Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebun Teh Kemuning Tawangmangu : Wisata Keren di Solo yang Hijaunya bikin Hati dan Pikiran jadi Adem

kebun teh kemuning

Karogaul.com
- Objek wisata yang satu ini memiliki pesona alam yang indah. Simak Info tentang lokasi, tiket masuk, dan fasilitas kebun the kemuning di bawah ini.

Kebun Teh Kemuning TawangmanguPhoto by @i_isnaa

Jika kamu sedang kamu bingung mencari area wisata di area sekitar Solo? Wisata kebun teh ini sepertinya bisa jadi alternatif pilihan kamu selagi liburan bersama teman, pacar, atau keluarga. 

Wisata alam yang satu ini terlampau bagus untuk kamu yang suntuk dengan rutinitas dan hiruk pikuk perkotaan. Nuansa alam dan pedesaan yang asri, hamparan kebun teh yang berwarna hijau, hawa yang sejuk dapat menyambut kedatanganmu.
Kebun Teh Kemuning TawangmanguPhoto by @isnadseptiana

Awalnya kebun teh Kemuning merupakan lahan daerah penduduk sekitar mencari nafkah. Yang setiap harinya kebun teh Kemuning sanggup mengolah teh sebanyak 11 ton. Namun, karena pesonanya yang cantik, kebun ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik dari tempat Solo maupun luar kota.

Fasilitas di Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Photo by @luthfi_suryanto

Fasilitas yang ada di kebun teh kemuning terbilang lengkap. Seperti tersedianya toilet, musola, rumah makan, toko souvenir, hingga penginapan gais. 

Bila kamu sedang mendatangi kebun teh kemuning ini, coba singgah ke Rumah Makan Teh Ndoro Donker. Rumah makan ini mengusung rancangan kolonial Belanda dan bayak direkomendasikan oleh para wisatawan. Menu yang tersedia juga bervariasi mulai dari jenis teh, ubi rebus, pisang bakar, dan aneka jajanan.

Photo by @sundarienny

Ada terhitung fasilitas outbound layaknya flying fox, tubing (susur sungai bersama ban), paint ball, dan berkuda dengan tarif tertentu. Titik kebun teh Kemuning yang paling kondang adalah Kali Pucung. Sebab miliki banyak variasi wahana permainan yang cocok sekali untuk kamu dan keluarga.

Di Kebun Teh Kemuning terhitung terkandung banyak spot foto yang sesuai untuk mengabadikan kenangan indah liburan kamu dan kawan-kawan.

Lokasi Kebun Teh Kemuning

Photo by @sheni_putri

Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu berlokasi 25 kilo mtr. berasal dari pusat Kota Solo. Tepatnya lebih kurang 10 km timur laut jalan utama Solo-Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Kebun teh Kemuning merupakan bukit dengan ketinggian yang bervariasi pada 800 hingga 1500 mdpl, luas areanya kira-kira 437 hektar. Dari kebun teh ini,  kamu akan disuguhkan keindahan puncak Gunung Lawu.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Photo by @rizky_ardhy

Untuk menuju Kebun Teh Kemuning kelen bisa memanfaatkan kendaraan khusus (motor atau mobil) maupun trasportasi umum. 

Apabila kamu hendak gunakan trasportasi umum, naiklah angkutan lazim rute Karangpandan, Ngargoyoso dan Jenawi. Anda dapat lewat jalan Raya Solo-Karanganyar, sesudah itu lanjut menuju arah Karangpandan. Apabila Anda menuju ke arah Candi Sukuh atau Air Terjun Jumok, beloklah ke kiri dan mengikuti jalur selanjutnya hingga di kebun teh kemuning.

Harga Tiket Masuk

Photo by @meylindacaca

Untuk budget tiket masuknya, gak usah khawatir akan mahalnya. Karena pengunjung cuma membayar biaya masuk ke daerah perkebunan teh sebesar Rp 3.000 per orang dan parkir kendaraan sebesar Rp 2.000. Sangat murah bukan untuk panorama yang sukar Anda peroleh di perkotaan?

Photo by @memaerma

Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Bagi para sunrise hunter,  kalian dapat melihat sunrise di lokasi kebun teh Kemuning. Datang saja saat pukul 04.00 pagi untuk nengok - nengok keindahan panorama matahari terbit disini gais.

Photo by @rockza_245

Inilah sedikit infomasi tentang Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu. bila kamu udah mengambil keputusan untuk berlibur ke wisata ini, jangan lupa membawa jaket karena suhu di sana cukup dingin sekitar 21,5 derajat Celcius. Serta siapkan termasuk duit yang cukup, gara-gara di sana belum tersedia sarana ATM. Jangan hingga Anda kehabisan uang di kebun teh kemuning. Selamat berlibur sahabat gaul!