Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Pulau Kodok Tegal : Gak Ada Kodoknya, Tapi Patung Kodoknya Gede Banget

Pantai Pulau Kodok Tegal

Kaogaul.com - Masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Pulau Kodok, tetapi secara wujud, tempat yang terletak di Martoloyo, Kel. Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal ini merupakan suatu tepi laut dengan sebagian tambak pada pintu masuknya.

So, jangan dibayangkan bila tempat ini betul- betul suatu pulau ya. Pantai ini masih natural, belum banyak turis yang berkunjung di destinasi wisata ini.

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh Solehidin Yulianto  

Sehingga tidak terdapat sarana umum yang lengkap yang dapat kita jumpai disini. Walaupun disebut terpencil, tetapi jalur akses mengarah pantai ini cukup luas, mobil pribadi dapat masuk dengan gampang.

Pantai Pulau Kodok sendiri dinamakan semacam itu sebab di Tepi laut ini banyak tambak yang digunakan sebagai areal pemancingan, dimana para pemancing yang datang kemari kerapkali berpindah-pindah buat memperoleh tempat yang sesuai buat melaksanakan kegiatan memancing, sehingga para pemancing ini dikira sebagai kodok.

Kebetulan pula Pantai Pulau Kodok jaman dahulu memanglah banyak kodoknya.

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh M Sofyan Firmansyah

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh Muhammad Rizki Pradana

Berada di utara jalan padat Pulau Jawa, Pantura, tepi laut ini mempunyai panorama alam yang begitu indah, paling utama buat merasakan indahnya sunset.

Waktu- waktu yang dianjurkan buat merasakan sunset ini ialah pada bulan- bulan April sampai Juni ataupun pada dikala cuaca lagi terang. Bulatan matahari bercorak jingga terang mendadak itu pula hendak menghiasi eloknya langit sore.

Terdapat banyak aareal pemecah ombak yang menjorok ke pantai yang dapat digunakan masyarakat sekitar buat memancing ikan kakap ataupun ikan yang lain.

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh Achmad Tain

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh Burhanudin  

Ataupun banyak pula kanak- kanak kecil yang bermain bola di tepi laut tersebut. Tepi laut di mari nyaris sama dengan Tepi laut Alam Indah( PAI), tetapi di mari relatif lebih bersih serta lebih sejuk sebab banyaknya tumbuhan mangrove di bibir pantai.

Bila kita berjalan ke arah timur, kita hendak mengalami Muara Sungai Ketiwon, bisa jadi ini yang jadi salah satu asal muasal dikatakannya pantai Pulau Kodok. Pada sebelah barat pintu masuk Pantai Pulau Kodok, kurang lebih 200 m, terdapat Pura Segara Suci, tempat sembahyang untuk umat Hindu di Kota Tegal.

Sebab masih natural, tidak terdapat bayaran masu, alias free. Tetapi bila masuk dari arah barat, hendak dikenakan bayaran parkir oleh masyarakat sekitar.

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh eko marssetiawan

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh Cahyadi Eko Widodo 

Walaupun begitu, yakinkan kita tidak membuang sampah dengan sembarangan ya, simpan sampah serta buang pada penampungan sampah yang umumnya dekat dengan perumahan masyarakat.

Pantai Pulau Kodok Tegal
Foto oleh Goblok Geming

Pantai Pulau Kodok juga direncanakan oleh PemDa setempat sebagai areal water front city yang mana hendak dibentuk banyak sarana terkait dengan wisata air yang seru.

Wisata air ini disuguhkan untuk para wisatawan supaya bertambah betah berlama-lamadi Pantai Pulau Kodok.

Deimikianlah ulasan singkat mengenai "Pantai Pulau Kodok Tegal : Gak Ada Kodoknya, Tapi Patung Kodoknya Gede Banget" apakah kamu tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata laut yang indah dan menawan ini ?