Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantan Terong Aceh Tengah : Menikmati Pemandangan Kota Takengon Dari Atas Bukit Secara Keseluruhan

Pantan Terong Aceh Tengah

Karogaul.com - Pantan Terong merupakan objek wisata di Aceh Tengah yang ada pada puncak bukit, destinasi ini menyuguhkan panorama alam alam yang sangat memesona berbentuk perbukitan, Kota Takengon, serta Danau Laut Tawar dari atas ketinggian.

Aceh Tengah ialah kabupaten dimana sebagian kawasannya didominasi oleh dataran tinggi. Tidak heran bila Aceh tengah ini mempunyai sangat banyak destinasi wisata alam dengan bermacam pesona dan ciri yang beragam. 

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh Go Adventure Indonesia

Pantan Terong merupakan salah satu contoh wisata alam yang dapat ditemui di kawasan ini, menyuguhkan panorama alam mempesona dan hawa yang masih fresh dan bebas dari kotornya polusi udara.

Pantan Terong ialah destinasi wisata yang berlokasi di puncak bukit. Dari sini tatapan turis hendak dimanjakan dengan keelokan alam sekitar berbentuk perbukitan rindang nan hijau, danau, sawah dan perkebunan kepunyaan masyarakat. 

Keelokan alam sangat terpelihara, dan hawa yang dingin serta sejuk seakan menjadikan wisata ini selalu mempunyai kesan tersendiri buat para pengunjungnya.

Secara letak geografis, bukit ini berada di Dataran Tinggi Gayo, Kec. Bebesan, Kab. Aceh Tengah. Buat mengarah ke posisi dari Pantan Terong ini turis dapat terlebih dulu mengarah ke Kota Takengon yang tidak lain merupakan ibukota dari Aceh Tengah. 

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh A Seng

Dari Takengon, lokasi ini dapat ditempuh sekitar kurang lebih 15 menit saja ataupun dengan jarak tempuh sekitar 8 km.

Kala saat berkunjung ke Pantan Terong, turis tidak perlu takut sebab jalur yang jadi akses mengarah destinasi wisata ini telah dalam keadaan lumayan baik. 

Walaupun demikian, turis dihimbau supaya senantiasa berjaga- jaga kala berkendara sebab jalur yang menanjak dan dipadati dengan tikungan yang agak curam. Pastikan keadaan kendaraan maksimal, dan keadaan badan siap buat melaksanakan perjalanan keren ini.

Pesona Pantan Terong

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh ceksin

Disepanjang jalur mengarah Pantan Terong, turis hendak disambut dengan hawa khas puncak yang begitu dingin serta sangat sejuk. Panorama alam dikiri serta kanan jalur pula hendak memanjakan mata turis sehingga tidak merasa penat dalam berkendara.

Pemandangan alam berbentuk perbukitan hijau nan rindang  disepanjang perjalanan. Turis pula dapat memandang hutan pinus, perkebunan dan lembah- lembah yang indah dikala mengarah ke puncak. 

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh Niva Hendri

Di pinggir jalur, turis hendak banyak menjumpai warung warga yang dapat digunakan buat rehat dan merasakan nikmatnya secangkir kopi gayo buat menghangatkan tubuh.

Ketika sampai dilokasi, turis dapat dengan bebas menikmati keelokan alam yang terpampang jelas dari puncak bukit. 

Pantan Terong memanglah berlokasi pada puncak ini dengan ketinggian menggapai 1. 830 m diatas permukaan laut. Sehingga seluruh Kota Takengon dapat nampak dari atas ketinggian wisata ini.

Di areal bukit ini sudah dibentuk 2 buah bangunan yang berupa semacam balkon raksasa buat turis yang mau lebih dekat menikmati keelokan alam. Balkon- balkon ini dibuat dari beton, serta dilengkapi dengan pagar pembatas sehingga lumayan nyaman buat turis.

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh Berkah Langit

Kedua balkon ini terletak ditempat yang berbeda, balkon pertama lokasinya terletak didekat pintu masuk sebaliknya buat balkon kedua turis wajib jalan menuruni anak tangga yang terdapat disebelah kiri balkon pertama. 

Wisatawan dapat memilah balkon pertama dan kedua buat meraskan indahnya pemandangan Kota Takengon, keduanya menyuguhkan suasana yang berbeda pula.

Dikala terletak dibalkon, turis hendak ditawarkan dengan keelokan alam berbentuk barisan perbukitan yang terlihat hijau, deretan pegunungan, dan Danau Laut Tawar juga dapat dirasakan dari wisata ini.

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh Riki Agusnaidi

Tiupan angin sepoi- sepoi juga dapat dirasakan menambah dinginnya atmosfer puncak. Tidak jarang wisatawan pula dapat memandang pesawat yang lepas landas, serta mendarat di Lapangan terbang Rembele.

Tidak hanya menyuguhkan pesona alam yang menawan Pantan Terong pula berpotensi selaku destinasi wisata yang dapat digunakan buat bermacam kegiatan atensi spesial. 

Tempat ini dapat digunakan selaku tempat bermain paralayang, ataupun pula gantole. Namun, pengelolaan destinasi wisata yang sedikit masih jadi batu penghalang.

Sarana Pantan Terong


Pantan Terong Aceh Tengah
Foto Bukit Pantan Terong

Sarana yang terdapat di Pantan Terong ini dapat dikatakan lumayan mencukupi meski belum lengkap. Ada wc, tempat parkir yang lumayan luas, dan mushola buat beribadah. Tidak hanya itu terdapat pula rumah panggung yang dapat digunakan turis buat istirahat.

Wisatawan pula dapat mendapatkan tempat duduk yang nampak semacam tribun disekitar posisi wisata. Tidak butuh khawatir kelaparan, ada warung simpel yang menjajakan santapan dan minuman. 

Turis dapat merasakan santapan semacam mie, kopi, ataupun secangkir teh hangat ditengah wilayah dataran besar yang dingin ini.

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh zacky qe

Disepanjang jalur mengarah ke puncak, turis dapat menjumpai sebagian bengkel serta tambal ban, sehingga bila ban kendaraan bocor dapat lekas memperbaikinya dibengkel warga ini. 

Namun, masih belum ada ditemui penginapan disekitar posisi wisata, jadi solusinya turis dapat nginap dengan tenda di sekitar lokasi wisata.

Melancong di Pantan Terong memanglah sangat menyenangkan kala akhir minggu datang, berikut kegiatan atau aktivitas yang dapat dicoba turis kala berada di wisata ini.

Menikmati Pemandangan Alam 
Pantan Terong

Bila kalian ada rencana liburan di Aceh Tengah, maka tidak ada salahnya mengunjungi Pantan Terong atau memasukkan wisata ini ke list destinasi tujuan wisatamu. 

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh Syiemon_

Terlebih bila kalian pecinta wisata alam, maka destinasi wisata yang ini sangat layak buat kalian kunjungi. Kalian hendak ditawarkan dengan panorama alam alam berbentuk perbukitan hijau, pegunungan dan Danau Laut Tawar yang sudah jadi destinasi terkenal di Aceh.

Kalian pula dapat meraskan sejuknya hawa khas dataran tinggi di wisata ini. Jangan lupa buat bawa baju tebal ataupun jaket, sebab dinginnya hawa yang terkadang menusuk sampai ketulang. 

Wisata ini memanglah sangat cocok didatangi dengan keluarga maupun pendamping, dan kalian dapat menciptakan ketenangan buat menyegarkan pikiran sehabis melewati hari- hari yang meletihkan.

Camping di Pantan Terong

Di Pantan Terong turis diperbolehkan buat mendirikan tenda dan untuk bermalam disekitar lokasi wisata. 

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto oleh iwan sabang

Tetapi kalian wajib bawa tenda sendiri ya, sebab tidak terdapat persewaan tenda yang dapat kalian temukan disekitar lokasi wisata. Dan pula yang butuh diingat, laki- laki serta perempuan wajib memakai tenda yang terpisah.

Pastinya hendak jadi pengalaman yang tidak terlupakan kala kalian bermalam di puncak dan meraasakan indahnya pemandangan malam yang dipadati bintang- bintang kala melihat ke atas langit luas. Dan buatlah api unggun buat menghangatkan tubuh yang diserbu oleh dinginnya hawa malam.

Memandang Sunset serta Sunrise di Pantan Terong

Menatap sunset serta sunrise ialah salah satu daya tarik dari Pantan Terong. Bila kalian mau memandang sunrise pastinya kalian wajib datang dilokasi ketika pagi mulai tampak terang. 

Pesona keelokan alam juga hendak terasa kala si surya mulai memperlihatkan sinarnya sedikit demi sedikit dan dinginnya hawa secara lama- lama lenyap berubah dengan kehangatan dari pancaran cahaya surya di pagi hari.

Pantan Terong Aceh Tengah
Foto punten terong aceh tengah

Suasana sunset juga tidak kalah indahnya buat kalian nikmati di areal wisata ini, kala matahari secara lama- lama menghilang hendak terbentuk suatu siluet indah yang berpadu dengan gradasi warna ang begitu menawan. 

Mendadak hendak terbentuk atmosfer romantis yang bakal terasa berkesan bila kalian menikmati momen ini dengan orang tercinta.

Demikianlah ulasan signkat mengenai "Pantan Terong Aceh Tengah : Menikmati Pemandangan Kota Takengon Dari Atas Bukit Secara Keseluruhan" apakah soabt gaul tertarik untuk mengunjungi wisata diatas awan ini ?