Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

💗 Loken Barn 💗

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor : Pengen Langsung Nyemplung Menikmati Kesegaran Airnya

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Karogaul.com - Air terjun Leuwi Hejo Sentul masih saja jadi pembicaraan hits di golongan travelers. Alasannya, tiap terdapat orang yang tamasya ke mari, mereka senantiasa mempunyai pengalaman yang berbeda- beda dan mengesankan soabt gaul.

Entah mengapa terjalin demikian, yang jelas bagi kita sobat gaul perihal itu karna tersugest oleh keelokan Air terjun leuwi hejo yang memanglah molek meawan serta memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Untuk golongan pencinta wisata khususnya kawasan Jabodetabek, rasanya susah mendapatkan orang yang tak kenali dengan tempat indah ini. Alasannya nyaris tiap hari tempat ini senantiasa jadi buah bibir di medsos terlebih mereka yang senang berendam di aliaran air segarnya.

Lalu, semacam apa sih kenyataan Air terjun Leuwi Hejo Sentul ini sobat gaul?

Sejarah singkat Air terjun Leuwi Hejo Sentul

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor
Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Dari dahulu Air terjun leuwi hejo ini termasuk wisata yang indah serta bersih. Dikala itu belum dikelola dengan menyeluruh dan ditata secara apik pula. Setelah itu para wisatawan juga banyak yang berdatangan buat mandi ke destinasi wisata ini.

Sebab terus menjadi ramai, akhirnya mereka kerapkali membuang sampah sembarangan sehingga lambat laut zona ini juga jadi kotor akibat kurangnya kesadaran dari setiap pengunjung.

Akhirnya timbul rasa prihatin di kalangan tertentu yang melahirkan berdirinya suatu lembaga bernama Lembaga Masyarakat Desa Hutan( LMDH) sobat gaul.

Sesudah memperoleh izin lembaga yang berwenang, LMDH yang diketuai H. Suhaeri serta Kang Budi ini mulai mengelola areal wisata ini yang luasnya menggapai 4, 5 hektar dengan sangat konsisten.

Makna Air terjun Leuwi Hejo

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Sebutan Leuwi serta Hejo ialah kata yang terambil dari bahasa sunda. Leuwi sendiri mempunyai sebagian makna di antara lain tempat rendah baik terisi air ataupun tidak, dapat pula berarti tempat pemandian sobat gaul.

Makanya sebutan leuwi sangat gampang ditemukan di golongan warga sunda, terdapat leuwi damar, leuwi ini leuwi itu dst.

Ada pula Hejo maksudnya hijau. Dinamai demikian sebab leuwi ini mempunyai air yang jernih sehingga memunculkan hamparan kecil gradasi biru sobat gaul.

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor
Yunia Saraswati

Adanya semburat yang menawan itu maka leuwi ini diberi nama dengan Air terjun Leuwi Hejo sobat gul. Sementara itu tadinya bukanlah demikian, serta warga juga biasa menyebut Curug Bengkok lantaran sungainya memenag terlihat berkelok.

Sampai dikala ini turis serta warga sekitar lebih sering menyebut sebagai Air terjun Leuwi Hejo.

Oya, tadinya Leuwi ini pula dapat didatangi oleh siapa juga tanpa bayaran tiket masuk. Tetapi sehabis para bloger kerap mengupload kegiatannya, kesimpulannya leuwi ini juga formal dikolela oleh LMDH yang dibuka pada tahun 2014.

Mitos Air terjun Leuwi Hejo

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Namanya pula warga Indonesia, tidak seru jika tidak ngomongin mitos. Walaupun banyak yang tidak yakin, namun kenyataannya selalu kepo. Betul?

Bersumber pada penelusuran kami, terdapat mitos populer di Air terjun leuwi hejo ini, di antara lain merupakan siapa juga yang membuang kotoran sampah di leuwi serta pula berkata- kata kotor sepanjang di mari, dia hendak bisa bala/ musibah.

Tidak hanya itu, terdapat pula mitos lain semacam penghuni Air terjun leuwi yang sering dikatikan ke Nyi Blorong serta Mbah Uyud Marsinah. Terlebih lagi, makam Mbah Uyud memanglah terletak di dekat Leuwi Hejo sobat gaul.

Meskipun demikian, tempat wisata ini tidak mempunyai kesan angker dan sehingga para travelers juga heppi enjoy aja sepanjang beraktifiatas di sini sobat gaul.

Sarana Leuwi Hejo Sentul

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Jangan salah duga, walaupun tempat ini bertabiat natural namun bukan berarti tidak dikelola dengan apik serta handal.

Karena jika kaka telah sempat ke mari, kaka hendak terkagum dengan kebersihan zona tercantum bagian leuwinya.

Tidak hanya itu beberapa sarana juga ikut mempermudah ekspedisi kaka. Di antara lain telah ada:

::MCK
::Ruang ubah pakaian
::Regu SAR
::Parkiran
::Warung makan
::Saung
::Dll

Kelebihan Air terjun Leuwi Hejo Sentul

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Semenjak darmawisata mengarah Air terjun Leuwi, sobat gaul bakal dimanjakan dengan panorama alam alam yang takjub dan menawan. Terlebih lagi jalur perjalanannya telah mendingan dan nyaman sebab memanglah spesial pemandangan yang disuguhkan buat mengarah ke Air terjun leuwi ini sobat gaul.

Pada saat sobat gaul sampai di leuwi, kamu hendak terkesima dengan suatu kolam bak patahan surga yang jatuh di Sentul Bogor ini.

Airnya yang biru jadi magnet buat neymplung basah- basahan. Juga dengan alam dekat, sangat rindang serta sejuk sehingga sesuai buat dijadikan obat natural buat mata.

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor
 
Ada pula untuk kaka yang tidak ingin nyemplung basah- basahan, kaka dapat duduk- duduk santuy di antara bebatuan sambil menikmati indahnya suara gemericik air sungai.

Dari beberapa keelokan ini tidak ayal lagi bila para turis juga senantiasa memakainya dengan membidik sudut- sudut tertentu dengan kamera yang luar biasa mutahir. Teruji bermacam foto yang berseliweran di medsos juga senantiasa viral.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Leuwi Hejo

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Buat bisa menikmati indahnya objek wisata ini kaka wajib merogoh goceh sebesar Rp. 20. 000 saja. Rinciannya 15 rb buat pos awal serta 5 rb buat pos kedua.

Bayaran ini digunakan buat pengelolaan serta kebersihan zona yang diurus oleh LMDH.

Jam Operasi Air terjun Leuwi Hejo


Leuwi ini dibuka semenjak Jam 07. 00 Wib sd 17. 00 Wib. Jadi pastikan sobat gaul tiba di antara jam tersebut ya.

Rute Mengarah Air terjun Leuwi Hejo Sentul


Air Terjun Leuwi Hejo Bogor
Amiih Kiki

Jika kaka pake mobil dari Jakarta, silahkan ambil arah Jagorawi dengan exit tol Sentul. Setelah itu ambil arah kiri mengarah gerbang Sentul Circuit.

Cocok di pertigaan yang menghadap gerbang sentul circuit, silahkan ambil rute kanan mengarah SICC( Sentul International Convention Centre) sampai pertigaan SICC.

Dari pertigaan ini ambil arah kiri serta lurus sampe ke pertigaan yang mengarah ke Gunung Pancar. Dari sini hendaknya sobat gaul buka google maps aja ya serta simak instruksinya ya.

Air Terjun Leuwi Hejo Bogor
 
Air Terjun Leuwi Hejo Bogor 
Lokasi : Jalan raya, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor
Jam buka : Buka 24 Jam
Kontak : 0813 8413 5476

Demikian yang dapat min sharingkan mudah- mudahan berguna ya sobat gaul. Segera agendakan dan buat wisata ini sebagai list wisata tujuan kamu berikutnya. Happy holiday...