Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bendung Lepan Jogja : Bertamasya Sembari Melihat Keseruan Sungai Ikan

Bendhung Lepan Jogja

Karogaul.com - Bendung Lepan adalah objek wisata yang terletak di Desa Lepan, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bendung ini adalah bendung buatan yang dibangun pada tahun 1992 dan menjadi tempat tujuan wisata yang populer di Yogyakarta.

Bendung Lepan menawarkan pemandangan alam yang indah dengan latar belakang pegunungan Menoreh dan sungai Progo yang mengalir di bawahnya. Wisatawan dapat menikmati panorama alam yang indah sambil menikmati udara segar dan suasana yang tenang.

Selain menikmati pemandangan alam, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di Bendung Lepan, seperti bersepeda, berjalan-jalan, memancing, berenang, atau sekadar bersantai di tepi sungai. Tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan outbond atau piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Wisata Bendung Lepan Jogja ialah sebuah saluran irigasi yang dibuat jadi destinasi wisata sebagai tempat berkumpul serta membebaskan penat dan pikiran runyam di tengah kota Jogjakarta sobat gaul.

Bendung Lepen Mrican Jogja ini tadinya ialah sungai kecil yang begitu kotor dengan halaman Desa yang tak terurus, namun dengan kreativitas pemuda setempat kini menjadi kannya tempat nangkring kesukaan warga di Wilayah Umbulharjo Jogja ini sobat gaul. 

Letak ini sangat sesuai untuk Sobat gaul yang mau nangkring, terlebih untuk anak kecil lokasinya sangat mengasyikkan, sebab irigasi yang tadinya kotor telah bersih serta dipadati ikan nila serta gurame yang cantik.

Halaman Desa ini sekarang telah jadi lokasi kesukaan untuk golongan anak muda yang suka nangkring sembari menikmati sejuknya hawa serta pastinya pula dengan ditemani segelas kopi yang dapat dipesan di lokasi wisata ini sobat gaul.

Lokasi Bendung Lepen Jogja.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Ridwan Supriyantoe

Bendung Lepen ini terletak di hulu kali gajah wong, kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Jogja. Lokasi ini memanglah terletak di tengah Kota Jogja tetapi tak harus takut sebab udaranya lumayan sejuk dengan halaman taman yang indah sobat gaul.

Buat dapat sampai di lokasi ini jalurnya pula sangat gampang, serta tidak jauh dari arah titik nol Kilometer Jogjakarta ataupun dari alun- alun Jogja.

Rute Mengarah Bendhung Lepen Jogja.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Cunk Brajarasta

Jarak Bendhung Lepen Jogja ini bila dari Alun- alun Jogjakarta cuma kurang lebih 6 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit petualangan dengan kendaraan pribadi sobat gaul.

Untuk Sobat yang mau tiba ke lokasi wisata indah di tengah Kota Jogja ini dapat melewati sebagian jalan, bila dari Alun- alun Jogja ambil jalur Brigjen Katamso, sehabis sampai di Pojok Beteng Wetan lagnsung belok ke kiri mengarah Jalan Mentri Sumpeno, lurus terus sampai hingga di lampu merah Umbulharjo setelah itu belok kanan mengarah Jalan Pramuka sobat gaul.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Ario Djogja

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Bustan Madu

Ikuti terus Jalan Pramuka sampai hingga di Jalan Imogiri Timur, setelah itu belok ke kiri mengarah Jalan Karangmiri, sehabis hingga di pertigaan belok ke kiri mengarah Wisata Kali Gajah Wong Mrican, nah lanjutkan ekspedisi Sobat menyusuri kali Gajah Wong sampai mendapatkan Bendhung Lepen Mrican yang Sobat gaul tuju.

Jam wisata Bendhung jogja Mrican ini tiap hari dari jam 05. 30 sampai tutup pada jam 22. 00 Wib.

Sarana Wisata Kota Jogja Bendung Lepen.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by fina dhamayatun

Berdialog tentang sarana juga lumayan lengkap semacam lokasi buat parkir, tempat duduk buat nangkring, jajanan serta santapan berat, spot gambar serta juga ada wisata perahu kecil buat mengelilingi bendungan dengan tarif Rp 30. 000.

Tidak hanya menikmati indahnya halaman Desa yang kecil, Sobat pula dapat menikmati aneka jajanan serta santapan yang terdapat di lapak lapak dekat Bendung Lepen Mrican jogja ini. Lokasinya pula lumayan luas, banyak area tempat duduk buat bersantai sampai malam lho sobat gaul.

Harga Tiket Masuk Bendhung Lepen Jogja.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Patriza Gavynda

Berdialog tentang harga tiket masuk sampai dikala ini masih free atau tidak dipungut bayaran, Sobat gaul cuma dikenakan bayaran parkir saja, sungguh mengasikkan bukan?.

Bila Sobat gaul mau berkunjung ke lokasi wisata Bendung Lepen Jogja ini pastinya pula wajib senantiasa mematuhi ketentuan protokol kesehatan dengan cuci tangan yang telah disediakan serta pula mengenakan masker untuk saling melindungi antar sesama.

Tidak hanya itu para wisatawan pula diharapkan buat dapat melindungi kebersihan area sekitar, dengan cara simple yaitu membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak mengotori areal aliran sungai ataupun Bendungan bening dan jernih ini sobat gaul.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Very

Daya  Tarik Bendung Lepan 

Bendung Lepan adalah sebuah objek wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Daya tarik wisata Bendung Lepan terutama adalah pemandangan alam yang indah dan udara yang segar di sekitar area bendung. Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Bendung Lepan antara lain:

Berwisata air: Anda dapat menikmati keindahan bendungan dengan berwisata air menggunakan perahu atau rakit kayu. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan sawah hijau, hutan, dan sungai kecil.

Memancing: Bagi Anda yang suka memancing, Bendung Lepan adalah tempat yang tepat. Di sini terdapat berbagai jenis ikan yang bisa Anda dapatkan seperti ikan mujair, nila, dan lele.

Piknik: Area sekitar Bendung Lepan juga cocok untuk piknik keluarga atau bersama teman-teman. Ada banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Menikmati kuliner lokal: Di sekitar Bendung Lepan, terdapat banyak warung makan dan kedai kopi yang menyajikan kuliner lokal yang lezat. Anda dapat mencoba nasi gudeg, sate klathak, atau kopi jos yang terkenal di Yogyakarta.

Bersepeda: Jika Anda suka bersepeda, Anda dapat menyewa sepeda di sekitar Bendung Lepan dan berkeliling area sekitar yang indah.

Selain itu, pada malam hari, Anda juga dapat menikmati pemandangan kembang api yang indah di sekitar Bendung Lepan. Dengan segala daya tarik wisata yang dimilikinya, Bendung Lepan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta.

Bendhung Lepan Jogja
Taken by Ika Hapsari

Untuk Sobat gaul yang suka bermain dengan ikan, boleh kok kasih makan ikan sembari berendam kaki, namun untuk si kecil dianjurkan supaya senantiasa di jaga oleh orang tua ya, demi keamanan bersama.

Bendung Lepen Jogja ini dapat jadi contoh buat daerah yang lain yang mempunyai potensi wisata buat dibesarkan, serta pula wajib dapat meniru semangat anak muda buat meningkatkan kreativitas mengelola saluran air yang kotor jadi bersih serta dapat tingkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sekian info ini kami paparkan mudah- mudahan dapat berguna serta dapat Sobat gaul peruntukan sebagai bahan rujukan tujuan wisata asik di tengah Kota Jogjakarta. Happy holiday...