Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Rekreasi Wiladatika : Wisata Keluarga yang indah dan Asri dengan View Pepohana Hijau Menyegarkan Mata

Taman Rekreasi Wiladatika

Karogaul.com - Taman Rekreasi Wiladatika, pada awal tahun 2000an dahulu, terdapat Sinetron bertajuk Tuyul serta Mbak Yul. Generasi 90- an tentu cukup populer dengan sinetron ini. Sinetron mengenai tuyul botak baik hati yang hidup bareng manusia. Tetapi, bukan sinetron ini yang hendak kita bicarakan, melainkan posisi shooting sinetron tersebut.

Dalam filem sinetron itu, senantiasa ditampilkan posisi air mancur dengan kolam melingkar, jalanan dengan tiang tanaman memayungi, dan rumah jamur. Seluruh posisi tersebut nyatanya bukan cuma properti sinetron saja, melainkan benar– benar terdapat di dunia nyata.

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto oleh Hifzi Nurfahma

Tempat itu ialah Taman Wiladatika yang terletak di Cibubur. Tidak disangka, di dekat Jakarta masih terdapat taman luas yang indah serta sejuk. Semacam apa keelokan objek wisata ini. 

Walaupun nama destinasi wisata ini Taman Tamasya Wiladatika Cibubur, tetapi nama posisi sesungguhnya berada di kota Depo, Jawa Barat. Dinamakan Taman Tamasya Wilatadika Cibubur sebab objek wisata ini bersebelahan dengan bumi perkemahan Cibubur, sehingga taman ini juga diberi nama demikian supaya gampang diketahui oleh banyak orang.

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto olehYoyoy putra2

Taman Tamasya Wiladatika ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada 29 Juni 1980. Awal mulanya, tujuan dibukanya tempat ini buat umum merupakan selaku jalur pengumpulan dana aktivitas pramuka.

Destinasi wisata ini mempunyai luas kurang lebih 15 hektar, dimana lahannya digunakan buat taman serta wahana game. Sebab umurnya telah menggapai 38 tahun, hingga vegetasi di mari juga telah lumayan lebat serta rimbun.

Semenjak berdirinya tempat ini, tercatat sempat diadakan Jambore Nasional ke - 10 pada 14 Agustus 2016 lalu. Kegiatan dibuka oleh Pak Jokowi, sebagai Pimpinan Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Partisipan kegiatan ini ialah segala provinsi di Indonesia dengan anggota kurang lebih 25. 000 pramuka.

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto oleh herlyanto ari munandar

Bersamaan berjalannya waktu, tempat ini mulai dibuka buat universal, tidak cuma buat aktivitas pramuka saja. Tidak hanya taman, di mari pula ada Pusat Pembelajaran serta Pelatihan Pramuka Nasional( Pusdiklatmas).

Gedung serta aula pula bisa disewa oleh universal. Umumnya aula resepsi disewa buat kegiatan perkawinan, sedangkan taman hijau digunakan buat piknik keluarga.

Begitu masuk areal taman, Kamu hendak disambut rindangnya pepohonan. Pepohonan nampak besar sebab memanglah umurnya telah puluhan tahun.

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto oleh Yuwita Kartikasari

Banyak bentangan taman bunga warna warni yang asri nan indah serta membuat Kamu takjub. Mayoritas merupakan bunga asli Indonesia, tetapi terbuat sedemikian rupa sehingga indah tertata apik.

Tidak hanya hamparan bunga, semak serta tanaman perdu dipotong sangat apik. Mayoritas membentuk pagar diantara bunga– bunga. Bila dilihat dari atas, sepintas semak ini nampak semacam labirin.

Tidak hanya itu, di mari ada air mancur. Keberadaan air mancur berada di tengah taman ini menambahkan kesan megah tertentu untuk taman. Tidak hanya kolam air mancur, terdapat pula air terjun buatan, dan goa mini yang memenuhi.

Taman Rekreasi Wiladatika

Di jalur masuk juga ada tiang yang membentuk seperti payung dan di mana pada payung itu ditumbuhi tumbuhan rambat sehingga rindang kala terletak di bawahnya. Tidak hanya air mancur, tempat ini pula jadi spot gambar kesukaan wisatawan. Banyak yang mengambil foto di mari.

Tidak hanya taman, di mari pula anak– anak pula dapat bermain di taman bermain. Arca– arca yang difungsikan selaku tempat bermain juga terpelihara sampai saat ini. Perihal ini kenapa Taman Tamasya Wiladatika sesuai digunakan selaku tempat wisata buat keluarga.

Tidak hanya keelokan taman bunga serta pepohonan hijau yang rindang, destinasi wisata ini pula sediakan replika rumah tradisional ala Jepang. Lengkap dengan fasilitas kolam ikan di depannya. Kamu dapat difoto di mari serta seakan– olah lagi terletak di Jepang.

Sarana Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto oleh Asra Mihardi

Di sini telah disediakan sarana penunjang, semacam wahana perahu air, becak mini, kolam renang, sepeda, dan playground. Tidak kurang ingat, disediakan pula wc, lahan parkir, serta pula mushola.

Tidak hanya itu, terdapat pula sarana buat photo session ataupun shooting. Wisatawan yang mau memakai diharapkan membayar tarif kepada pengelola.

Di mari, gazebo pula disewakan. Bila mau memakai gazebo dapat melaksanakan booking ke pengelola. Sebab lumayan luas, gazebo dapat digunakan buat reuni ataupun arisan.

Gedung serbaguna ialah Gedung Pandansari pula disewakan. Mayoritas disewa buat kegiatan perkawinan. Posisi Gedung Pandansari terletak di Jalur Raya Cibubur, Jakarta Timur, DKI.

Harga Sewa Wahana

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto oleh Tera Cahyadi

Tiket masuk cuma buat menikmati panorama alam di taman saja, bila Kamu mau memakai sarana ataupun wahana hendak dikenakan charge lagi.

::Wahana fasilitas kolam renang, dikenakan tarif sebesar Rp 25. 000.
::Sewa bola air, becak mini, dan perahu air, biayanya seesar Rp 10. 000.
::Sepeda dengan harga Rp 5. 000.

Sebaliknya bila mau menyewa posisi buat photo session, dikenakan tarif berbeda pula. Buat gambar pengantin tarifnya Rp 275. 000, gambar iklan tarifnya Rp 550. 000, dan buat gambar pemula tarifnya Rp 100. 000. Bila digunakan buat shooting film, tarifnya sebesar Rp 2. 500. 000.

* Tarif bisa berganti sewaktu- waktu bergantung kebijakan dari pihak pengelola.

Rute serta Lokasi

Taman Rekreasi Wiladatika
Foto oleh Unedo Samuel Martua Doloksaribu

Dari Wilayah Spesial Ibukota Jakarta, Kamu bisa lewat Tol Jagorawi. Sehabis itu, keluar lewat Tol Cibubur. Sedangkan untuk Kamu yang dari Bogor, dapat langsung belok ke kiri kala telah dekat dengan pintu keluar Tol Cibubur. Bila kurang mengerti, Kamu dapat memakai peta digital ataupun GPS ya.

Sedangkan untuk pengguna kendaraan umum, dari arah Bekasi serta sekitarnya, dapat naik dari Halte Kampung Rambutan dengan naik angkot. Kemudian bilang saja turun di Taman Bunga Wiladatika. Di dekat objek wisata ini pula disediakan penginapan khususnya untuk wisatawan luar kota yang hendak ingin bermalam.

Taman Rekreasi Wiladatika
Lokasi: Jalan Jambore No.1, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
HTM : Rp. 10.000 / orang
Jam buka: Setiap Hari, 8 Pagi – 5 Sore
Kontak: 021-8731859

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Taman Rekreasi Wiladatika : Wisata Keluarga yang indah dan Asri dengan View Pepohana Hijau Menyegarkan Mata" ayo sobat gaul, kapa bawa si kecil jalan jalan kemari ?