Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lawang Suryakencana Bogor : 10 Potret Lokasi, Daya Tarik dan Akses Menuju Tempat Eksotik Ini

Lawang Suryakencana Bogor

Karogaul.com - Salah satu ikon di kawasan Bogor yang populer merupakan Lawang Suryakencana. Lawang Suryakencana Bogor berlokasi di Jalur Suryakencana yang merupakan salah satu jalur tertua di Kota Bogor.

Jalan Suryakencana populer selaku areal permukiman untuk warga etnis Tionghoa. Areal ini ialah pusat kuliner tradisional, dan tempat pertemuan bermacam bahasa serta budaya.

Lawang Suryakencana Bogor 
Lokasi : Jl. Suryakencana, RT.01/RW.01, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Jam buka : 24 jam
Kategori : Pasar tradisonal, pemukiman dan area kulineran

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Andre Flamboyan

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Lenta Medan

Warga yang tinggal di areal Suryakencana tidak seluruhnya berasal dari warga etnis Tionghoa. Banyak pula warga dari etnis lain berada di areal pecinan ini. Mereka berbaur serta apalagi berdagang bareng di sebagian pasar tradisional di lokasi ini.

Areal Jalur Suryakencana ialah pusat wisata kuliner yang menyuguhkan berbagai santapan khas Kota Bogor yang nyami nan lezat.

Pernak-pernik Ornamen yang ada pada Lawang Suryakencana menduplikasi karakteristik khas dari warga yang tinggal di sekitarnya.

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Maruhal Mangasi

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Tani chanel

Warna merah nampak mendominasi segala bagian gerbang. Warna merah ini ialah warna terutama dalam adat budaya Tionghoa. Merah menggambarkan suatu nilai antusiasme, semangat serta pasti keberuntungan.

Sedangkan 2 arca singa jantan serta betina yang mengapit jalur, melambangkan kekuatan serta pengaruh.

Lawang Suryakencana Bogor ditetapkan oleh Wali Kota Bogor, pak Bima Arya pada tahun 2016 lalu. Peresmian Gerbang Lawang Suryakencana Bogor diiringi doa lintas antar agama di depan gerbang yang dibuat dengan permainan barongsai.

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Chandra Purniawan

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Guru Agung

Keberadaan Lawang Suryakencana Bogor ini ialah simbol pengakuan kalau etnis serta budaya Tionghoa merupakan bagian tidak terpisahkan dari bagian Kota Bogor.

Buat mengarah Lawang Suryakencana Bogor lumayan gampang. Keberadaanya ersebelahan dengan gapura pintu masuk Kebun Raya Bogor ataupun dekat 750 m dari Tugu Kujang Bogor.

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Rizki Daffa Nugraha

Lawang Suryakencana Bogor
Picture by Maruhal Mangasi

Di kawasan Jalur Suryakencana ada bermacam berbagai kuliner khas Bogor yang populer, semacam Soto Kuning, Laksa Bogor, Cungkring, Lumpia Basah Bogor, Sate Sumsum Bogor, Asinan, Martabak Encek, Combro Atmajaya Bogor, Es Pala, Bir Kotjok Bogor, serta masih banyak kuliner enak lainnya.

Demikian ulasan signkat tetnang "Lawang Suryakencana Bogor : 10 Potret Lokasi, Daya Tarik dan Akses Menuju Tempat Eksotik Ini" apa kamu ada keinginan berpetualang ke tempat yang identik dengan kultur khas tionghoa ini ?