Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cafe Juma : Tempat Nongkrong Anak Gunung Sebelum Pulang Kampung ataupun Balik ke Kota



Karogaul.com - Saat berkunjung ke Berastagi dan Kabanjahe, sempatkan lah berkunjung ke Cafe Juma. Tempatnya tidak jauh dari Kota Kabanjahe hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Bagi pengemar traveling, terutama yang suka kopi, bolehlah datang. Cafe ini bukan sekedar cafe biasa.

Cafe Juma yang didirikan oleh pemiliknya (Antony Bangun). Ini sebuah idealisme yang meliputi perkebunan Kopi Arabika Karo (Kopi Bru Karo), Wisata Alam yang Indah, dan Cafe

Cafe Juma

Memang saat ini tanaman Kopi mulai mendapat perhatian para petani dan masyarakat Tanah Karo. Sebelumnya selama puluhan tahun, Tanah Karo dikenal sebagai salah satu sentra penghasil sayuran terbesar di Indonesia, bahkan sebagian memenuhi kebutuhan ekspor ke Singapore dan Malaysia.

Tapi dalam 10-20 tahun terakhir, hasil dari sayuran, semakin mengecil. terutama sejak adanya ketidakpastian abu vulkanik Gunung Sinabung yang sangat mengganggu tanaman sayur para petani. Termasuk juga buah-buahan semacam Jeruk, Markisah, dan Terong Belanda.



Kita tetap harus mempertahankan pentingnya dataran tinggi Karo sebagai penghasil sayuran dan buah-buahan untuk keperluan dalam negeri dan ekspor. 

Tetapi mulai berkembangnya perkebunan Kopi Karo, perlu kita antisipasi secara cepat. Kopi Arabika tampaknya mulai memainkan peran yang semakin penting di masa yang akan datang.

Cafe Juma

Tentu saja, hasil yang lebih banyak kalau kita bisa meningkatkan value added dari tanaman Kopi Arabika Karo ini, seperti dalam bentuk Roasted, Ground, atau diekspor ke luar negeri. Termasuk dengan membuka Cafe-cafe.

Lokasi Wisata

Jalan Rakoetta Brahmana KM. 13.7 (Lintas Kabanjahe, Jl. Kutacane, Kineppen, Munte, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153

Cafe Juma

Daya Tarik Wisata

Anda akan disambut dengan aksen kayu seentero ruangan beserta gagahnya gunung sinabung di sisi sebelah kiri. Saat itu gunung sinanbung lagi erupsi kecil. Area terbagi beberapa bagian.

Cafe Juma
 
Yang mau menikmati sejuknya udara tanah karo dan melihat bagusnya gunung sinabung bisa duduk di luar, ada juga area didalam untuk menikmati interior cafe ini yang memang didominasi kayu tua, lampu lampu gantung kecil, bar tempat barista meracik ramuan kopi.

Cafe Juma
 
Warna earth tone-nya yang bakalan buat kamu jatuh hati dan suasana warm -nya sangat terasa. Enak memang berlama lama duduk disini bersama keluarga atau kawan. Gak bakal bosan dan memang pas cuacanya yang dingin syahdu.

Cafe Juma

Duduk disana ditawarkan langsung sama pramusajinya. Disini kita bisa juga nih ngeliat baristanya langsung nge-ramu kopi pesenan kita. 

Modelnya open bar dengan aksen pilar lampu bohlam disekililing bar. Bagian ini yang paling saya suka dan buyar semua tuh bayangan saya tentang cafe ini karena katanya kedai kopi khas karo.

Demikian ulasan singkat tentang ''Cafe Juma : Tempat Nongkrong Anak Gunung Sebelum Pulang Kampung ataupun Balik ke Kota'' kapan nih sobat gaul singgah di cafe keren ini ?  

Artikel : Karo Gaul, Toto Zurianto, Willem A Sinuraya, Natra Rahmani