Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Info Menarik Wisata Kuta Mandalika Lombok - Sirkuit MotoGP Pertama di indonesia

kuta mandalika lombok

Karogaul.com - Keelokan pesona kuta Mandalika, Lombok, NTB, jadi salah satu destinasi incaran para turis yang menarik atensi. Salah satu Destinasi Luar biasa Prioritas yang terdapat#DiIndonesiaAja ini, mempunyai panorama tepi laut, lengkap dengan bukit- bukit eksotis dan macam sport tourism yang saat ini tengah digemari. Di balik itu seluruh, nyatanya Mandalika memiliki banyak kenyataan unik yang menarik banget, lho!

Nah, sembari menunggu waktu yang pas buat berkunjung ke Mandalika, Sobat Pesona dapat menaikkan pengetahuan dengan deretan kenyataan uniknya di dasar ini. Jangan kurang ingat pula buat senantiasa melindungi imunitas badan serta menaati protokol kesehatan ya, Sobat Pesona.



Ayo, langsung disimak sekian banyak kenyataan unik seputar Mandalika berikut!

1. Sudah tahu belum nih, gimana asal usul nama Mandalika yang melegenda?

Tidak banyak yang ketahui, nyatanya nama Mandalika itu berasal dari legenda tokoh suku Sasak yang bernama Gadis Mandalika, nih! Bagi cerita rakyat, dulu kala terdapat suatu kerajaan yang dipandu oleh raja serta ratu yang bijaksana. Setelah itu lahirlah seseorang gadis berparas jelita yang diberi nama Gadis Mandalika.

Kuta Mandalika Lombok
Suasana syahdu di Tepi laut Seger, Mandalika, Lombok Tengah

Bersamaan waktu, Gadis Mandalika berkembang jadi wujud wanita pujaan serta dirinya juga menerima banyak lamaran, sampai kewalahan. Sebab tidak mau menghasilkan perpecahan di antara orang- orang yang mau mempersuntingnya, kesimpulannya Gadis Mandalika bersemadi demi memohon petunjuk. Kesimpulannya, pada sesuatu hari Gadis Mandalika mengumpulkan segala orang yang menyukainya di Bukit Seger serta berikan ketahui keputusan yang sudah diambilnya. 

Kuta Mandalika Lombok
Kuta Mandalika Lombok

Tetapi, bukan nama seorang yang diucap Gadis Mandalika, dirinya malah terjun ke dasar Tepi laut Seger serta menghilang terbawa ombak. Seluruh orang yang muncul melihat langsung turut terjun berupaya menyelamatkan Gadis Mandalika, tetapi Gadis Mandalika sudah menghilang serta tidak dapat ditemui.

Kuta Mandalika Lombok

Kisahnya apalagi saat ini masih dipercaya warga dekat serta perihal itu teruji dengan perayaan upacara Bau Nyale yang senantiasa diadakan tiap tahunnya serta menarik atensi turis lokal sampai mancanegara. Bau Nyale sendiri ialah ritual mencari cacing laut yang diyakini selaku jelmaan Gadis Mandalika yang menghilang sehabis terjun dari atas Bukit Seger ke Tepi laut Seger.

2. Mandalika telah diresmikan jadi Kawasan Ekonomi Khusus( KEK) semenjak tahun 2014, lho!

Kuta Mandalika Lombok
Panorama indah di Tepi laut Kuta Mandalika, Lombok Tengah

Kemampuan pariwisata yang layak diacungi jempol membuat pemerintah memutuskan Mandalika jadi Kawasan Ekonomi Spesial( KEK) Pariwisata pada tahun 2014 lewat Peraturan Pemerintah No 52 Tahun 2014. Zona Mandalika yang terletak di bagian selatan Pulau Lombok serta mempunyai seluas 1. 035, 67 hektare ini diharapkan bisa mengakselerasi zona pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kuta Mandalika Lombok
mandalika

Wisata bahari serta wisata berolahraga( sport tourism) jadi 2 wisata andalan yang dapat dinikmati di Mandalika. Posisinya yang bersebelahan dengan Pulau Dewata serta Halaman Nasional Gunung Rinjani pula membuat Mandalika terus menjadi strategis serta diharapkan menarik kunjungan para turis.

3 Memiliki sejuta pesona, Mandalika pula sering jadi destinasi sport tourism kelas dunia

Semacam yang telah disebutkan di atas tadi, wisata berolahraga alias sport tourism memanglah jadi pesona menarik yang tersimpan di Mandalika. Perihal ini pasti tidak dapat dilepaskan dari rencana berlangsungnya kegiatan kelas dunia, MotoGP 2021. Perhelatan internasional ini sudah menyedot atensi semenjak dibangunnya sirkuit megah dengan latar panorama alam yang indah ini.

Kuta Mandalika Lombok
Sirkuit MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok Tengah, NTB

Tidak hanya MotoGP 2021, Mandalika pula sering jadi tuan rumah dari bermacam aktivitas berolahraga tingkatan Nasional serta Internasional, antara lain merupakan TNI- Mandalika International Marathon 2018, Trip of Indonesia( TROI) 2019 di Tepi laut Kuta Mandalika, Moto Cross( trabas) tahun 2019 di zona Tepi laut Seger, Mandalika Off Road Championship( 2019), serta yang terkini merupakan kompetisi surfing internasional yang bekerja sama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia( PSOI) serta berlangsung di Tepi laut Seger pada 16- 19 Desember 2020, nih.

4. Destinasi luar biasa prioritas ini merupakan surga wisata dengan deretan pantai yang aduhai

Bukan cuma 3 poin di atas saja, Mandalika pula masih memiliki perihal menarik yang harus kalian tahu, Sobat Pesona. Terlebih jika bukan tentang indahnya deretan tepi laut yang aduhai di dekat Destinasi Luar biasa Prioritas ini!

Kuta Mandalika Lombok
Keelokan Pantai Tanjung Aan dikala dilihat dari ketinggian

Sobat Pesona dapat menciptakan bermacam tipe tepi laut, semacam Tepi laut Kuta Mandalika yang sesuai buat menikmati keelokan alam sekalian lanskap kota, Tepi laut Seger yang dapat jadi posisi strategis menikmati senja, sampai Tepi laut Tanjung Aan yang memiliki ombak menantang buat berolahraga berselancar. Hanya#DiIndonesiaAja, kalian dapat menikmati ini seluruh, Sobat Pesona!

Kuta Mandalika Lombok


5 Dua desa terbaik penghasil kain tenun Lombok yang mendunia pula terdapat di sini, lho!

Berdialog tentang Lombok tidak lengkap apabila melupakan wisata budayanya. Gimana tidak, Lombok ialah rumah dari salah satu kain tenun yang telah populer sampai mancanegara, tepatnya di Desa Sade serta Desa Sukarara. Desa Sade berjarak 7 kilometer dari Mandalika, sebaliknya Desa Sukarara jaraknya dekat 26 kilometer dari Mandalika ataupun 40 menit ekspedisi dengan mobil.

Kuta Mandalika Lombok
Desa Wisata di Mandalika, Lombok Tengah, Desa Sade

Menyuguhkan keelokan adat serta budaya yang dikemas melalui secarik kain tradisional nan menawan, 2 desa ini pula menawarkan keramahan- tamahan penduduknya! Tidak hanya dapat membeli kain tenun yang telah jadi, Sobat Pesona pula dapat melihat langsung proses pembuatannya sampai belajar menenun, lho!

Kuta Mandalika Lombok

6 Mandalika juga dikelilingi bukit- bukit eksotik nan menawan, nih!

Kenyataan unik terakhir kayaknya bakal membuat para pencinta senja bersuka cita, nih! Alasannya, Mandalika pula nyatanya dikelilingi bukit- bukit eksotik nan menawan, lho. Pesona alam Mandalika juga pasti hendak terus menjadi indah kala dinikmati dari ketinggian.

Kuta Mandalika Lombok
Atmosfer camping di Bukit Merese, Mandalika, Lombok Tengah

Sebagian pilihan yang dapat Sobat Pesona masukkan pada catatan kunjungan antara lain, Bukit Seger yang terletak di dekat Tepi laut Seger, Bukit Merese yang bersebelahan dengan Tepi laut Tanjung Aan, serta Bukit Tunak yang posisinya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Yang jelas, seluruhnya indah serta siap buat Sobat Pesona betah, deh!

Kuta Mandalika Lombok
Kuta Mandalika Lombok

Sehabis mengenali betapa indahnya alam Mandalika, Sobat Pesona jadi kian jatuh cinta tidak nih, dengan pesonanya? Bila dalam waktu dekat Sobat Pesona mau lekas berwisata ke tempat kegiatan MotoGP 2021 ini, yakinkan senantiasa patuhi protokol kesehatan yang terdapat dengan memakai masker, cuci tangan secara berkala, serta melindungi jarak ya. Ayo, bersama jaga diri sendiri serta orang lain yang kita cintai!
 
Sumber artikel : indonesia.travel