Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Destinasi Wisata Kota Sabang yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Kota Sabang

Karogaul.com - Kota Sabang merupakan kota paling barat di Indonesia. Secara administratif, Sabang masuk dalam daerah provinsi Aceh, tetapi secara posisi Sabang terletak di Pulau Weh. Sabang mempunyai banyak pulau- pulau kecil yang tersebar di sisi utara serta barat dengan Pulau Weh selaku pulau terbesarnya, serta Pulau Rondo selaku pulau yang terletak sangat utara.

Kota Sabang banyak diketahui lewat panorama alam pantainya yang mengesankan. Tidak heran apabila Sabang dijadikan tuan rumah buat aneka festival kelautan semacam Sail Sabang pada 2017 kemudian serta Sabang Marine Festival April tahun ini. Sabang saat ini pula sudah mempunyai Sabang Yacht Club yang terkoneksi dengan Yacht Club lain di Asia Tenggara.

Wisata Kota Sabang
Image credit:@vebrianz

Tidak cuma panorama pantainya saja yang bagus, Sabang pula mempunyai banyak destinasi wisata lain yang hendak membuat liburanmu terus menjadi berkesan. Baca terus cerita lengkapnya ya.

1. PantaiIboih

PantaiIboih
Image credit:@nicole. hsinchia

Tepi laut yang satu ini dapat dibilang tepi laut yang jadi ikon Kota Sabang. Lokasinya cuma 30 menit dari pusat kota. Suasana tepi laut serta ombak yang tenang membuat tepi laut ini sangat sesuai buat dijadikan tempat bersantai. 

PantaiIboih
Pic via pegipegi

Alam dasar lautnya yang menawan pula jangan hingga dilewatkan begitu saja. Terdapat banyak ada bermacam jenis penginapan di dekat tepi laut bila kalian mau menghabiskan lebih banyak waktu di mari.

Kategori : Wisata Bahari
Alamat : Pantai Iboih (Sabang), Pulau Weh, Provinsi Aceh

2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Image credit:@adrianyyen( kiri),@aiu_omeng( kanan)

Di sisi timur Kota Sabang ada suatu tepi laut yang jadi kesukaan banyak orang buat menikmati sunrise. Pasir pantainya yang putih serta jernihnya air tepi laut hendak membuat kamu betah berlama- lama di mari. Nama sumur 3 diambil dari sejarah 3 sumur air tawar yang konon katanya terletak di zona tepi laut ini. Kalian pula dapat menghabiskan waktu siangmu dengan makan- makan di warung seafood yang banyak tersebar di zona tepi laut.

Pantai Sumur Tiga

Alamat dan Lokasi Pantai Sumur Tiga berada di Desa Ie Meulee Kecamatan Sukajaya Kota Sabang Provinsi Aceh – Indonesia.

3. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam
Image credit:@azraazuar( kiri),@erlina_ind( kanan)

Berbeda dengan 2 tepi laut tadinya, tepi laut yang satu ini pasirnya bercorak gelap. Asal muasal pasir tepi laut Anoi bercorak gelap merupakan sebab berasal dari letusan gunung berapi di Pulau Weh. Pasir di mari dipercaya dapat mengobati penyakit kulit lho. Warna gelap pasirnya sangat kontras dengan warna air jernih di tepi laut sehingga membagikan panorama alam yang bisa jadi tidak dapat kalian temukan di tempat yang lain.

pantai Anoi Itam

Alamat: Anoe Itam, Sukajaya, Sabang City, Aceh 24411
Jam buka : Open 24 hours
Provinsi: Aceh

4. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot
Image credit:@edwingirsang

Danau terbanyak di Pulau Weh ini ialah sumber air tawar untuk warga Kota Sabang serta sekitarnya. Bermacam berbagai kegiatan mengasyikkan dapat kalian jalani di mari, di antara lain merupakan bersantai di pinggiran danau, kayaking, ataupun hanya menikmati panorama alam Gunung Marapi dari kejauhan.

Danau Aneuk Laot
Pic via wow shck

Danau Aneuk Laot adalah sebuah danau yang terletak di tengah-tengah kota Sabang, Pulau Weh. Danau ini merupakan sumber mata air bagi penduduk Pulau Weh

5. Air Terjun Laki- laki Laot

Air Terjun Laki- laki Laot
Image credit:@reinaldycb

Air terjun ini sangat menarik buat didatangi. Posisinya yang terletak di zona hutan membuat kawasan air terjun terasa sangat asri serta melegakan. Kolam air terjunnya mempunyai kedalaman 1, 5 sampai 2 m. Kalian dapat mandi berendam di mari sepuasnya. Keberadaan ikan bulan yang terletak di kolam air terjun ini membuat mandi berendam kian asik sebab terasa semacam digelitik oleh ikan- ikan tersebut. Ikan bulan tidak beresiko serta apalagi kabarnya malah dapat dijadikan ikan pengobatan buat bermacam permasalahan kesehatan. Wah, unik sekali ya.

6. Gua Sarang

Air Terjun Laki- laki Laot
Image credit:@febbykhairuna( kiri),@muhammadramazan8( kanan)

Gua Sarang ini kerap diucap Raja Ampatnya Sabang. Gua Sarang sejatinya ialah gua yang jadi sarang burung walet. Ada 7 gua yang berlokasi di kaki tebing serta perbukitan hutan lindung. Ketujuh gua ini berdiri dengan kuat di atas lautan biru Pulau Weh yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Dipastikan panorama alam di mari tidak hendak sempat dapat kalian lupakan.

7. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
Image credit:@penggowes

Tugu 0 km Indonesia Pulau Sabang

Berkunjung ke Sabang pastinya tidak lengkap tanpa difoto di depan tugu nol km Indonesia. Sebab lokasinya yang terletak di kawasan hutan, jangan heran bila selama ekspedisi mengarah monumen kalian hendak banyak menjumpai monyet- monyet yang berjalan leluasa. Besar tugu nol km ini menggapai 43, 6 m dengan 4 pilar penyangga yang megah. Sarana di dekat zona wisata telah sangat mencukupi. Mulai dari tempat makan sampai wc serta toko oleh- oleh dapat dengan gampang kalian temui di mari.

8. Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung
Image credit:@niealiiana( kiri),@dodysijabat( kanan)

Tidak cuma dapat bermain- main di zona pantai yang berpasir, di mari kalian pula hendak dimanjakan dengan jajaran batu karang megah bak mahkota. Apalagi saat ini kalian dapat terjun dari atas batu karang ini lho. Buat keamanan, jangan takut, kedalaman air di dasar karang ini cuma dekat 4 sampai 5 m tanpa terdapat batuan di bawahnya. Berani mencobanya?

9. Benteng Bunker Jepang

Benteng Bunker Jepang
Image credit:@jordan_exel( kiri),@shiddiq2711( kanan)

Dahulu, Kota Sabang mempunyai posisi geografis yang strategis sehingga tidak heran apabila Jepang membangun benteng pertahanannya di mari. Bukan sembarang benteng tetapi ialah benteng dasar tanah. Benteng ini tersebar di zona garis tepi laut Pulau Weh tetapi yang masih nampak jelas merupakan benteng yang ada di dekat Tepi laut Anoi Itam. Bagi penjelasan masyarakat dekat, benteng ini apalagi mempunyai lorong- lorong dasar tanah mengarah zona yang tadinya jadi pusat komando.

10. Sirui Hidrothermal

Sirui Hidrothermal
Image credit:@ajeng_kroff

Terdapat satu destinasi wisata unik yang bisa jadi tidak hendak kalian temui di kota lain di Indonesia. Namanya Sirui Hidrothermal. Sirui Hidrothermal ini tidak lain merupakan kawasan gunung api dasar laut. Di mari kalian dapat melaksanakan penyelaman serta memandang gelembung- gelembung hawa keluar dari kawah- kawah kecil. Aneka ikan- ikan unik yang lain dari umumnya pula dapat kalian jumpai berseliweran kesana kemari. Unik sekali bukan? Tidak heran apabila Sirui jadi destinasi wisata ini sangat diminati banyak turis dalam negeri ataupun mancanegara.

11. Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai
Image credit:@hijrahheiji

Sabang nyatanya memiliki gunung berapi yang masih aktif lho, namanya Gunung Jaboi. Dari gunung inilah timbul sumber mata air panas yang setelah itu dimanfaatkan jadi tempat wisata pemandian. Di mari, kalian dapat berendam serta meregangkan otot- otot di kolam air panas, sembari menikmati panorama alam tepi laut yang elok.

12. Sabang Hill

Sabang Hill
Image credit:@shewalkstheworld

Bila mau memandang kota serta teluk Sabang dari ketinggian, cobalah tiba ke Sabang Hill. Sabang Hill sendiri sesungguhnya ialah nama hotel yang terletak di zona perbukitan. Tetapi masyarakat warga dekat berinisiatif membangun gardu pandang yang dapat digunakan oleh warga universal buat memandang panorama alam indah Kota Sabang.

13. Pantai Kasih

Pantai Kasih
Image credit:@eni_jenikawati

Tepi laut Kasih dapat jadi destinasi awal yang kalian kunjungi di Sabang. Jaraknya hanya 5 menit dari pusat kota. Di mari banyak ada bangku- bangku yang dapat kalian duduki sembari bersantai menikmati aliran angin sepoi- sepoi. Tepi laut ini terus menjadi ramai pada sore hari sebab ialah salah satu spot terbaik buat menikmati panorama alam matahari tenggelam.

14. Pantai Gapang

Pantai Gapang
Image credit:@contagiousd3lirium( kiri),@bebytsabina( kanan)

Walaupun lokasinya lumayan terpencil, tetapi ekspedisi yang jauh hendak terbayar lunas sehabis kalian hingga ke tepi laut ini. Pantainya sangat tenang dengan sebagian kapal nelayan tradisional yang bersandar. Tepi laut ini ialah tepi laut dengan garis tepi laut terpanjang di Sabang serta sangat tenang. Pantainya langsung tersambung dengan lautan luas membagikan panorama alam yang tidak terlupakan. Air pantainya sangat jernih sampai kalian dapat dengan jelas memandang ikan- ikan yang berenang di dekat dermaga. Mengasyikkan, bukan?

15. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah
Image credit:@surga. nusantara

Belum terdapat riwayat jelas menimpa pemberian nama Tepi laut Tapak Gajah. Tetapi keelokan tepi laut ini tidak butuh diragukan lagi. Jaraknya pula hanya 5 menit dari pusat kota Sabang. Kegiatan terkenal di tepi laut ini merupakan snorkeling berkenalan dengan biota dasar laut yang indah serta menawan. Tepi laut ini mempunyai banyak rimbunan semak- semak yang buatnya sedikit berbeda dari tepi laut lain di Sabang.

17. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Image credit:@fahmi_yoza( kiri),@putra_ds_42( kanan)

Tidak lengkap rasanya bila ke Sabang tanpa melaksanakan island hopping. Salah satu pulau yang harus kalian kunjungi merupakan Pulau Rubiah. Destinasi wisata yang dapat kalian temui di mari tidak lain merupakan Halaman Laut Rubiah yang memperkenalkan pesona kekayaan alam dasar laut terindah di Sabang. Walaupun tidak berpenghuni tetapi telah lumayan banyak warung serta tempat penyewaan alat- alat snorkeling yang ada di dekat pantainya. Buat mengarah ke mari kalian dapat menyebrang dari Tepi laut Iboih dengan waktu tempuh kurang lebih dekat 30 menit.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah
Pic via dolan dolen

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau yang terletak di kota Sabang, provinsi Aceh. Pulau ini berada di sebelah barat-laut dari pulau Weh. Nama Rubiah berasal dari salah satu para Aulia 44 yang berada di kota Sabang yakni Ummi Siti Rubiah.

18. Gunung Jaboi

Gunung Jaboi
Image credit:@piyohdesign

Jika mau suatu yang lebih menantang, kalian dapat coba mendaki Gunung Jaboi yang ialah gunung api aktif di Pulau Weh. Ketinggian gunung ini tidak lebih dari 200 mdpl dengan jalan trekking yang lumayan gampang. Pemandangannya juga tidak kalah luar biasa. Batuan pegunungan yang bercorak putih nampak kontras dengan zona hutan di sekitarnya yang hijau.

Nyatanya banyak sekali ya destinasi wisata di Kota Sabang yang luar biasa serta mengesankan. Tidak rugi deh jika liburan ke mari. Ayo lekas rencanakan liburanmu ke Sabang serta miliki pengalaman liburan yang unik serta pastinya berkesan.

19. Benteng Bunker Jepang

Benteng Bunker Jepang
Image Credit: Rinnai. co. id

Wah, dari nama bentengnya saja telah dari negeri lain. Dulu, Jepang sempat membangun benteng pertahanan di Kota Sabang sebab letak geografinya yang strategis. Benteng ini terbilang unik sebab terletak di dasar tanah.

Dari Tepi laut Anoi Itam nampak jelas bangunan benteng sebab dekat dengan posisi tepi laut. Bagi masyarakat dekat situ, ada lorong- lorong dasar tanah yang tadinya diyakini selaku tempat pusat buat berikan komando.

20. Mercusuar Balohan

Mercusuar Balohan
Image Credit: Suarakomunitas. net

Keunikan dari bangunan Mercusuar Balohan ini merupakan rupanya yang menyamai bendera Indonesia. Atas mercusuar bercorak merah sebaliknya tengah hingga dasar bercorak putih. Perihal ini terus menjadi jelas mercusuar menyimbolkan warna bendera.

Mercusuar Balohan bermanfaat buat memandu kapal para pelayan di laut. Tidak hanya itu, mercusuar ini dijadikan tempat wisata karena didukung atmosfer yang asri serta menyegarkan. Ekspedisi dapat ditempuh gampang sebab ada rumah penduduk di sekitarnya.