat: Pondok Indah Mall, Jalan. Metro Pondok Indah, RT. 1/ RW. 16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan
Jam Operasional: 06. 00– 21. 00

2. Ayo bermain ke luar angkasa!: Skyworld Halaman Mini Indonesia Indah

Siapa sih yang tidak penasaran dengan dunia luar angkasa? Kanak- kanak tentu bahagia diajak ke mari sebab mereka dapat merasakan semacam seseorang astronot!

Skyworld Halaman Mini Indonesia Indah
Photo via putrihuerlimann, bonkabir

Coba saja langsung ke ruang pamernya. Awal masuk, kalian dapat langsung difoto semacam seseorang astronot. Kemudian wisatawan paling utama kanak- kanak hendak terbuat kagum dengan replika roket berdimensi raksasa. Eh jangan hanya dilihat dong, di zona atasnya terdapat control room yang dapat dicoba oleh sang kecil lho. Sehabis itu, terdapat sebagian pajangan yang menunjukkan aneka pengetahuan menimpa ekspedisi astronot sampai tatanan tata surya. Seru kan buat menaikkan pengetahuan?

Skyworld Halaman Mini Indonesia Indah
Photo via dhiesta, misslitaa

Sudah, itu saja? Tentunya perjalanan tidak sampai di situ. Ada dua wahana favorit pengunjung di sini yaitu Planetarium dan Cinema 5D. Eh di Cinema 5D jangan lupa pegangan ke kursi ya, karena goyangan kursinya akan membuat kamu merasa seperti benar-benar sedang terbang dan menjelajahi angkasa.

Skyworld Halaman Mini Indonesia Indah
Photo via eunikegultom, ririnmegh

Oh ya, kalau anak-anak mulai bosan dengan segala hal tentang dunia luar angkasa coba saja ajak bermain di playground. Mereka bisa bebas bermain di trampoline, menjajal wall climbing, hingga bermain seluncuran atau ayunan.
Kalau bermain ke sini jangan lupa bawa baju ganti ya. Soalnya ada area mini waterpark yang sayang untuk dilewatkan dan sudah termasuk ke dalam tiket Skyworld lho!

Skyworld Taman Mini Indonesia Indah
Tiket Masuk: Rp70.000
Alamat: Taman Among Putro Skyworld Indonesia, Jl. Taman Mini Raya, RT.1/RW.10, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI
Jam Operasional: Senin-Kamis, 09.00 – 17.00 | Sabtu-Minggu, 08.00 – 17.00 | (Jumat tutup)

3. Menikmati panorama kota dari kincir raksasa (bianglala) tertinggi di Indonesia: J-SKY Ferris Wheel

Berada di area rooftop bangunan berlantai tiga AEON Mall Jakarta Garden City, bianglala bernama J-SKY Ferris Wheel ini memiliki diameter berukuran 50 meter dan merupakan yang tertinggi di Indonesia – puncak tertingginya lebih dari 100 meter dari permukaan tanah!

J-SKY Ferris Wheel
Photo via Azwar-Hadi

Terdapat 32 gondola yang bisa kamu pilih dengan kapasitas maksimal 6 orang per gondola. Uniknya, setiap gondolanya dilengkapi dengan penyejuk udara. Bahkan ada dua buah yang khusus menggunakan sofa kulit yang empuk. Nyaman banget deh.

J-SKY Ferris Wheel
Photo via aanmocha

Ingin menikmati pemandangan Jakarta di siang atau malam hari secara lebih intim berdua pasangan? kamu juga bisa menyewa satu gondola sendiri dengan tarif khusus!

J-SKY Ferris Wheel
Photo via aurelia_siska

Nggak usah cemas soal keamanan, karena bianglala dengan LCD raksasa ini dibangun menggunakan material yang dibawa langsung dari Jepang dan diklaim tahan gempa. Awesome!

J-SKY Ferris Wheel
Photo via ferriswheel.jsky, yantieholid9186

J-SKY Ferris Wheel
Tiket Masuk: Rp50.000 (Weekday); Rp60.000 (Weekend) | Couple Rp150.000 | VIP Rp300.000 | Jsky Rhythm Rp200.000
Alamat: AEON MALL Jakarta Garden City, RT.8/RW.6, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, DKI
Jam Operasional: 10.00 – 22.00

4. Melihat kehidupan bawah laut, halo SpongeBob!: Jakarta Aquarium

Tahu nggak sih kalau sekarang kamu bisa melihat kehidupan bawah laut di dalam mall? Kalau kamu pernah mengunjungi Sea Life Bangkok Ocean World, nah Jakarta Aquarium ini juga tidak kalah menarik lho.

Jakarta Aquarium
Photo via jakartaaquarium

Sebuah akuarium besar berisi aneka jenis ikan langsung menyambut pengunjung saat pertama kali masuk ke sini. Jakarta Aquarium ini memang dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kategori ikannya. Yang menarik, ada sebuah akuarium berbentuk lorong kecil dimana kamu bisa masuk ke dalamnya dan melihat linsang yang lincah dari dekat.

Jakarta Aquarium
Photo via fragajah

Jakarta Aquarium
Photo via ria_kenzo_victor

Anak-anak pasti senang melihat ikan yang sibuk menari-nari di dalam air. Kalau mereka sudah semakin penasaran dan ingin bermain dengan hewan-hewan kecil ini, segera pergi ke area touch pool. Di area ini, si kecil bebas menyentuh hewan laut yang menggemaskan. Oh ya, jangan lupa juga untuk menyaksikan kegiatan feeding time saat para penyelam masuk ke dalam akuarium untuk memberi makan ikan. Seru deh!

Masih kurang? Jakarta Aquarium punya pertunjukan teatrikal menarik bertemakan Pearl of the Sea yang tak boleh dilewatkan.

Jakarta Aquarium
Photo via jakartaaquarium

Selain menyenangkan untuk anak-anak dan bisa menambah pengetahuan mereka, nilai plusnya tempat ini juga Instagramable, lho. Kamu bisa mendapatkan foto siluet nan indah dengan latar belakang ikan-ikan. Nah selesai berkeliling, kamu bisa langsung belanja atau cari makan deh di mall. Praktis kan?

Jakarta Aquarium

Tiket Masuk: Weekdays, Rp150.000 (dewasa); Rp125.000 (anak-anak) | Weekend, Rp200.000 (dewasa), Rp150.000 (anak-anak)
Alamat: Neo SOHO Floor LG 101 – LGM 101, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28. Jakarta Barat
Jam operasional: 10.00-20.00

5. Di sini ada action figure Star Wars super langka!: Museum of Toys

Bisa dibilang inilah surganya bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Siapa sih yang tidak suka mainan?Dua lantai gedung ini dipenuhi dengan ribuan koleksi mainan yang menarik. Memang sih kebanyakan mainan yang dipamerkan adalah action figure. Tapi kalau kamu adalah fans dari tokoh-tokoh kartun atau superhero, pasti puas deh memandangi semua koleksi museum ini.

Museum of Toys
Photo via onepikapi, reggyalexander, tomodachiisland

Museum of Toys
Photo via jo_johny, valentinameiliyana, deasykezia,
eiffelelle

Selain koleksinya yang lengkap, ada beberapa mainan super langka yang bahkan cuma bisa kamu temukan di sini. Salah satunya adalah action figure salah satu tokoh Star Wars ini yang lagi menggendong wanita. Cuma satu-satunya di Indonesia lho!Jangan heran, karena semua koleksi yang dipajang ini memang koleksi pribadi sang pendiri museum yang sudah dikumpulkan sejak 14 tahun silam.

Museum of Toys
Photo via sjunior22, michellechristabelll

Tapi, bersiaplah jika pulang dari sini anak-anak langsung mengajak pergi ke toko mainan dan minta membeli semuanya.Oh ya, di lantai dasar juga terdapat cafe. Kamu bisa mengisi perut dengan aneka makanannya yang lezat atau sekadar menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Museum of Toys
Photo via quinnlanachandra, moteatery, moteatery

Museum of Toys
Tiket Masuk: Weekdays, Rp60.000 | Weekend, Rp80.000
Alamat: Rukan CBD, Blk. L No.1, RT.006/RW.003, Gondrong, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten
Jam Operasional: Minggu-Kamis, 09.00 – 18.00 | Jumat & Sabtu, 09.00 – 20.00

6. Siapapun bisa jago masak di sini: Kitchen Magic

Yang membedakan Kitchen Magic dengan kebanyakan kelas masak lainnya adalah kamu tidak perlu booking jauh-jauh hari untuk ikut kelas belajar memasak. Jadi setiap saat si kecil ingin bermain masak-masakan, kamu bisa langsung mengajak mereka ke sini.

Terdapat beragam kelas memasak yang dikualifikasikan berdasarkan usia, yaitu kelas memasak untuk anak, remaja, hingga dewasa. Untuk anak-anak, mereka bisa berkreasi sendiri menghias kue kering berbagai bentuk dengan icing warna-warni.

Kitchen Magic
Photo via rebecca_siska, maialevoc, b13chu

Selain itu, program Mom & Kids juga tidak kalah seru. Di program ini, kamu bisa menguji kekompakan bersama si buah hati dalam memasak kue atau makanan. Mama-mama juga bisa belajar bikin bento lho. Solusi untuk si buah hati yang susah makan, dijamin mereka pun akan menyantapnya dengan lahap.

Kitchen Magic
Photo via ndachays

Untuk ikut kelas masak di sini, kamu tidak perlu repot membawa alat masak ataupun bahan makanan dari rumah karena semuanya sudah tersedia di sini. Praktis kan? Selesai memasak, hasil karya kamu juga bisa dibawa pulang.

Kitchen Magic
Tiket Masuk: Rp60.000 untuk Paket cookies decoration (2 cookies) | Rp150.000 untuk cooking class | Rp210.000 (cooking class & cake decoration)
Alamat: Mal Kota Kasablanka, lantai 2, Jalan Casablanca No.88, Menteng Dalam, Tebet, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI
Jam Operasional: 11.00 – 20.00

7. Keluarkan kemampuan detektif kamu dan pecahkan teka-teki: Pandora Experience

Suka tantangan? Belum sah kalau belum mencoba permainan yang satu ini, Pandora Experience!

Cocok nih untuk kamu yang suka cerita misteri ataupun seri detektif. Selama 120 menit, beragam tantangan misteri penuh teka-teki siap mengasah otak kamu. Saat masuk ke area permainan, pikiran kamu akan dibawa terbang jauh ke dunia misteri – bahkan dekorasi ruangan dan efek suaranya sangat mendukung.Dijamin kamu pasti lupa kalau ini hanyalah sebuah permainan dan bukan di dunia sungguhan!

Pandora Experience
Photo via frezae, ladymeitha, cathrinnatalia, nadyherdian

Untuk memecahkan permainan ini, ajak juga teman-teman kamu. Buktikan kekompakan kalian dengan bekerjasama menemukan jawaban ataupun jalan keluar dari permainan ini.

Pandora Experience

Bermain berkali-kali pun dijamin tidak akan membuat kamu bosan karena Pandora Experience punya banyak tema dan episode permainan yang harus kamu selesaikan.
Agar tidak semakin penasaran, langsung rasakan sendiri sensasi bermain escape game ini yuk!

Pandora Experience
Tiket Masuk: Mulai Rp150.000
Alamat 1: Jl. Boulevard Bar. Raya No.46, RT.2/RW.9, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, DKI
Jam Operasional: 12.00 – 22.00 (Mall Ciputra & Ruko Puri) 

8. Saatnya mengenalkan boardgame pada anak: Arcanum Hobbies Boardgame

Minta si kecil untuk melupakan gadget-nya untuk sementara waktu, karena mereka akan dikenalkan dengan permainan boardgame yang tidak kalah seru!Kalau ini kali pertama si kecil bermain boardgame, jangan khawatir karena para staf di sini sangat ramah dan sabar menjelaskan setiap detail permainan. Karena mayoritas permainan dilakukan secara berkelompok, jadi anak-anak juga bisa bersosialisasi dengan pemain lainnya.

Arcanum Hobbies Boardgame

Untuk kamu pecinta boardgame, dijamin betah berlama-lama di sini. Ada ratusan pilihan tema permainan yang bisa dimainkan. Selain itu tempatnya yang luas dan tenang membuat kamu lebih leluasa dalam bermain. Setiap box permainan akan menguji kemampuan setiap pemain untuk meraih kemenangan.

Arcanum Hobbies Boardgame
Harga: Mulai Rp55.000
Alamat: Kuningan City, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kav.18, RT.7/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, DKI
Jam Operasional: 13.00 – 22.00

9. Naik perahu keliling hutan mangrove: Taman Wisata Alam Mangrove

Siapa bilang liburan di Jakarta cuma bisa main di dalam ruangan? Coba deh main ke Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke!Di sini kamu bisa menyusuri jembatan kayu untuk mengelilingi hutan mangrove. Tapi kalau mau lebih seru, bisa juga sewa kapal lho. Kece kan buat foto-foto? Untuk kapasitas kapal yang disediakan pun beragam mulai dari dua orang hingga 8 orang.

Taman Wisata Alam Mangrove
Photo via isaicha24@yuka.catologist

Taman wisata ini areanya cukup luas, selain itu matahari terasa begitu terik di sini. Jadi pastikan kamu dan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman, topi, dan mengoleskan sunblock ya! Jangan lupa tambahkan lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.

Taman Wisata Alam Mangrove
Photo via fir.nr, tjie_tanjung, sebumi.id_

Sayangnya, para pengunjung tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Jadi pastikan kamu membelinya terlebih dulu di kantin yang tak jauh dari pintu masuk. Selain itu, kamera yang digunakan pun hanya boleh kamera smartphone saja. Untuk penggunaan kamera profesional di sini akan dikenakan biaya tambahan.

Oh ya, ada satu lagi spot favorit untuk pengunjung berfoto yaitu di depan deretan pondok kemah yang bentuknya unik ini. Jika berminat, para pengunjung juga memang bisa menginap di pondok-pondok ini. Mau pilih kamar ber-AC atau tidak, semuanya ada di sini!

Taman Wisata Alam Mangrove
Photo via herrikaclara, tije_tanjung, harie.catur_

Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke
Tiket Masuk: Rp 10.000 (anak) | Dewasa, Rp25.000 (Weekdays); Rp30.000 (Weekend) | Sewa perahu mulai Rp100.000
Alamat: Jalan Garden House No.4, RT.4/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, DKI
Jam Operasional: 07.00 – 18.00 Wib

10. Puas bermain di indoor theme park terbesar di Indonesia: Trans Studio Cibubur

Enaknya main di indoor theme park itu, cuaca apapun nggak jadi masalah. Apalagi kalau mainnya di indoor theme park terbesar di Indonesia, wah pasti puas banget! Wahana permainannya banyak dan modern dengan teknologi terbaru. Keren kan?

Trans Studio Cibubur
Photo via andrew_warren2704, aurell_davina

Trans Studio Cibubur
Photo via denno.chen, ririnfajarini, ajengnrfh

Trans Studio Cibubur
Photo via ririnfajarini

Tapi yang paling seru adalah wahana Jurassic Island. Para pengunjung akan diajak bertualang di antara dinosaurus dan menyelamatkan diri dari rekayasa genetika yang mengancam mereka. Efek dari tata cahaya, suara, dan teknologi 4D-nya benar-benar membuat petualangan ini terasa begitu nyata. Apalagi saat kapal yang kamu naiki “terjun” dari ketinggian 12 meter. Seru!

Trans Studio Cibubur
Photo via yosanoova, rio_hijaudaun

Mau yang lebih seru lagi? Di Trans Studio Cibubur ini ada salju lho! Area snow playground pasti akan jadi wahana favorit si kecil. Dingin saljunya akan membawa mereka seperti sedang berlibur di Swiss. Jadi pastikan anak-anak sudah mengenakan baju hangat sebelum main di area ini ya. Yuk bikin boneka salju!

Trans Studio Cibubur
Tiket Masuk: Weekdays, Rp300.000 | Weekend, Rp400.000
Alamat: Jalan Alternatif Cibubur No.230, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. 
Telepon: (021) 2598 2111
Jam Operasional: 09.00 – 22.00

11. Bukan kebun binatang biasa!: Faunaland Ancol

Di sini kamu benar-benar bisa lebih dekat dengan aneka fauna bahkan bercengkrama dengan mereka lho!Tidak seperti kebun binatang pada umumnya di mana pengunjung hanya bisa melihat aneka hewan dalam kandang dari jarak yang cukup jauh, di Faunaland kamu bahkan bisa duduk di sebelah singa! Tenang dulu, tetap ada sekat kaca bening tebal untuk menjaga agar keselamatan dan keamanan para pengunjung tetap terjaga.

Faunaland Ancol
Photo via christinesaputro, disainnocentia

Setelah puas menyapa singa dari balik kaca, saatnya memberi mereka makan. Ada sebuah corong yang memang disediakan untuk para pengunjung memberi makan langsung kepada hewan buas ini dengan membayar tambahan biaya. Lalu pengunjung akan mendapatkan sepotong daging untuk dilempar ke dalam corong dan….. Selain singa, kamu juga bisa kasih makan burung-burung lho.

Nah masuk ke area burung juga tidak kalah menarik. Aneka jenis burung terbang bebas ke sana ke mari. Kamu juga bisa berfoto bersama mereka. Berani? Selain hewan yang mudah ditemui, Faunaland juga memamerkan beberapa hewan langka. Lihat saja kura-kura raksasa yang usianya sudah lebih dari 50 tahun.

Faunaland Ancol
Photo via kartikahadi, astridivan, niken_ikenz, fardhankhan

Terakhir, kamu bisa ajak si kecil menyusuri sungai menggunakan perahu. Rasanya seperti sedang menelusuri sebuah hutan belantara! Atau, mereka juga bisa menunggang kuda poni yang menggemaskan.

Faunaland Ancol
Photo via melaney_ricardo, dinidjoemiko, analisa.widyaningrum

Faunaland
Tiket Masuk: Weekdays, Rp65.000 | Weekend, Rp75.000 | HTM + River Cruise, Rp90.000 (weekdays); Rp100.000 (weekend)
Alamat: Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, DKI
Jam Operasional: Weekdays, 09.00 – 17.00 | Weekend, 08.00 – 17.00 Wib

12. Hanya untuk kamu si pemberani: Outboundholic Ancol

Ngaku pemberani? Yuk uji nyali kamu untuk melewati semua rintangan yang ada di Outboundholic Ancol.

Ada empat zona dengan rintangan berbeda yang harus kamu lewati. Mulai dari zona hijau dengan rintangan yang masih tergolong mudah hingga zona hitam yang punya rintangan tersulit. Coba saja meluncur di flying fox mereka yang punya ketinggian setara dengan gedung 7 lantai dan panjangnya mencapai 480 meter!

Eh tapi bukan hanya flying fox yang bisa kamu jajal di sini, masih ada wahana lainnya seperti hiking bridge, monkey track, hingga climbing wall yang siap menanti.

Outboundholic Ancol
Photo via amilianarp, outboundholicancol

Outboundholic Ancol
Photo via indriaputri.k, cuimeyda

Untuk bisa mencoba semua rintangan yang ada, pengunjung diharapkan melakukan reservasi terlebih dulu. Kamu bisa menjajal area outbound ini sendiri atau beramai-ramai bersama teman agar lebih seru. Oh ya setiap peserta outbound minimal memiliki tinggi 150 meter ya.

Outboundholic Ancol
Photo via rianightingale, devighesiyah

Kalau sudah mulai terasa lelah dan perut mulai lapar, di area yang sama juga ada beberapa booth yang menjual aneka makanan. Jadi, jangan khawatir kelaparan setelah menguras tenaga di Outboundholic ini.

Outboundholic Ancol
Tiket Masuk: Weekdays, Rp100.000 | Weekend, Rp120.000
Alamat: Jl. Lodan Timur, Pademangan, Ancol, Kota Jakarta Utara, Jakarta
Jam Operasional: 09.00 – 16.00

13. Bebas melompat setinggi langit: Houbii Urban Adventure Park

Satu lagi nih wahana permainan kebanggaan warga Jakarta Selatan. Di sini, kamu bisa bebas melompat di atas trampoline setinggi-tingginya.

Selain area trampoline yang cukup luas, kalau kamu pernah menyaksikan acara televisi Benteng Takeshi nah di sini juga pengunjung bisa menjajal tantangan serupa. Sebanyak 42 tantangan di area High Rope Course akan menguji keseimbangan dan ketangkasan kamu. Ada juga area Ninja Course Obstacles yang akan mengajak para pengunjung untuk berkompetisi menyelesaikan seluruh tantangan secepat mungkin bak Ninja Warrior.

Houbii Urban Adventure Park
Photo via bellaiw

Masih punya cukup keberanian untuk mencoba wahana lain? Masih ada X Slide! Dari namanya saja sudah jelas kalau wahana ini cukup ekstrim untuk dicoba. Bayangkan, kamu akan meluncur dari ketinggian 7 meter dengan sudut kemiringan 90 derajat!

Serunya, tempat ini didesain untuk bisa digunakan pengunjung dari berbagai usia. Bahkan anak-anak yang usia 1,5 tahun sudah bisa bermain di sini lho. Dan pastinya keselamatan dan keamanan pengunjung menjadi perhatian utama di tempat ini. Tapi tentu saja, kamu tetap harus mengawasi anak-anak agar tidak cedera.

Houbii Urban Adventure Park
Photo via ruby_novellin

Houbii Urban Adventure Park
Tiket Masuk: Rp225.000 untuk solo tiket
Alamat: Jl. Metro Pondok Indah Blok BB No.3, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI
Jam Operasional: Weekdays, 12.00 – 21.00 | Weekend, 08.00 – 21.00 Wib

14. Olahraga makin semangat kalau di sini: Allianz Ecopark

Minggu pagi memang enaknya olahraga bareng keluarga. Nah agar suasananya terasa berbeda, coba deh olahraga di Allianz Ecopark Ancol ini.

Allianz Ecopark
Photo via zeline_mus

Kalau kamu datang di pagi atau sore hari, suasananya cukup tenang dan sejuk karena banyak pohon rimbun di sekelilingnya. Pengunjung bisa berlari atau bersepeda mengelilingi area ini. Bisa juga berhenti di beberapa spot yang menyediakan fasilitas olahraga, gratis!

Allianz Ecopark

Selesai berolahraga, kamu bisa berkeliling danau dengan menggunakan sepeda bebek air. Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk mengenal aneka macam tumbuhan dan hewan langka yang ada di area Eco Care dan Eco Nature.

Allianz Ecopark
Photo via samuelmogenpratama, daesihyulia

Allianz Ecopark
Tiket Masuk: Gratis (untuk masuk wahana tertentu di dalamnya dikenakan tarif khusus)
Alamat: Ecopark, Jalan Lodan Timur No 7 Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. 
Jam Operasional: 06.00 – 18.00

15. Indonesia (plus Jurassic Park!) dalam satu hari: Taman Mini Indonesia Indah

Semua orang Indonesia tahu bahwa tempat ini adalah salah satu yang harus dikunjungi bila ke Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah
Photo via siputpantura

Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki lahan yang sangat luas, sekitar 150 hektar. Sulit menerangkan apa yang ada di dalamnya secara lengkap lewat tulisan dua paragraf. kamu akan menjumpai paviliun dari setiap provinsi yang ada di Indonesia, termasuk di dalamnya rumah-rumah adatnya (dan jangan sampai melewatkan danau yang ada di sini, karena ada gambaran wilayah kepulauan Indonesia!), lebih dari 15 museum, lebih dari sepuluh taman, teater dan juga wahana bermain.

Taman Mini Indonesia Indah
Photo via ichanaikay,alleviasyarif,viktoriya antipina,natalia.safitri

Salah satu wahana yang sedang naik daun adalah ‘Taman Legenda’, yang didalamnya berisikan beragam dinosaurus (bayangkan Jurassic Park!).Atraksi ikonik lainnya adalah teater Keong Mas (yang gedungnya berbentuk menyerupai keong), Bioskop 4D, Istana Anak Indonesia dan banyak lagi lainnya.

Taman Mini Indonesia Indah
Photo via billybaim86,alinsyirahprimariani,ilanalansyah,willmanwardhana

Selain itu, kamu juga bisa bermain air di wahana Snowbay Waterpark dengan tema pegunungan salju ini punya wahana terbaru The Cruise New Swimming Pool yang diluncurkan pada 2018 lalu. Di Snowbay, kamu bisa seru-seruan di kolam ombak yang punya 7 jenis ombak dengan ketinggian berbeda, berpesta dalam kolam busa, hingga bersantai di Typhoon River yang merupakan kolam arus terpanjang di Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah
Photo via agunkdunford,bundanyanabilah

Tunggu apalagi, jangan lupa kemas pakaian renang kamu dan nikmati Snowbay seharian!

Taman Mini Indonesia Indah
Tiket Masuk: Rp20.000 (belum termasuk biaya masuk kendaraan) | Tiket Snowbay: Rp140.000 (weekdays); Rp180.000 (weekend)
Alamat: Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta
Jam Operasional: 07.00 – 22.00 Wib

16. Waktunya basah-basahan bersama keluarga!: Waterbom Jakarta

Waterbom merupakan destinasi wisata keluarga paling favorit di Indonesia. Tak hanya ada di Bali, tapi juga di Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

Waterbom Jakarta, yang berada di lahan seluas 3,8 hektar, dibangun dengan tema taman tropis dan indah, yang di dalamnya diisi dengan perosotan dan seluncuran yang luar biasa, seperti di antaranya Speed Slide, yang kecepatannya bisa mencapai angka 70 km/jam, atau Twitzer, yang memiliki rute melingkar dan berujung di sebuah kolam. Sepertinya menyenangkan, bukan?

Taman Mini Indonesia Indah

Wahana ini di-branding sebagai ‘The Urban Cool’ (sementara yang di Bali dengan ‘Tropical Cool’), yang sepertinya sangat cocok bila mempertimbangkan jaraknya dari pusat kota. Jakarta yang supersibuk dan panas bisa dengan mudahnya diubah menjadi Jakarta yang menyenangkan dan basah di Waterbom.

Sebagai tambahan, di sekitar wahana Waterbom juga terdapat sejumlah restoran dan cafe yang menyenangkan, tempat yang pas untuk keluarga bersantai setelah bersenang-senang di wahana wisata air tersebut.

Waterbom Jakarta

Tiket Masuk: Weekdays, Rp190.000 (dewasa); Rp130.000 (anak-anak) | Weekend, Rp290.000 (dewasa); Rp230.000 (anak-anak)
Alamat: Jln Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara 
Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 19.00 Wib

Jadi sudah tahu mau ajak anak-anak liburan ke mana weekend nanti?
Demikian ulasan singkat mengenai "15 Tempat Wisata di Jakarta yang Hits dan Instagramble, Bikin Liburan Keluarga Makin Seru" agendakan jadwal wisatamu dari sekarang. Happy holiday . . .