Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Candi Borobudur dari dekat : Telusuri Daya Tariknya, Tiket Masuk dan Akses Lokasi Wisata

Candi Borobudur

Karogaul.com - Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbanyak di dunia sobat gaul. Dibentuk pada kisaran abad ke- 9, Candi Borobudur saat ini jadi daya pikat yang sanggup menarik banyak turis tiap tahun. Dapatkan kenyataan unik nan menarik, sejarah, serta foto Candi Borobudur di mari.

Terdapat guyonan di golongan supir rental mobil Jogja sobat gaul. Nyatanya, orang kita itu hendak mendatangi Candi Borobudur paling tidak sebanya mpat kali seumur hidupnya. Kunjungan awal atau pertama ke Candi Borobudur umumnya kala study tour anak  sekolah sobat gaul. Kunjungan ke-2 bersama pacar kala kuliah. Kunjungan ke-3 dengan orang tua sehabis kegiatan wisuda. Kunjungan ke-4 bawa anak serta istri kala liburan ke Jogja.

Candi Borobudur
Foto oleh haiban najid

Candi Borobudur memanglah semacam wisata harus untuk turis di Jogja. Walaupun posisinya di Magelang, Candi Borobudur dapat dijangkau sekitar 1, 5 jam dengan kendaraan pribadi/ rental dari Kota Jogja soabt gaul. Kendaraan Umum ke Borobudur juga ada lho.

Wisata Candi Borobudur buka tiap hari pk 08: 00 hingga pk 15: 00, namun hari Senin wisatawan tidak dapat masuk ke taman candi sobat gaul. Waktu terbaik buat mendatangi Candi Borobudur merupakan pagi- pagi sekali, dikala hawa masih fresh.

Candi Borobudur
Foto oleh Anis Fitriyani

Harga tiket masuk wisata Candi Borobudur merupakan Rp50. 000 buat dewasa serta Rp25. 000 buat anak 3- 10 tahun. Terdapat diskon 50% buat rombongan pelajar/ mahasiswa, minimun 20 orang ya soabt gaul.

Apabila mau lebih hemat, ada tiket terusan Candi Borobudur+ Candi Prambanan Rp75. 000 buat dewasa serta Rp35. 000 buat anak 3- 10 tahun soabt gaul. Tiket terusan ini hanya berlaku 2 hari saja, jadi masih dapat digunakan pada keesokan harinya. Tiket terusan wisata Candi Borobudur dan Ratu Boko juga ada soabt gaul, harga serta ketentuannya juga sama.

Candi Borobudur
Foto oleh subiyandono 69

Berikut sekian banyak peraturan terkini di Candi Borobudur yang telah dirangkum dari bermacam sumber sobat gaul, sbb:

::Wisatawan harus memakai aplikasi PeduliLindungi untuk masuk.
::Anak di bawah 12 tahun sudah boleh buat merambah Candi Borobudur.
::Semenjak pertengahan 2020, wisatawan telah tidak diperbolehkan naik ke candi. Jadi, cuma dapat sampai pelataran/ taman candi. Buat naik ke atas dikenakan bayaran tambahan yang telah didetetapkan.
::Tiap jam 12. 00- 13. 00, taman Candi Borobudur hendak dikosongkan dari wisatawan.
::Tiap hari Senin, wisatawan juga tidak dapat masuk ke taman Candi Borobudur. Jadi, cuma dapat sampai batasan pagar.
::Dilarang bawa santapan serta minuman dari luar soabt gaul.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur
Foto oleh Nicholas Fantini

Bersumber pada prasasti Karangtengah, Candi Borobudur dibentuk oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra serta baru dituntaskan putrinya, Ratu Pramudawardhani, pada abad ke- 9 sobat gaul.

Sedikit yang diketahui tentang perihal lainnya, tercantum siapa arsitek bangunan yang tersusun dari sekitar 2 juta balok( 55. 000 m3) batuan andesit yang saling mengunci bagaikan suatu puzzle raksasa ini sobat gaul.

Candi Borobudur
Foto oleh Bowie

Suatu legenda Jawa menceritakan tentang Gunadarma yang tiduran memandang Candi Borobudur hingga tertidur serta badannya berganti jadi perbukitan Menoreh sobat gaul. Gunadarma setelah itu dikira sebagai arsitek Candi Borobudur walaupun tidak terdapat prasasti bersejarah tentang perihal itu.

Candi Borobudur memuat 2672 panel relief yang bila disusun berjajar hingga panjangnya menggapai 6 kilometer.

Candi Borobudur
Foto oleh Bowie

Relief Candi Borobudur dibagi jadi 4 cerita utama, ialah: Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/ Awadana, dan Gandawyuha. Tidak hanya mengisahkan tentang petualangan hidup Sang Buddha serta ajarannya soabt gaul, relief Candi Borobudur pula merekam kemajuan warga Jawa pada masa kejayaan itu.

Buat menjajaki cerita yang terpahat di Candi Borobudur, wisatawan wajib berjalan searah jarum jam dari pintu timur. Sehabis datang di titik dini barulah naik ke tingkatan selanjutnya. Demikian berulang sampai menggapai puncak Candi Borobudur. Ritual ini sering diucap pradaksina sobat gaul.

5 Kenyataan Luar biasa di Candi Borobudur

Candi Borobudur
Foto oleh fran tiok

::Ialah candi Buddha yang sangat besar dengan luas 123 m x 123 m.

::Candi Borobudur dihiasi 2. 672 panel relief yang apabila disusun berjajar panjangnya menggapai 6 kilometer. UNESCO memujinya selaku ansambel relief Buddha terbanyak serta sangat lengkap di dunia sobat gaul, tidak tertandingi dalam nilai seni, tiap adegannya merupakan mahakarya yang ekstik nan unik.

::Candi Borobudur merupakan puzzle raksasa yang tersusun dari kurang lebih 2 juta balok batu vulkanik dan dipahat sedemikian rupa sehingga sama- sama mengunci( interlock) sobat gaul.

::Diperlukan 55. 000 m kubik batu vulkanik buat membangun Candi Borobudur.

::Diperkirakan perlu waktu 75 tahun buat membangun Candi Borobudur ini soabt gaul.

Candi Borobudur
Foto oleh Marco Van Geertsom

Didatangi jutaan orang tiap tahunnya, Candi Borobudur yang diucap UNESCO selaku monumen serta lingkungan stupa termegah dan terbanyak di dunia ini memanglah menawan. Simaklah foto Candi Borobudur dalam momen terbaiknya kala sunrise serta Waisak.

Apabila pada hari biasa kita sudah diminta berangkat dari Borobudur saat sebelum senja sobat gaul, dikala Waisak kita berkesempatan memandang Candi Borobudur di malam hari yang penuh keindahan. Perihal ini sangat istimewa sebab Borobudur nampak begitu megah nan indah kala disorot lampu indah.

Hotel sekitaran Candi Borobudur

Sebagian besar turis yang berkunjung ke Candi Borobudur hendak menginap di Jogja soabt gaul. Bisa jadi sebab lebih banyak opsi hotel. Bisa jadi pula sebab Candi Borobudur gampang dijangkau dengan kendaraan pribadi serta kendaraan umum dari kota Jogja.

Candi Borobudur
Foto oleh Kurt Hollstein

Apabila Kamu mau menginap di situ, terdapat banyak hotel di sekitaran Candi Borobudur. Salah satunya hotel di dalam lingkungan Candi Borobudur merupakan Hotel Manohara soabt gaul.

Amanjiwo Borobudur Resort
Amanjiwo Borobudur Resort merupakan hotel elegan di Bukit Menoreh, sekitaran Candi Borobudur. Banyak turis menggemari pribadi serta keindahan yang diuguhkan hotel ini. Harga mulai dari Rp8. 500. 000/ malam sobat gaul. cukup WOW juga ya kan.

Plataran Borobudur Resort
Plataran Borobudur Resort merupakan resor elegan yang terletak 1 kilometer dari Candi Borobudur. Resor ini berdekatan dengan Punthuk Setumbu soabt gaul, destinasi yang sangat menawan buat melihat matahari terbit(sunrise) dari atas ketinggian bukit dengan panorama alam ke Candi Borobudur. Harga mulai dari Rp4. 000. 000/ malam sobat gaul.

Plataran Heritage Borobudur Hotel
Hotel ini berdekatan dengan Plataran Borobudur Resort soabt gaul. Bangunannya 5 tingkatan dengan beberapa kamar sehingga harga cukup terjangkau, namun tidak ter kurangi kemewahan yang disugukan. Harga mulai Rp1. 600. 000/ malam.

Santai aja, tidak seluruh hotel dekat Candi Borobudur itu mahal- mahal kok soabt gaul. Banyak pula kok losmen serta penginapan murah sekitaran Candi Borobudur, Seperti: Lotus Guest House, Hotel Lumintu, Hotel Bhumi Sambhara. Rata- rata tarif inapnya di bawah Rp200. 000/ malam soabt gaul, cukup terjangkau lah ya kan.

Paket wisata ke Candi Borobudur

Candi Borobudur
คცძϋՆ ΉคՆɿ๓

Apabila menginap di Jogja, Kamu dapat mengambil paket wisata murah dan terjangkau yang ditawarkan oleh sewaan/rental mobil Jogja sobat gaul. Paket wisata Jogja buat mendatangi Candi Borobudur, volcano tour, Candi Prambanan, serta city tour mulai dari Rp400. 000 serta telah mencakup bayaran sewa mobil, sopir, serta bahan bakarnya sobat gaul. Turis yang bepergian dengan sahabat pasti dapat berbagi ongkos biar lebih irit ya kan.

Candi Borobudur
Foto oleh Sutrisno Sutrisno
 
Candi Borobudur
Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah
Jam buka: 6.30AM -4.30 WIB
Kontak: (0293) 788266
Arsitek: Gunadharma
Kota: Kec. Borobudur, sekitar 3 km dari Kota Mungkid (ibukota Kabupaten Magelang, Jawa Tengah)
Mulai dibangun: 750 M
Luas: 2.500 m²
Tinggi: 35 m
Dibuka: 825 M

Demikianlah ulasan singkat mengenai "10 Potret Candi Borobudur Terkini : Telusuri Daya Tariknya, Tiket Masuk dan Akses Lokasi Wisata" kapan nih sobat gaul melancong ke tempat penuh sejarah ini ?