Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benteng Pabangbon Bogor : Wisata Alam yang Menyuguhkan Berbagai Spot Foto Unik nan Instargamble

Benteng Pabangbon Bogor

Karogaul.com - Bogor memang terkenal dari puncaknya di Gunung Gede Pangrango, namun semakin populernya tempat tersebut membuatnya semakin ramai dan kurang tenang dinikmati.

Jika kamu lagi nyari tujuan wisata alam bernuansa sepi yang menyajikan banyak hal seru di Bogor, kamu wajib menengok pesona keindahan wisata Panorama Pabangbon Leuwiliang atau biasa disingkat Papa.

Kawasan alam ini berada di area hutan pinus Perhutani Meranti atau terletak di sisi utara Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Udin Wahyudin

Selain itu, lokasinya yang berada di ketinggian lebih 700 meter tepatnya di area pegunungan Benteng Bogor, membuat tempat wisata ini memiliki panorama alam perbukitan yang asri yang sedap dipandang mata.

Wisata alam ini menjadi tujuan baru para warga Bogor. sebab nggak hanya menawarkan panorama alam yang manawan, tetapi banyak daya tarik lain yang di selipkan sehingga membuatnya begitu mengesankan.

Daya Tarik Benteng Pabangbon

Nikmati Aneka Spot Foto yang Aduhai.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Fitri Yana

Keunikan Panorama Pabangbon adalah wahana berfotonya, saat berlibur di kawasan wisata ini kamu bakal disuguhi beberapa obyek spot kekinian.

Mulai dari sayap kupu-kupu, gardu perahu, sangkar burung, desain bentuk hati, pancawara tangan raksasa, ayunan langit, bulan sabit, rumah kurcaci, balon udara dan kesemuanya di padu dengan panorama hijaunya perbukitan yang cukup asri.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh novi anggraeni

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh A Sutisna

Ditambah lagi area wisata ini juga dilengkapi jembatan penyeberangan yang menghubungkan ke beberapa spot berfoto yang lokasinya di tebing curam, dari sinilah beberapa pengunjung bisa merasakan hembusan segar angin khas nuansa puncak.

Tak jarang pula dek jembatan tersebut juga menjadi salah satu obyek latar pengambilan foto acara pra nikah atau prewedding.

Rumah Pohon nan Instagramble.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Rachmat Mulyadi

Yang membuat tempat liburan alam ini begitu hits dan populer oleh banyak wisatawan ialah adanya rumah yang menempel di pohon dan bentuknya cukup cantik.

Hingga tak mengherankan kawasan rekreasi alam di Bogor ini sering disebut dengan nama Rumah Pohon Pabangbon.

Tidak hanya buat dipandang dari kejauhan saja, tree house atau rumah pohon di pabangbon tersebut juga bisa kita naiki, sebab bangunan yang menggantung di pepohonan ini juga dilengkapi sebuah tangga.

Seperti halnya spot-spot gardu lainnya, kecantikan rumah pohon ini juga tak luput menjadi sasaran ajang beradu akting dengan jepretan kamera untuk momen liburan yang menari.

Wahana Permainan yang Cozy.

Benteng Pabangbon Bogor
Jihan Amanda

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Herman Manoch

Disamping menyajikan tempat berfoto yang instagramable, wisata Pabangbon juga menawarkan keseruan permainan.

Salah satunya ialah sepedah layang yang memanfaatkan tali besi sebagai jalur lintasan, dan wahana ini terbilang lumayan ekstrim sebab rutenya berada di sela sebuah jurang.

Meski lumayan memacu adrenaline, wisatawan nggak perlu khawatir, karena atraksi ini dilengkapi keamanan berupa tali penahan yang cukup teruji dan memenuhi standar.

Jika dirasa sepeda terbang kurang menantang, kamu bisa mencoba wahana lain yang bikin jantung berdebar seperti Flying fox.

Hutan Pinus yang meneygarkan mata dan pikiran.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh novi anggraeni

Memang tak semua wisatawan yang berkunjung suka dengan berfoto, dan bahkan mereka hanya ingin mencari ketenangan di alam bebas.

Meski begitu, kamu bisa ide kegiatan lain yang menarik, salah satunya mengeksplore hutan pinusnya, untuk menikmati kesejuakan alam yang jauh dari keramaian adalah aktivitas yang membuat fikiran kita menyenangkan.

Sembari bersantai diatas gantungan hammock, berjalan di bawah rindangnya pinus maupun nongkrong di beberapa tempat duduk kayu adalah hal yang sangat menyegarkan buat dilakukan.

Camping & Pemandian.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Nadhifa Shakiya

Jika kamu memang pecinta petualang alam atau sedang mencari tujuan berkemah di alam bareng sahabat, kalian dapat memanfaatkan Pabangbon camping ground sebagai lokasi mendirikan tenda.

Tak dapat dipungkiri, kondisi alam yang sejuk serta udara yang sangat bersih membuat kawasan ini begitu spesial dijadikan bercamping menyisih dari hiruk pikuk ramainya perkotaan.

Nggak hanya dijadikan petualang bareng sahabat, Camping Ground Pabangbon juga recomended di nikmati bareng keluarga, sebab kebutuhan tenda dan lokasi sudah disediakan oleh pengelola hingga kita tak perlu capek-capek mempersiapkan bekal peralatan.

Lokasi Benteng Pabangbon

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Akil Munir

Pariwisata alam ini terletak di Wilayah Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Kawasan wisata di Pabangbon ini sendiri berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat ibukota Bogor yakni Cibinong.

Kalian dapat menggunakan rute Jalan Leuwiliang atau Jl. Raya Dramaga, namun yang paling recomended adalah melalui Jl. Leuwiliang karena sepi lancar dan dapat diakses kendaraan mobil maupun motor.

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh M•S• Fahryeeza

Setelah sampai di wilayah Leuwiliang, kamu bisa melanjutkan perjalanan sampai di persimpangan Kracak, selanjutnya bisa belok kiri melewati Jalan M. Noh Nut hingga sampai di SMP 4 Leuwiliang.

Dari situ kamu bisa lurus melewati jalan tanjakan bukit sampai berjumpa dengan kawasan hutan Penelitian Meranti.

Jalan masuk terus beberapa meter dan kamu sudah sampai di area Gunung Benteng yang merupakan tempat wisata Panorama Pabangbon berada.

Tiket Masuk Benteng Pabangbon

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh novi anggraeni

Berapakah biaya masuk ke wisata Rumah Pohon Leuwiliang atau Panorama Pabangbon terbaru saat ini?

Para pengunjung akan dikenakan tarif karcis sebesar Rp 15.000,- perorang. selanjutnya untuk tarif parkir kendaraan yang kamu bawa ialah Rp 5.000,- permotor dan untuk mobil Rp 10.000,-

Namun saat menikmati aneka spot foto, wisatawan perlu merogoh biaya tambahan kisaran Rp 5.000,- per tempat, dan jika kamu ingin menggunakan jasa fotografer, maka perlu membayar Rp 10.000 untuk 5 gambar.

Jam Buka Benteng Pabangbon

Untuk waktu operasional kunjungan di obyek wisata Gunung Benteng Pabangbon adalah setiap hari mulai pukul 08.00 Wib. pagi hari hingga sore pukul 15.00 Wib.

Fasilitas Benteng Pabangbon

Benteng Pabangbon Bogor
Foto oleh Jaka Sembung

Ada apa saja Fasilitas yang disediakan oleh wisata Pabangbon? tentunya sangat beragam, diantaranya;

::Lahan parkir Luas.
::Musholla yg Nyaman.
::Toilet Bersih.
::Warung makan dan kedai minuman nan maknyus.
::Gazebo atau saung bersantai.
::Camping ground keren.
::Jasa fotograferyang kece

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Wisata Alam Gunung Benteng Pabangbon Bogor : Menyuguhkan Berbagai Spot Foto yang Instargamble" apakah soabt gaul tertarik buat mengeksplorasi tempat yang cozy nan keren ini ?