Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Tumpak Sewu - Memiliki Spot Foto Keren Seperti di Luar Negeri

Curug Tumpak Sewu

Karogaul.com - Tak bisa dipungkiri bila Air Terjun Niagra di perbatasan Amerika Serikat serta Kanada merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tetapi siapa sangka nyatanya di Indonesia, tepatnya di Lumajang Jawa Timur mempunyai air terjun yang sekilas mirip dengan Niagra tadi. Merupakan Air Terjun Tumpak Sewu sobat gaul.

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@filippo_cesarini

Destinasi wisata alam yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Provinsi Jawa Timur sobat gaul. Terdapat 2 titik menarik yang dapat dinikmati di air terjun dengan ketinggian 20 m ini, ialah pos panorama serta lembah Air Terjun Tumpak Sewu.

Pada pos panorama kamu hendak disuguhkan dengan keelokan air terjun dari ketinggian. Sedangkan itu, kala mau mengarah titik kedua, ialah lembah Air Terjun Tumpak Sewu, perlu usaha yang lumayan esktra. Karena kalian diwajibkan buat trekking di medan yang lumayan terjal sobat gaul.

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@explore_pulaujawa

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@erick_schandra2

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@priasma

Keunikan Jenis Air Terjun Tumpak Sewu

Bukan tanpa karena seketika Air Terjun ini terkenal selaku Niagranya Jawa Timur. Karena air terjun ini menegaskan pada Niagra Waterfall yang terletak di perbatasan antara Amerika Serikat serta Kanada sobat gaul.

Walaupun demikian, terpaut dengan debit airnya memanglah tidak sederas Niagra Waterfall. Tetapi Air Terjun ini mempunyai keunikan tertentu. Alasannya air pada air terjun ini bertipe tiered. Maksudnya airnya bersentuhan dengan bilik ataupun tebing batu dibaliknya sobat gaul.

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@alfinazrialakbar

Petualangan ataupun Rute Mengarah Air Terjun Tumpak Sewu

Sesungguhnya ada 4 rute yang dapat dilalui buat hingga ke Air Terjun Tumpak Sewu. Tetapi dari keempat rute tadi, melalui Desa Sidomulyo merupakan rute termudah yang dapat Kalian seleksi. Tidak hanya sangat gampang, rute ini pula dikatakan yang sangat dekat dengan spot air terjun.

Bila memilah rute ini, kalian hendak disuguhkan dengan pemkampungan selama jalur yang lumayan lengkap. Dimulai dengan berpetualang di hutan desa yang pada kesimpulannya hendak diakhiri dengan pemkampungan yang begitu eksotis.

Curug Tumpak Sewu
Curug Tumpak Sewu

Trek mengarah air terjun

Memanglah diketahui lumayan meletihkan. Tetapi jangan takut, karena di selama jalur ada sebagian gardu rehat. Serta yang butuh diingat merupakan trek ini masih berbentuk jalur tanah setapak. Maksudnya jangan hingga Kalian salah kostum. Terlebih buat alas kakinya. Hendaknya memilih tipe sepatu yang memanglah dikhususkan buat berpetualang.

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@wizardazaka

Curug Tumpak Sewu
Picvia instagram@i. monk23

Surganya Pemburu Lansdcape Photography

Di atas telah sangat jelas bila trek mengarah tempat wisata terpopuler di Lumajang ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Serta bila cuaca lagi terang, Gunung Semeru hendak nampak sangat jelas terletak di balik air terjun ini.

Maksudnya waktu terbaik buat berkunjung ke destinasi wisata alam di Jawa Timur ini merupakan dikala peralihan masa hujan ke kemarau. Tepatnya pada awal- awal masa kemarau. Alasannya trak mengarah air terjun sangat susah bila ditempuh pada dikala masa hujan.

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@f. juniantara_

Curug Tumpak Sewu
Pic via instagram@soulofnature89

Sehabis hingga ke posisi dini, yang berarti Kalian dikala ini lagi terletak di atas Air Terjun Tumpak Sewu, hingga panorama alam awal yang hendak kalian amati merupakan jajaran air yang jatuh di tebing karang semacam gorden tipis tembus pandang yang direngkuh oleh hijaunya hitan di sekitarnya sobat gaul.

Curug Tumpak Sewu
  
Curug Tumpak Sewu
Alamat: kampung siji, Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374
Jam Buka : 7AM - 3PM
Telepon: 0813-3406-1395
Jenis objek wisata: Air terjun
Pengelola: Pemerintah Desa Sidomulyo

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Curug Tumpak Sewu - Memiliki Spot Foto Keren Seperti di Luar Negeri" apakha sobat gaul tertari uktuk mengunjunginnya ?