Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Biru Salapian Langkat : Sering Disebut Pantai Padahal Sungai

Pantai Biru Langkat
Pantai Biru Salapian Langkat

Coba kamu bayangkan kala mendengar sebutan nama pantai? Pastinya salah satu objek wisata alam yang umumnya terletak di pinggir lautan yang luas. Nah, berbeda dengan pantai- pantai biasanya, kawasan wisata Pantai Biru yang berlokasi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara nyatanya tidak terletak di pinggir laut, melainkan di suatu pedalaman desa.😂

Letak Pantai Biru Langkat💕

Pantai Biru terletak di Kab.Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tempat wisata ini tepatnya terletak di Desa Pamah Tambunan, berkisar 8 kilometer dari ibukota Kec. Salapian. Pantai Biru dapat Kamu tempuh dengan perjalanan kurang lebih 60 kilometer bila Kamu beranjak dari Kota Binjai.

👉Alamat: Jalan Merdeka, Pamah Tambunan, Kec. Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20773
👉Jam buka: Senin-Minggu | 08.00–18.00

Pantai Biru Langkat
Pic via rony andrian

Pantai Biru Langkat
Pic via pendy nst

Apabila Kamu beranjak dari Kota Medan, Kamu wajib menempuh perjalanan berkisar 70 kilometer melewati Kota Binjai buat datang di tempat wisata ini. Jalan yang dapat Kamu lalui merupakan via Tanjung Langkat, Tambunan. Akses mengarah ke situ, awal mulanya ialah jalanan beraspal, setelah itu dilanjutkan dengan jalanan kerikil serta bebatuan.

Selama perjalanan, kalian bisa memandang panorama alam khas pedesaan, dengan pepohonan hijau serta tebing- tebing yang besar. Hawa di areal kawasan ini terkategori sejuk, sehingga mampu membuat pengalaman perjalananmu terasa ENJOY. Kurang lebih 10 hingga 15 menit menyusuri jalur setapak, Kamu hendak menciptakan suatu jembatan di atas suatu sungai yang diucap selaku Pantai Biru.

Pesona Pantai Biru Langkat💕

Pantai Biru Langkat
Pic via : taufiq maulana

Saat sebelum mangulas tentang Pantai Biru Langkat, tidak ada salahnya kita mengulik sedikit tentang Desa Pamah Tambunan, tempat spot wisata ini terletak. Dikutip dari bermacam sumber, tadinya nama desa ini tidaklah Tambunan, melainkan Timbunan. Alasannya, kampung ini berdiri di atas hasil timbunan tanah perkebunan karet di masa saat sebelum berdirinya PT Kinar Lapiga.

Setelah sekian lama nama desa ini lama- lama berganti jadi Desa Pamah Tambunan. Apalagi, banyak yang mengira kalau desa tersebut ialah asal orang- orang dari suku ataupun marga Tambunan, seperti Gayus Tambunan padahal ulayat Karo punya😀. Sementara itu, kebanyakan masyarakat di tempat ini merupakan 75 persen suku Karo, 20 persen suku Jawa, serta 5 persen sisanya merupakan dari berbagai daerah lainnya.

Pantai Biru Langkat
Pic via daffa febrian

Pemasukan warga di desa ini sebagian besar disumbangkan dari hasil kebun karet serta kelapa sawit, sekitar 60 persen. Desa ini sendiri dikatakan sebagai salah satu desa unik di Kecamatan Salapian, sebab masyarakatnya, termasuk pemuda, mempunyai perilaku yang sopan, tidak kampungan walaupun sesungguhnya desa mereka ialah suatu perkampungan.💕

*Pantai Biru bukan semacam objek wisata pantai pada biasanya. Ini merupakan suatu sungai yang mempunyai areal lumayan luas, termasuk aliran sungai dan wilayah pinggiran sungai yang dapat dijadikan lokasi atau spot untuk bersantai. Sebab itu, tidak mengherankan bila setelah itu warga setempat mengibaratkan sungai ini semacam suatu pantai.

Pantai Biru Langkat
Pic via thecute wild

Seperti wisata sungai pada biasanya, Pantai Biru di Langkat kerap dijadikan sebagai suatu pemandian buat menyegarkan diri. Kala masa liburan sekolah, tempat ini ramai didatangi turis yang mau refreshing serta mencari hawa yang fresh. Di samping itu, posisi Pantai Biru pula sesuai dijadikan tempat berkemah, paling utama untuk mereka yang doyan melancong alam.

Bagi para turis yang sempat liburan ke tempat ini, Pantai Biru dikatakan sebagai salah satu destinasi yang sesuai dan indah ketika mau mengajak anak liburan. Dengan zona sungai yang besar tetapi tidak sangat deras, membuat siapa saja dapat bermain air sepuasnya. Walaupun begitu, kewaspadaan serta kehati- hatian senantiasa dibutuhkan dikala berenang di Pantai Biru.

Pantai Biru Langkat
Pic via okabe indo

Pantai Biru Langkat
Pic via jimmy afandi

Di samping itu, banyak pula wisatawan yang menggemari akses jalur yang lumayan bagus ke kawasan Pantai Biru. Apalagi, objek wisata ini disebut- sebut selaku salah satu spot tujuan wisata terbaik di Kecamatan Salapian. Panorama alam yang bagus, pemandian yang aman, air yang jernih, dan hawa yang sejuk jadi sebagian keunggulan Pantai Biru di Langkat.

Tidak cuma menyuguhkan sungai yang besar serta jernih, di zona Pantai Biru pula ada sebagian objek wisata yang masih natural. Di mari, wisatawan dapat menemukan suatu gua, yang oleh warga sekitar sebuat sebagai Gua Alam Liang. Gua ini kerap dimasuki oleh para turis sebab tidak beresiko serta  bisa dijadikan tempat berteduh kala turun hujan.

Harga Tiket Pantai Biru Langkat💕

Pantai Biru Langkat
Pic via okabe indo

Untuk Turis atau pengunjung  yang hendak tamasya ke Pantai Biru tidak butuh merogoh kocek sangat dalam. Turis cuma butuh membayar tarif parkir sebesar Rp5. 000 saja, buat sepeda motor ataupun Rp10. 000 buat kendaraan roda 4. Bila terdapat acara- acara semacam pertunjukan musik, bisa jadi akan dikenakan tiket bonus dan biaya tambahan.

Sekian ulasan singkat mengenai wisata Pantai Biru Salapian Langkat, semoga tertarik dengan artikel yang kami paparkan dan bersedia atur waktu liburan berikutnya ke wisata keren ini. Mejuah-juah. . . .💕