Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Buaya Asam Kumbang Medan : Serunya Selfie Bareng Buaya, Cek Lokasi dan Daya Tarik Wisata

Karogaul.com -Taman Buaya Asam Kumbang Medan adalah sebuah taman wisata yang terletak di Jalan Asam Kumbang, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara. Taman ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Medan.

Taman Buaya Asam Kumbang Medan awalnya didirikan pada tahun 1957 sebagai bagian dari Balai Penelitian Ternak di Medan. Tujuan didirikannya taman ini adalah untuk melakukan penelitian tentang budidaya buaya. Namun, pada tahun 1990, taman ini diubah menjadi objek wisata yang terbuka untuk umum. Taman Buaya Asam Kumbang Medan memiliki luas sekitar 1,2 hektar dan menampung sekitar 2.000 ekor buaya dari berbagai jenis dan ukuran. Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti kafe, warung makan, serta toko oleh-oleh.

Di taman ini, pengunjung dapat melihat buaya-buaya yang sedang berjemur di tepi kolam, atau melihat proses pemberian makan buaya yang dilakukan oleh para petugas. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan buaya yang telah dijinakkan oleh para pelatih. Taman Buaya Asam Kumbang Medan juga memberikan edukasi tentang buaya dan lingkungan hidup kepada pengunjung, terutama bagi anak-anak. Taman ini seringkali menjadi tempat kunjungan sekolah, serta menjadi destinasi wisata bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Taman Buaya Asam Kumbang Medan

Taman Buaya Asam Kumbang Medan memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Pengunjung juga dapat menyewa jasa guide untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang buaya dan taman.

Namun, meskipun Taman Buaya Asam Kumbang Medan merupakan tempat wisata yang menarik, pengunjung diharapkan untuk tetap memperhatikan keselamatan dan menjaga jarak dengan buaya-buaya yang ada di taman.

Kelebihan tipe wisata edukasi dengan wisata lainnya terlihat dari penyajian letak dan dekorasi yang ditampilkan dari sebuah wisata, sehingga membagikan kesan edukatif yang memberikan data berguna untuk wisatawan yang berkunjung. Turis tidak cuma berhura- hura melaksanakan aktivitas tamasya, melainkan belajar memahami perihal berguna dari wisata itu sendiri.

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by Bambang Mulyadi

Wisata edukasi Medan, tak lepas dari sebagian destinasi wisata yang mengusung konsep unik tetapi edukatif semacam wisata Penangkaran buaya Medan Sumatra Utara yang jadi salah satu wisata bimbingan tertua sekalian terbesar di dunia. Pengunjung hendak dibuat lebih memahami siklus hidup, santapan serta studi edukasi terhadap hewan dengan nama latin Crocodylidae sobat gaul.

Wisata Edukasi Penangkaran Buaya Medan

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by Iryam Nianto 

Wisata yang sudah berdiri telah nyaris 60 tahun silam ini masih nampak simpel dari segi desain posisi wisata. Tetapi dibalik desain klasik posisi, turis dapat banyak belajar tentang siklus hidup serta mendalami reptil buaya. Wisata penangkaran buaya di Medan di dirikan oleh ayah Lo Tham Muk, sampai saat ini masih banyak pengunjubg tiba melancong dari bermacam wilayah, lebih- lebih kala akhir minggu serta masa libur tiba sobat gaul.

Penangkaran buaya asam kumbang Medan

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by lets talk

Sejarah penangkaran buaya asam kumbang, mulanya ayah Lo Tham Muk cuma memelihara 12 ekor buaya, kemudian tumbuh biak sampai pada tahun 2018 total buaya di penangkaran buaya asam kumbang menggapai 2800 ekor. Sebagian besar habitat buaya terletak di sungai- sungai kota Medan sobat gaul, spesialnya terletak di daerah Sunggal. 

Tipe buaya di penangkaran buaya ini yakni buaya Senyulong serta buaya muara. Mengerti kah kamu buaya tipe Senyulong ialah buaya terbanyak di pulau Kalimantan, Jawa serta Sumatera. Perbandingan dari tipe buaya Senyulong dengan buaya tipe lain yakni mulutnya relatif kecil.

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by jalan terus

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by mlaku_vlog

Penangkaran reptil buaya Medan dibentuk diatas lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang terdiri dari 78 bak penangkaran buaya. Lahan itu ialah kepunyaan ayah Lo Tham Muk. Bagi owner wisata kalau paling tidak membutuhkan satu ton daging fresh tiap harinya buat menghidupi ribuan buaya peliharaannya. 

Pada biasanya daging- daging yang disantap buaya ayah Lo Tham Muk didapat dari daging ayam ataupun bebek ternak masyarakat dekat ataupun hasil penjualan dari pihak pengelola wisata yang dibeli oleh turis.

Taman buaya Asam Kumbang Medan

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by nelly fithriani

Ada satu buaya sangat besar dari wisata penangkaran buaya asam kumbang Medan, sampai saat ini ialah hewan kesayangan dari owner wisata. Bagi data tersebar buaya itu mempunyai panjang 5 m dengan umur 46 tahun, buaya tersebut ialah energi tarik tertentu untuk turis sebab mempunyai usia panjang serta dimensi yang panjang.

Adapun buaya di penangkaran ini terkategori kasar apalagi terkategori buas, tiap santapan daging bebek ataupun ayam dimasukkan ke dalam kandang, hendak mengejar buruan- nya. Bila mau melihat secara langsung proses makan saat sebelum waktu makan buaya, wisatawan dapat membeli bebek dengan harga Rp. 35. 000 yang dijual oleh pihak pengelola, kemudian lempar umpan hewan ke danau buaya sobat gaul.

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by Steven S

Tidak hanya jadi tujuan wisata menarik, penangkaran Buaya selayang Medan jadi wisata bimbingan untuk sekolah- sekolah di kota Medan, spesialnya yang masih terletak di sekolah bawah ataupun juga sekolah menengah ke atas awal. Satu diantara sebagian tujuan wisata di Medan yang bisa digunakan selaku media pendidikan untuk pengunjungnya.

Taman buaya Medan saat ini sudah jadi ikon wisata edukasi di kota Medan.

Tidak cuma hewan buaya saja, melainkan wisatawan dapat melihat kebun fauna mini, ditempati oleh sebagian tipe hewan semacam ular phyton, ular cobra, monyet, kura- kura, serta ratusan bangau putih yang berkeliaran diatas kolam besar penangkaran buaya.

Alamat Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by lets talk 


Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by Sherly Czy

Cemana apakah sobat gaul mulai penasaran mau mendatangi kebun fauna mini yang di dominasi oleh fauna reptil populer dengan mempunyai rahang terkuat serta terbuas di dunia, nah alamat halaman buaya Medan terletak Jalan. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan Selayang Kota Medan.

Posisi atau lokasi keberadaan wisata tidak jauh dari pusat kota Medan ialah jaraknya kurang lebih 10 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja sobat gaul.

Harga Tiket Masuk Wisata Penangkaran Buaya Medan

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by Wandy Berutu

Sebagian kelebihan dipunyai oleh wisata penangkaran ini adalah akses wisata yang gampang dan harga tiket masuk halaman buaya Medan juga terkategori murah ialah cuma Rp. 6. 000 per orang.

Wisatawan juga diperbolehkan difoto ataupun berselfie bersama dengan hewan reptil buas itu, tidak butuh takut sebab di tahap pemotretan terdapat pawang buaya yang telah terlatih. bayaran gambar bersama buaya, wisatawan hendak dikenakan sebesar Rp. 50 ribu. Jam buka wisata buka antara jam 09. 00 Wib sampai 18. 00 Wib serta kontak bisa dihubungi ialah 0852 7554 2287.

Taman Buaya Asam Kumbang Medan
Taken by Vica

Taman Buaya Asam Kumbang Medan adalah tempat wisata yang menarik di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Taman buaya ini merupakan habitat alami bagi berbagai jenis buaya dan kura-kura, dan pengunjung dapat melihat berbagai aktivitas buaya dari dekat. Selain itu, taman ini juga memiliki fasilitas seperti restoran, toko suvenir, dan area bermain anak-anak. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati dan mematuhi peraturan yang ada untuk menjaga keselamatan mereka dan hewan-hewan di taman buaya ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Taman Buaya Asam Kumbang Medan : Serunya Selfie Bareng Buaya, Cek Lokasi dan Daya Tarik Wisata" jika sobat gaul tertarik, yuk berkunjung ke taman wisata edukasi ini !!!