Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Curug Tersembunyi di Bogor dengan Panorama Indah yang Memanjakan Mata

Curug Tersembunyi di Bogor

Karogaul.com - Bogor diketahui dengan surganya wisata air terjun ataupun yang dalam bahasa Sunda diucap Curug. Perihal ini tidak mengherankan mengingat topografi daerah ini sebagian besar berbentuk dataran besar pegunungan.Makanya, tidak salah bila banyak yang menjuluki Bogor sebagai Surga 1000 Air Terjun, saking banyaknya air terjun. Apalagi tiap tahun kayaknya terdapat saja curug- curug baru yang ditemui, sampai- sampai kami kesusahan sendiri membuat postingan ini.

Nah, bila sobat gaul mempunyai jiwa bersemangat dalam mengeksplor atau menjelajah bermacam letak curug tersembunyi di Bogor sobat gaul, saatnya berkemas serta rasakan keelokan alam Bogor dengan nuansa fresh curug yang membuat sobat gaul tidak henti berdecak kagum sampai lupa mengedipkan mata. Terlebih lokasinya terbilang dekat dari Jakarta, lumayan sempatkan waktu di akhir minggu dan Andapun dapat sejenak“ kabur” dari hiruk- pikuk kota!

1. Meniti tangga bambu yang curam mengarah surga tersembunyi: Curug Kiara

Dari sekian banyak air terjun yang terdapat di Bogor sobat gaul, curug yang satu ini nyaris terdapat di dalam bucket list para pemburu air terjun sekaligur Instagrammer yang bernyali.


Photo Via Curug_kiara, Zay010391

Alasannya merupakan karena buat bisa menikmati air terjun nan indah di antara jepitan tebing yang menjulang dibutuhkan usaha yang tidak gampang. Sobat gaul wajib menuruni tangga bambu yang licin dengan kemiringan 90 derajat! Jadi kewaspadaan serta kehati- hatian amat dibutuhkan.


Photo Via Yudhieyudhiestira, Suhermansu_21

Tetapi seluruh usaha tersebut sama sekali tidak akan percuma sobat gaul. Tidak hanya hening, di sini suasananya betul- betul terasa masih natural. Udaranya sejuk, aliran airnya begitu adem serta jernih, apalagi seakan kita lagi berada di sebuah hutan purba.


Photo Via Curug_kiara, Uglio_odio

Bila Kamu lumayan teliti dalam mencari sudut pengambilan foto sobat gaul, hingga bersiaplah membuat sahabat Kamu iri memandang hasil gambar yang begitu spektakuler di sini!

Curug Kiara
Tiket Masuk: Rp10. 000
Lokasi: Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor

2. Pertemuan antara air belerang serta air terjun: Curug Cikawah

Mau istirahat sejenak dengan air panas yang menenangkan sobat gaul? Kenapa tidak coba mendatangi Curug Cikawah?

Curug yang terletak di Desa Ciasmara ini mempunyai rute yang licin serta terjal. Menapaki jalur ke situ sobat gaul hendak menciptakan pertmuan 2 aliran sungai ialah di sebelah kiri airnya sangat jernih serta dingin dan dapat diminum, sebaliknya di sebelah kanan airnya hangat serta bercampur sulfur yang ialah aliran Curug Cikawah. Unik bukan?


Photo Via Dannytau212, Ar. fian_0123

Tidak jauh dari situ, sobat gaul hendak memandang kepulan asap dari kawah dengan berlatarkan curug serta bebatian. Tempat ini pula tercantum spot terkenal buat gambar lho sobat gaul. Sepanjang mata memandang hendak menangkap panorama alam tumpukan bebatuan, kepulan asap belerang, serta barisan hijau pepohonan.


Photo Via Dokter. ade_setiawan, Zackuchiha24


Photo Via Kusti_whu

Jangan lupa pakai sepatu kets ataupun yang sepatu berbahan kokoh sobat gaul, sebab jalanan di mari lumayan curam serta ekstrem diiringi bebatuan besar yang pastinya berisiko membuat kaki baret bila tidak dilindungi alas kaki yang kokoh.

Curug Cikawah
Lokasi: Desa Ciasmara, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor

3. Perjalanan panjang serta berliku mengarah air terjun: Curug Dengdeng Rumpin

Lagi- lagi, jangan keliru dengan Curug Dengdeng yang terdapat di kota lain ya( Tasikmalaya), sebab air terjun yang satu ini lokasinya tersembunyi di Desa Leuwi Batu, Bogor.

Ya, saking tersembunyinya, kemampuan sobat gaul berkomunikasi pada masyarakat dekat dapat diuji di sini sebab hampir tidak terdapat tanda ataupun gapura masuk. Andapun wajib melewati kebun masyarakat serta menyeberangi hutan, melewati jembatan, serta sungai.


Photo Via Dharust, Moehammadanto92

Jika dapat dibilang, panorama alam air terjun ini indah sekalian mistis. Walaupun keanggunan lekukan formasi bebatuan yang membingkai air terjun ini terbilang lumayan menawan sobat gaul, tetapi air terjun ini dikira keramat oleh masyarakat dekat. Salah satu pantangan yang tidak boleh dicoba merupakan mandi di mari pada jam 12. 00 siang.


Photo Via Rahmancosta92


Photo Via Ervanryugo, Opank647

Tetapi di luar jam itu, silakan saja jika Kamu ingin berendam ataupun sekadar potret- potret mengabadikan kemegahannya sobat gaul. Sayang kan telah jauh- jauh ke mari tetapi tidak terdapat“ fakta”- nya!

Panduan: Jika dapat, datanglah dari pagi sobat gaul, biar tidak kesorean dikala kembali, mengingat posisi serta kawasan mengarah curug umumnya hening.

Curug Dengdeng Rumpin
Lokasi: Desa Leuwi Batu, Kec. Rumpin, Kab. Bogor

4. Primadona baru yang baru dikenal segelintir orang: Curug Cikuluwung

Di antara seluruh nama air terjun ataupun curug di catatan ini, bisa jadi nama Curug Cikuluwung merupakan salah satunya yang belum sempat Kamu dengar sama sekali sobat gaul. Apalagi bila bertanya ke orang Bogor juga mungkin besar belum terdapat yang ketahui!

Curug Cikuluwung jadi istimewa sebab lokasinya terletak di tengah suatu lembah dengan formasi bebatuan yang sangat eksotis sobat gaul.


Photo Via Azizah_inst

Atmosfer di sini terasa betul- betul natural, sobat gaul seakan tengah terletak di negara antah berantah di mana yang terdengar cumalah suara hembusan angin serta deburan air yang begitu menenangkan.


Photo Via Idhayhidayat, Adamsatrio_

Buat mengarah ke mari memanglah diperlukan perjuangan yang tidak gampang melewati medan curam. Makanya, jika sobat gaul suka dengan tantangan serta wisata yang memacu adrenalin, kunjungan ke mari tidak boleh dilewatkan!

Setibanya di situ, puas- puasin deh potret- potret serta berendam di kolam natural yang terletak di bagian bawahnya sobat gaul.

Curug Cikuluwung
Tiket Masuk: Rp10. 000
Lokasi: Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor

5. Pesona kolam hijau tersembunyi: Curug Leuwi Lieuk

Dari sederet Curug baru di kota Bogor, yakinkan sobat gaul tidak melupakan Curug Leuwi Lieuk. Keelokan panorama Curug Leuwi Lieuk menyuguhkan kesegaran baru untuk Kamu yang merasa penat dengan banyak aktivitas rutinitas sobat gaul. Panorama alam bebatuan besar dengan air jernih bercorak hijau toska, membuat curug ini masuk ke deretan objek wisata instagrammable.


Photo Via Diordtya_10


Photo Via Gitanggita92


Photo Via Amaliawindaa

Keelokan tersebut dapat sobat gaulamati sehabis perjuangan ekstra menggapai lokasi tersebut. Buat mengarah kesana dari zona parkiran Kamu butuh berjalan kaki sekitar 35 menit, treknya juga terbilang curam sehingga Kamu butuh berjaga- jaga dalam melangkah.

Sobat gaul dapat bergaya dengan style terlentang di air semacam yang banyak dicoba wisatawan disini apalagi jadi hits di golongan anak muda. Nampak semacam duyung yang berenang, bukan?


Photo Via Chepybennington

Curug Leuwi Lieuk
Tiket Masuk: Rp10. 000
Lokasi: Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kec. Madang, Kab. Bogor

6. Bertualang di kaki Gunung Salak: Curug Pasir Reungit

Mau berupaya air terjun yang menantang jiwa petualang sobat gaul? Cobalah mendatangi Curug Pasir Reungit. Lokasinya terletak di daerah Desa Pasir Reungit terletak pas di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 800- 900 mdpl. Sobat gauldapat merasakan hawa fresh dengan kicau burung, derit serangga serta suara monyet hutan yang menggema.


Photo Via Ervan_billydiansyah


Photo Via Fauzhamajid

Duduklah di bebatuan besar yang menghadap air terjun, mintalah sahabat ekspedisi sobat gaul buat memotret. Yakinkan angle gambar bagus serta lekas posting di social media, perkenankan sahabat Kamu iri!


Photo Via Photo Via Dianjuarsa, Dianjuarsa

Kemudian, bila sobat gaul menginginkan ekspedisi yang lebih menantang Kamu dapat berupaya menjelajahi Desa Pasir Reungit buat menikmati indahnya panorama pegunungan di kawasan tersebut.

Mengarungi lintasan yang menantang kegigihan sobat gaul menaiki pangkal serta bebatuan nan licin serta trek berat yang dilalui. Tetapi, seluruh hendak terbayarkan begitu Kamu memandang bentangan keelokan alam atmosfer hutan Gunung Salak di depan mata.

Curug Pasir Reungit
Lokasi: Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810

7. Jernihnya tidak nyante dan ngundang banget!: Curug Balong Endah

Air terjun yang satu ini baru dibuka buat universal dekat akhir tahun 2016 lalu sobat gaul, sehingga umurnya masih dapat dibilang“ muda” serta keberadaannya belum banyak dikenal turis awam.

Terletak 200 m di atas Curug Tersohor serta masih satu aliran sungai, di Curug Balong Endah ini sobat gaul hendak menjumpai air yang begitu jernih hampir semacam cermin. Terdapat 3 kolam ataupun balong yang bisa diselami di mari dengan tingkatan kedalaman berbeda.


Photo Via Aidil_tb, Muhammad_ibnu_faqih


Photo Via Astyutami28, Moh. zakiralfadil08

Tidak dapat berenang? Tenang, kedalamannya sangat sekitaran 1, 5 m saja kok, jadi sobat gaul tidak butuh takut tenggelam. Ingin coba freedive pula leluasa!


Photo Via Mulmamul

Rute mengarah curug ini dapat memakai 2 jalan, ialah jalan setapak serta water trekking. Di tengah perjalanan saat sebelum melewati jembatan kecil awal terdapat tulisan water trekking di sebelah kiri– rute ini lumayan ekstrim pula jalannya licin serta bertebing sobat gaul. Tetapi terdapat bonus curug lagi yang memanglah belum terdapat namanya. Tetapi jika ingin cari nyaman, silakan lurus menjajaki jalur setapak.


Photo Via Arifsimsek7313, Dearizkyrp

Curug Balong Endah
Tiket Masuk: TNGHS, Rp10. 000 Curug Tersohor, Rp7. 500 Curug Balong Endah, Rp7. 500( Ya, 3x bayar buat mengarah ke sini!)
Lokasi: Halaman Nasional Gunung Halimun- Salak, Desa Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor

8. Keelokan yang hampir terlupakan: Curug Lontar

Curug yang terletak di Desa Karacak ini sering dijadikan sumber pembangkit listrik serta masih bagian dari Sungai Cianten yang berasal dai Pegunungan Halimun Salak sobat gaul.


Photo Via Yudhieyudhiestira

Debit air yang mengalir terbilang lumayan besar perihal inilah yang menjadikan Curug ini sanggup menciptakan listrik sobat gaul. Ketinggian dari air terjun ini menggapai 30 m serta sangat apik diabadikan dengan angle gambar yang bagus.


Photo Via Tafakuralam

Atmosfer di dekat air terjun juga sangat indah, mulai dari pepohonan yang lebat, tumbuhan yang menjalar di bebatuan samping air terjun sampai hijaunya kolam tampungan air seluas 7. 000 m persegi serta kedalaman lebih dari 26 m dapat sobat gaul nikmati di situ.


Photo Via Aldybaihaqi

Tetapi, sebab sedikitnya data terkait objek wisata selama ini sehingga cuma segelintir orang yang tahu Curug Lontar ini sobat gaul.

Curug Lontar
Lokasi: Desa Karyasari, Kec.Leuwiliang, Kab. Bogor

Demikianlah ulasan singkat mengenai "8 Curug Tersembunyi di Bogor dengan Panorama Indah yang Memanjakan Mata" mau coba yang mana dulu nih sobat gaul ?