Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan Malioboro Jogja : Menyusuri Jalan dengan Khas Desain Jawa dan Lampu Kuning yang Memberi Kesan

Jalan Malioboro Jogja

Karogaul.com - Tentu kamu ketahui jalur di Jogja yang sangat populer di seantero Indonesia? Yap, nama itu merupakan Jalan Malioboro. Jalur ini memanglah sangat diketahui oleh warga di Indonesia sebab memiliki nilai filosofis serta sejarah yang kokoh sobat gaul. Jalur Maliboro ini diketahui selaku penggerak utama nadi Yogyakarta semenjak Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan.

Areal ini mulai tumbuh lagi di masa kolonisasi pada dekat tahun 1790, didirikan Kantor Gubernur Belanda yang saat ini jadi Istana Negeri serta Benteng Vendeburg di ujung selatan jalur Malioboro ialah Titik Nol Kilometer Jogja soabt gaul. Terlebih dengan masuknya banyak orang dagang yang berasal dari Negara Tionghoa menaikkan maraknya warga yang berbondong- bondong ke tempat ini tiap harinya.

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Dasma PB

Di Jalur Malioboro pula ada hotel tertua serta terbanyak di Yogyakarta, ialah hotel Garuda. Hotel berbintang 5 ini terletak di ujung utara Jalur Malioboro sobat gaul, maka sangat strategis sekali serta semenjak jaman kolonial Belanda jadi tempat kesukaan buat menginap.

Di zona pedestrian Jalur Malioboro kamu hendak berjalan di atas batu marmer yang elegan dengan tumbuhan hijau di selama jalur. Terlebih areal ini ditata dengan sedemikian rupa buat kawasan wisata spbat gaul, dengan banyaknya dudukan di sepanjang jalur maliboro.

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh arif sudilaksono

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Iwan Haniyoto

Umumnya pada sore sampai malam hari, tempat duduk di Jalur Malioboro ini dipadati oleh para turis yang mau memandang atmosfer Malioboro yang sangat berciri khas‘ Yogyakarta’ sobat gaul. Terlebih lampu jalur yang mempunyai desain unik khas jawa dengan lampu kuning yang pastinya memunculkan kesan mesra yang berkesan.

Apabila kamu mau membeli oleh- oleh ataupun kenangan dari Yogyakarta sobat gaul, hingga kamu dapat membeli banyak cindera mata di orang dagang kaki 5 yang terdapat di selama Jalur Malioboro, bila kamu mau mempunyai benda yang lebih bermutu hingga kamu pula dapat membelinya di toko yang terdapat di selama Jalur Malioboro.

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Zach H

Pastinya kala kamu di areal Maliboro yang terletak di tengah Jalur Margo Utomo serta Margo Mulyo ini tidak hendak bosan, sebab ada seniman- seniman yang menggemari buat memamerkan karyanya disini sobat gaul, semacam instalasi arca. Tidak hanya itu pula terdapat pemusik jalanan, yang umumnya memainkan perlengkapan angklung, gitar, kendang, ataupun menyanyi yang siap membagikan kamu hiburan.

Harga Tiket serta Parkir Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Wilmar Desrizal

Harga tiket Jalur Malioboro sesungguhnya tidak terdapat biayanya, serta betul- betul free. Tetapi kamu wajib membayar parkir bila bawa kendaraan sendiri. Bayaran parkirnya pula lumayan murah ialah buat mobil Rp 5. 000,-. Sebaliknya buat motor ialah Rp 2. 000, sobat gaul.

Areal parkir Jalur Malioboro ialah berada di Sentra Parking Abu Bakar Ali yang berlokasi diujung utara Jalur Malioboro serta berdekatan dengan rel kereta api sobat gaul.

Sarana Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Kak DM

Sarana Jalur Malioboro bagi sobat gaul yang berkunjung telah tersaji sangat lengkap. Sehingga sahabat gaul yang berkunjung ke areal Malioboro tidak butuh resah bila mau buang air sebab disini telah disediakan sarana umum wc yang lumayan bersih. Sarana Jalur Malioboro untuk kebersihan, semacam tempat sampah juga pula ditemui di selama jalur ini, sehingga kamu tidak butuh khawatir mencari tempat buang sampah.

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Efendy A1

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Rois Mbois

Berikut merupakan sarana Jalan Malioboro:
• Wc Umum
• Tempat Sampah
• Pedestrian
• Tempat Duduk
• Taman
• Orang dagang Kaki 5 yang menjajakan souvenir
• Toko di selama Jalur Malioboro yang menjajakan souvenir, mode, sampai kuliner
• Mall Malioboro.
• Papan data Jalur Malioboro
• Petugas yang siap memandu kamu di dekat kawasan Malioboro.

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Reysal Official

Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri atas Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta. Wikipedia

Jalan Malioboro Jogja
Foto oleh Efendy A

Jalan Malioboro Jogja 
Panjang: 2 km
Location: Yogyakarta, Special Region of Yogyakarta, Indonesia
North: Jalan Margo Utomo (Pangeran Mangkubumi), Jogja
South: Jalan Margo Mulyo (Ahmad Yani)
Native name: ꦢꦭꦤ꧀​ꦩꦭꦶꦪꦧꦫ (Javanese)

Demikianlah ulasan singkat mengenai "Jalan Malioboro Jogja : Menyusuri Jalan dengan Khas Desain Jawa dan Lampu Kuning yang Memberi Kesan" buat sobat gaul yang liburan ke jogja, jangan lupa buat singgah ke tempat yang penuh keindahan ini ya.